Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Luita Yusniawati

PPSDM Migas Upgrade Pengajarnya dengan Beri Training of Facilitator di Industri Migas: Pendekatan St

Eduaksi | Monday, 13 Feb 2023, 11:41 WIB

Saat era post pandemic, manusia diharuskan untuk beradaptasi dengan cepat. Salah satunya adalah semakin maraknya pelatihan yang dilakukan secara daring. Meskipun tidak dilakukan secara luring, pembelajaran diharapkan untuk tetap berlangsung dengan efektif dan optimal. Hal ini memunculkan sebuah pendekatan pembelajaran yang popular di kalangan praktisi pendidikan yaitu Student Centered Learning (SCL).

Untuk itu, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan Training of Facilitator di Industri Migas: Pendekatan Student Centered Learning yang dilaksanakan dalam tiga gelombang yaitu 08 – 10 Februari, 15, - 17 Februari, dan 22 – 24 Februari 2023.

Syafril Ramadhon, Subkoordinator Pelatihan yang sekaligus sebagai Course Leader pelatihan ini menjelaskan bahwa PPSDM Migas sebagai pusat pengembangan SDM subsector minyak dan gas bumi yang salah satu layanannya adalah memberikan pelatihan maka berkewajiban untuk terus update tentang system pembelajaran terbaru.

“Kami ingin mempelajari tentang SCL karena saat ini pembelajaran itu harus berpusat pada peserta pelatihan dengan kata lain merekalah yang akan menjadi pelaku aktif dalam proses transfer knowledge ini,” ungkap Syafril ketika dihubungi di sela kesibukannya.

Harapannya adalah nantinya peserta pelatihan ini mampu mampu menjelaskan kebijakan implementasi SCL pada program pelatihan dan konsep SCL. Begitu juga mereka dapat memaami peran dan fungsi pengajar dalam sudut pandang SCL.

Selain itu, pengejar juga harus mampu membedakan berbagai strategi peningkatan interaksi peserta pelatihan dalam konteks penerapan pendekatan SCL serta membedakan berbagai strategi penguatan otonomi peserta pelatihan dalam konteks penerapan pendekatan SCL.

Pada akhir pelatihan ini, peserta diharapkan juga mampu Menyusun rencana pelatihan dengan basis SCL yang termasuk dengan strategi dan model penilaiannya untuk memberikan hasil yang optimal pada setiap rencana pelatihan yang akan diselenggarakan di PPSDM Migas.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image