Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

Tip Mudah Mereview Portofolio Saham Saat Akhir Tahun

Eduaksi | Friday, 17 Dec 2021, 11:27 WIB

Desember akan segera berakhir. Investor saham perlu disibukkan dengan yang namanya review dan check list portofolio sahamnya.

Idealnya, review dan check list memang dilakukan secara berkala, bisa per 3 bulan, 6 bulan atau setahun sekali. Hal ini perlu dilakukan untuk melihat telah sejauh mau investasi sahamnya benar-benar mendatangkan keuntungan.

Khusus untuk review tahunan ini, baik kiranya dilakukan jelang akhir tahun seperti saat ini, untuk memastikan juga saham-saham yang patut dipertahankan karena kinerjanya memamg bagus dan memberikan potensi cuan lebih di masa depan.

Review dan check list penting dilakukan untuk melihat apakah strategi investasi saham yang dijalankan selama ini sudah sesuai dengan harapan atau belum. Jika strategi investasinya kurang menguntungkan maka review tahunan ini menjadi salah satu cara untuk melihat saham-saham yang kurang berkinerja bagus dan layak untuk cut loss.

Di tengah kemudahan investasi dan trading saham yang sudah serba online, semisal dengan IPOT EZ untuk pemula yang sudah tersemat di aplikasi IPOT milik sekuritas karya anak bangsa PT Indo Premier Sekuritas, pertanyaannya adalah apa yang saja perlu dilakukan dalam review tahunan ini? Berikut ini 4 poin daftar periksa yang wajib direview:

1. Apakah Keuntungannya Sudah Sesuai Harapan?

Keuntungan (cuan) adalah tujuan akhir seseorang melakukan investasi saham dan biasanya seorang investor yang cerdas mematok target keuntungan (cuan) untuk investasi sahamnya. Nah, jika pada akhir tahun seperti saat ini dalam portofolio sahamnya ada saham yang menggerogoti cuan dari saham lain karena tidak bisa memberikan untung seperti yang diharapkan maka ini adalah saat yang tepat untuk mempertimbangkan keberadaannya dalam portofolio ini.

2. Saham Mana Saja yang Sebaiknya Dibuang?

Review akhir tahun penting untuk melihat mana saja saham-saham di dalam portofolio yang nggak produktif dan layak dibuang. Saham yang tidak produktif dan justru menghambat pertumbuhan cuan sifatnya hanya mengotori portofolio. So, jika sudah yakin dengan analisis komprehensif dari sisi fundamental dan teknikal yang akhirnya melihat sahat tak produktif tersebut potensi ke depannya justru tetap jelek atau makin jelek maka ada baiknya segera dibuang (cut loss) saham tersebut.

3. Tetap Mempertahankan Strategi Investasi yang Lama?

Setelah portofolio direview dengan tepat maka penting untuk melakukan review atas strategi investasi. Bukan tidak mungkin, portofolio yang buruk disebabkan strategi investasi yang buruk pula. Strategi ini tentunya mencakup pilihan saham yang layak dibeli, berapa banyak yang dibeli, dan kapan saat yang tepat untuk menjualnya. Review strategi ini penting dilakukan dalam upaya membuat keputusan apakah akan tetap mempertahankan strategi lama atau perlu melakukan pembaruan strategi.

4. Kenali Kembali Tipe Investor!

Tipe investor entah konservatif, moderat atau agresif yang dimiliki seseorang pada bisa berubah setiap saat karena terpaan lingkungan dan kemajuan pemikiran. Oleh sebab itu, akhir tahun adalah saat yang tepat untuk merefleksikan kembali tipe investor ini karena dalam praktinya tidak sedikit investor agresif yang memilih menjadi trader akhirnya bertobat menjadi investor karena sahamnya banyak yang nyangkut. Begitu juga sebaliknya, ada investor konservatif yang seiring dengan bertambahnya ilmu telah menjadi investor yang agresif.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image