Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Salma Aulia

Generasi Bangsa Bangga Akan Produk Dalam Negeri Tampil Unggul Sebagai Pahlawan Ekonomi Nusantara

Pendidikan dan Literasi | Thursday, 29 Dec 2022, 21:04 WIB

Terkenal akan kilauan budaya dan karakteristik yang tersebar diberbagai wilayah daerah, suku, dan ras yang menyatu menjadi kesatuan menjadikan Indonesia tampil sebagai negara yang besar akan hasil produksi dengan kekayaan sumber daya alam yang merebak. Memiliki kualitas produk yang unggul dengan didorong keterampilan masyarakat yang lihai dalam menciptakan karya produk dalam negeri tentunya perlu diapresiasi dengan dukungan masyarakat luas sebagai pemenuhan peran pahlawan ekonomi nusantara. Siapa sangka produk dalam negeri memiliki kualitas yang setara bahkan lebih baik dari pada produk luar negeri yang sudah memiliki tagline atau branding produk.

Banyaknya hasil produk dalam negeri yang layak dipamerkan kepada dunia global, pemerintah Indonesia mendukung dan menciptakan program yang menggencarkan “cintai produk dalam negeri” yang diberi nama Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Sebagai pengingat untuk masyarakat Indonesia agar sadar dalam memprioritaskan produk dalam negeri dan usaha mendukung secara penuh pengusaha lokal dalam menciptakan produk. Adanya program tersebut menjadikan inisiatif pemerintah dalam meningkatan perekonomian nasional melalui jerih keterampilan putra putri bangsa yang membanggakan. Tidak hanya itu, dengan meningkatnya pembelian produk dalam negeri mampu memperkenalkan dan menciptakan branding lokal ke kanca dunia dengan memanfaatkan digital marketing yang melekat pada kegiatan masyarakat sehari-hari.

Pemanfaatan internet of things memiliki banyak dampak positif, salah satunya dengan menjadi pahlawan ekonomi nasional yang turut berkampanye produk lokal dengan kreatifitas yang menarik. Menjadi pahlawan ekonomi nusantara juga dapat diwujudkan dengan mengenakan dan membeli produk dalam negeri baik berupa perabotan rumah, fashion, bahan olahan, hingga elektronika sebagai penunjang kebutuhan gaya hidup. Tanpa disadari, memakai fashion lokal seperti kain batik dapat menjadikan diri tampil menawan dengan motif batik dan warna yang unik dan tentunya hanya dimiliki oleh Indonesia. Walaupun memulai dari hal kecil namun akan berdampak sangat besar untuk pengusaha lokal hingga peningkatan ekonomi nusantara yang dapat dilihat dari luasnya lapangan kerja yang ada.

Awali dengan mengulik pasar produksi barang lokal sebagai sikap mencintai dan dan peduli akan produk asli dalam negeri. Dengan mencintai, masyarakat turun berperan sebagai pahlawan ekonomi nusantara karena merasa bangga atas produk-produk dalam negeri. Terutama untuk generasi millenial, yang patut menjaga kelestarian budaya salah satunya dengan ikut memasarkan produk dalam negeri dan berhenti untuk membanggakan produk luar negeri. Racikan tangan putra putri Indonesia turut menghiasi keindahan bumi pertiwi. Wujudkan generasi muda yang tampil sebagai pahlawan ekonomi nusantara dengan mencintai dan memakai produk dalam negeri.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image