Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Slamet Samsoerizal

Menyusun Anggaran yang diperlukan untuk Budidaya Sayuran Microgreens

Eduaksi | Monday, 26 Dec 2022, 21:22 WIB
(sumber: istockphoto.com)

Berapa anggaran yang diperlukan untuk berbudidaya sayuran microgreens? Secara sederhana, membudidayakan tanaman sayuran microgreens tidak terlalu memakan banyak biaya. Benih, alat dan bahan yang diperlukan pun mudah didapatkan.

Baca juga: https://retizen.republika.co.id/posts/194212/yuk-memanen-sayuran-microgreen

Hal yang perlu dipertimbangkan saat akan menghitung anggaran yang diperlukan tanaman microgren ada dua. Pertama, benih atau bibit yang akan ditanam. Kedua, alat dan bahan yang diperlukan.

Berdasarkan jenis benih dan famili, berikut beberapa varietas microgreens yang populer untuk dibudidayakan. Ada bayam, kembang kol, brokoli, kubis, selada air, sawi putih dan sawi ungu, daun jinten, jinten, dan seledri.

Baca juga: https://retizen.republika.co.id/posts/193690/memilih-benih-dan-menyiapkan-alat-dalam-berbudidayamicrogreens

Alat yang perlu disiapkan berupa wadah untuk menanam microgreens. Wadah itu dapat berbentuk kotak kontainer khusus menanam microgreens atau dapat menggunakan baki plastik, tray, botol sprayer, dan kertas label.

Bahan yang diperlukan meliputi sejumlah media tanam seperti: tanah, perlite, vermiculite, cocopeat, rockwool. Apabila kalian akan menggunakan media tanam berupa tanah, boleh mencampurnya dengan pupuk organik microgreens dengan perbandingan 1:1.

Kalian juga bisa menanam microgreens dengan media tanam cocopeat. Cocopeat merupakan media tanam hidroponik yang termasuk media organik, karena dibuat dari bahan alami yaitu sabut atau tempurung kelapa.

Rockwool, yang biasa digunakan sebagai media tanam hidroponik dapat digunakan untuk microgreens. Rockwool merupakan mineral fiber yang berasal dari batu/kaca yang dilelehkan dan dipintal menjadi serat-serat. Media tanam ini cukup baik dalam menyimpan air dan udara.

Baca juga: https://retizen.republika.co.id/posts/193215/microgreens-tanaman-sayuran-kaya-gizi

Selain itu, masih ada sekam bakar dan kapas atau spons. Sekam bakar adalah media tanam yang cukup popular digunakan oleh para petani hidroponik. Sekam bakar merupakan limbah dari penggilingan padi. Media tanam yang satu ini memiliki kemampuan menyimpan dan menyerap air dengan baik. Arang sekam banyak mengandung karbon sebagai unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman dan juga terdapat kandungan mineral SI, dan Mg.

Media tanam untuk microgreens selanjutnya adalah kapas atau spons. Media tanam ini memiliki kemampuan menyerap air dengan sangat baik.

__________

Catatan: artikel ini dijadikan bahan diskusi dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila –dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” di SMP

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image