Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rizki Hatta Rajasa Bijaksana

Semarak Milad Universitas Muhammadiyah Jakarta

Agama | Friday, 16 Dec 2022, 16:09 WIB
Doc: instagram @um.jakarta

Semarak Milad Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah tanda bahwa Universitas Muhammadiyah Jakarta sedang merayakan hari jadi nya kembali. 67 tahun berdirinya sebuah Universitas Muhammadiyah Jakarta yang dahulu kala adalah Perguruan Tinggi Pendidikan guru dan sebelumnya Fakultas Hukum dan Falsafah di Padang Panjang juga patut kita apresiasi lebih karena kuat dan kokohnya sampai hari ini. Semarak adalah sebuah cahaya dan milad adalah sebagai perayaan kembali sebuah umur artinya semarak milad Universitas Muhammadiyah Jakarta juga harus kita tafsirkan Muhammadiyah sebagai organisasi yang tidak lepas dari gerakan Islam dakwah amar ma’ruf nahi munkar, gerakan Islam dakwah amar ma’ruf nahi munkar, tentu berdakwah menegakkan serta menjunjung tinggi agama islam dengan niat tulus dan tetap seperti apa yang sering kita dengarkan sebagai salah satu pegangan dalam berdakwah “Hidup-Hidupilah Muhamadiyah, jangan mencari hidup di Muhammadiyah” ini harus kita kuatkan dalam semarak milad kali ini, sebagai penunjang dan landasan kita berdakwah.

Berdakwah tentu harus mempunyai sebuah landasan sebagai pengingat dan pengimplentasian, untuk apa kita melakukan dakwah, kenapa kita melakukan dakwah dan bagaimana harus dilakukan sebuah dakwah tersebut, amar ma’ruf nahi munkar adalah sebuah jawaban untuk kita melakukan dakwah, dakwah perlu dilandasi juga dengan esensi dan substansi agar kita dapat mengetahui nilai dan kerakyatan seperti apa yang diinginkan dan dilakukan di masa kontemporer ini agar sesuai dengan sosiologis masyarakat hari ini dan seterusnya. dengan melakukan, mengajak pada kebaikan dan mencegah pada keburukan tentu dengan ditambah salah satu prinsip di Muhammadiyah pada potongan dari ayat surat al-baqarah:148, yaitu “fastabiqul khairat” yang berartikan bahwasanya berlomba-lomba pada kebaikan, kita harus berfikir bahwa berlomba-lomba pada kebaikan.

berlomba pada kebaikan adalah kekuatan dan semakin harus di kedepankan untuk dakwah tersebut semakin tersebar luas dan sistematis. fastabiqul khairat harus dilakukan dan dikorelasikan juga dengan ikhlas, niat baik dan hati bersih agar dakwah tersebut dapat diamalkan dengan sebaik-baiknya dan hanya mengharapkan ridha Allah Swt agar ketika Allah ridha kepadanya, maka Allah akan memberi berbagai macam taufik, hidayah, rahmat dan rasa kasih sayangnya.

Universitas Muhammadiyah Jakarta kini sudah berumur 67 tahun, tentu dengan bertambahnya sebuah umur juga harus ada sebuah perubahan maupun kemajuan dalam pergerakannya. Universitas Muhammadiyah Jakarta harus semakin berkemajuan dengan mempersiapkan Universitas Muhammadiyah Jakarta sebagai contoh untuk Universitas-Universitas Islam lainnya dari segi dakwah maupun keilmuannya dan semoga semakin hijau kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta yang dahulu terkenal “Kampus Hijau” dan semakin kedepan pemahaman generasi berkemajuannya agar selalu dapat menerapkan nila-nilai dakwah maupun ajaran agama islam di masyarakat sekitar maupun lingkungan sekitar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image