Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image humas unismuh

Gelar Expo Program Wirausaha Merdeka, Unismuh Sukses Cetak Ribuan Enterpreneur Baru

Info Terkini | Saturday, 03 Dec 2022, 14:15 WIB

MAKASSAR — Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar menggelar Expo Wirausaha Merdeka (WMK) bersama mitra Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Expo dihelat di Balai Sidang Muktamar, Kampus Unismuh Makassar, Jl Sultan Alauddin, Sabtu, 3 Desember 2022.

Kegiatan ini merupakan rangkaian terakhir dari program WMK yang dilaksanakan Unismuh Makassar. Kampus milik Muhammadiyah ini, merupakan satu dari 17 perguruan tinggi yang terpilih sebagai pelaksana program WMK Kemdikbudristek.

Expo hasil karya WMK tersebut mengusung tema “Mengembangkan kompetensi wirausaha berbasis syariah melalui program WMK menuju Indonesia Emas”.

Koordinator Program WMK Unismuh Prof Andi Sukri Syamsuri melaporkan, sebanyak 1.006 mahasiswa yang terbagi menjadi 200 kelompok usaha telah dibina melalui bimtek dan pendampingan sejak 30 Agustus 2022.

Peserta tersebut merupakan utusan 32 kampus PTS dan PTS dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka didampingi oleh 100 dosen pembimbing lapangan (DPL) yang juga berasal dari berbagai kampus.

Andi Sukri Syamsuri mengungkapkan bahwa expo ini bertujuan membuka akses jaringan pemasaran bagi produk yang telah dihasilkan selama proses pembinanaan WMK.

Prof Andis, sapaan akrab Wakil Rektor II Unismuh itu menambahkan, selama proses pembinaan selama tiga bulan, mahasiswa telah diarahkan untuk mengasah jiwa kewirausahaan, soft skills dan manajerial serta mendorong peningkatan pengalaman wirausaha.

Program ini, kata Andis, adalah bagian dari Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri menjadi calon entrepreneur melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan.

“Melalui MBKM, mahasiswa diberi ruang untuk mencari pengalaman belajar di luar kampus selama tiga semester. WMK ini salah satu wujud dari MBKM,” pungkas guru besar bidang Ilmu Linguistik ini.

Sementara itu, Pelaksana Harian Rektor Unismuh Dr Abd Rakhim Nanda menegaskan bahwa WMK merupakan wahana untuk melatih mahasiswa keterampilan menangkap peluang, keberanian mengambil resiko, mendesain bisnis, mengeksekusi, mengevaluasi, serta memperkuat inovasi.

“Alhamdulillah, program ini telah berjalan selama 3 bulan. Terima kasih kepada semua mitra, dan perguruan tinggi yang telah berpartisipasi,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga diisi dengan sambutan perwakilan Dinas Ketenagakerjaan Kota Makassar Ekayanti Pratiwi SH, dan Anggota Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Drs KH Nurdin Massi MPd.

Usai pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan Talkshow Kewirausahaan yang menghadirkan pembicara dari Komite Tetap Pengembangan UKM Kadin Sulsel Munandar Barata Kusuma dan Korwil Pengusaha Muslim Makassar Emil Paturusi.

Kegiatan expo ini juga dimeriahkan dengan acara hiburan yang diisi oleh Indah Sari, kontestan Liga Dangdut Indonesia 2 Indosiar. Indah juga merupakan mahasiswa Ilmu Pemerintahan Unismuh Angkatan 2019.

(Humas Unismuh)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image