Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sutanto

Fabel, 'Air Susu Dibalas Dengan Air Tuba'

Sastra | Wednesday, 30 Nov 2022, 13:14 WIB

Induk ayam bernama Bubun terkenal sebagai binatang yang baik hati dan suka menolong, sehingga disukai oleh binatang lain. Anaknya, seekor ayam jantan bernama Kati mewarisi sifat baik induknya.

Pagi itu saat Kati sedang mencari udara segar, dia melihat seekor tikus yang bernama Musmus terluka sedang merintih kesakitan di tepi jalan.

“Tolong aku! Kakiku sakit tak kuat untuk berjalan,” rintih Musmus.

“Namamu siapa? Apa yang menyebabkanmu terluka?” tanya Kati.

“Namaku Musmus. Kakiku tergilas motor yang baru saja lewat.”

Dengan sigap Kati mencari dedaunan untuk mengobati Musmus. Melihat keadaan lukanya, Kati menggendong Musmus dan mengajaknya pulang.

“Kati. Siapa yang kamu ajak pulang?” tanya Bubun saat Kati datang.

Kati menjelaskan kepada induknya mengenai peristiwa yang dialami, sejak dia mulai berjalan-jalan, menolong Musmus sampai membawanya pulang.

“Ibu bangga padamu mau. Sekarang ajak Musmus beristirahat, dan jangan lupa kamu siapkan makan untuknya!” lanjut Bubun.

Sehari semalam Kati merawat dan melayani Musmus dengan ikhlas tanpa keterpaksaan. Namun betapa kagetnya, di hari kedua Musmus. Yang lebih mengagetkan, simpanan makanan hilang tanpa bekas.

“Aku tak habis pikir. Musmus sudah kutolong, kurawat dan kulayani dengan baik. Makanan juga selalu kita sediakan, Namun mengapa dia pergi tanpa pamit, bahkan tega membawa pergi makanan kita” gumam Kati dengan kecewa.

Bubun menghibur Kati agar ikhlas berbuat baik, sebab sesungguhnya perbuatan baik akan kembali pada diri sendiri.

Kati mengangguk, dirinya berjanji akan berusaha selalu berbuat baik, agar senantiasa menjadi makhluk yang bermanfaat bagi sesama.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image