Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Rutanjepara

Tingkatkan Kompetensi, Humas Rutan Jepara Ikuti Bimtek Terkait SEO

Info Terkini | Wednesday, 23 Nov 2022, 12:13 WIB
sumber:dokpri

Jepara- untuk meningkatkan kompetensi di bidang jurnalistik terutama dalam pengelolaan website, Humas Rutan Jepara mengikuti Bimtek (bimbingan teknis) mengenai SEO (Search Engine Optimization).

Kegiatan bimtek ini diadakan secara daring (virtual) yang diikuti oleh UPT seluruh Indonesia, Rabu (23/11). Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para petugas humas di lingkungan Kemenkumham.

Dengan memahami mengenai SEO, maka diharapkan berit-berita yang ditulis bisa sampai ke masyarakat. Menurut Heri Margiyanto, jurnalis Kompas yang menjadi pemateri, SEO sangat dibutuhkan agar publikasi bisa sampai ke audiens.

“Kita menulis tujuannya untuk dibaca, jadi kita harus memahami SEO agar tulisan kita bisa terdeteksi oleh google dan bisa muncul di halaman mesin pencari” ujar beliau.

Terkait hal tersebut beliau memberikan beberapa tips dan cara bagaimana menulis artikel agar bisa terdeteksi di halaman mesin pencari. Salah satu tips yang beliau bagikan adalah dengan melihat tren yang sedang audiens butuhkan yaitu melalui google trends.

“Dalam perspektif SEO, berita baru akan sampai ke audiens kalau ada intensi dari audiens. Intensi dari audiensi ini yang disebut dengan keyword. Nah kita perlu riset keyword ini melalui google trends” tambah beliau.

Beliau juga menambahkan jika keyword ini bisa disisipkan di berita melalui judul, caption foto, teaser, paragraf pertama, tengah paragraf, paragraf akhir dan tagging.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab baik secara virtual dan secara langsung terkati dengan materi yang telah disampaikan.

Adanya bimtek ini tentu sangat bermanfaat bagi pengelola kehumasan di masing-masing UPT karena bisa menambah wawasan dan pengetahuan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image