Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image FLEMMO

Ajang Wirausaha Pertamuda, Komposer Alfath Flemmo Top 30 Entrepreneur Terbaik Nasional 2022

UMKM | Sunday, 06 Nov 2022, 23:05 WIB
Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (Alfath), komposer muda, pendiri dan CEO Flemmo Enterprise Music, lolos Top 30 Wirausaha Finalis Demoday PERTAMUDA 2022. (dok. pribadi).

Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (Alfath), mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bina Nusantara, BINUS Malang, pendiri dan CEO Flemmo Enterprise Music, startup industri kreatif jasa pembuatan lagu dan aransemen musik digital teknologi artificial intelligence (AI), masuk Top 30 Wirausaha Finalis Demoday Pertamuda Seed and Scale 2022.

Alfath Flemmo lolos final Pertamuda 2022 setelah melalui proses penyaringan dan kurasi yang sangat ketat dengan menyisihkan 2.445 pendaftar.

"Pada tahun 2022, profesi seperti komposer musik, produser musik, dan audio engineer masih sangat langka di generasi Z di Indonesia. Musik mampu mendukung hampir semua bagian SDGs. Pasalnya, musik dapat mengekspresikan moral, emosi, dan budaya. Flemmo Enterprise Music membangun platform digital dengan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam layanan pembuatan dan aransemen musik", ucap Maharsyalfath Maulasufa, yang juga masuk Top 10 Wirausaha Muda Industri Kreatif WMP Berprestasi Kemenpora RI 2022.

Alfath mengatakan, berdirinya Flemmo Enterprise Music bertujuan untuk meningkatkan peran pemuda, khususnya freelancer komposer muda untuk berkontribusi dalam ekonomi kreatif.

"Harapan saya melalui Flemmo Enterprise, saya dapat mengajak dan memberdayakan generasi muda, memperluas kesempatan kerja bagi generasi milenial dan gen Z di sektor ekonomi kreatif, serta mengembangkan industri musik digital dalam upaya meningkatkan daya saing kewirausahaan startup digital", ungkap Alfath Flemmo pencipta jingle lagu Istanbul Youth Summit (IYS) 2021 Turki.

Lebih lanjut, Alfath mengatakan, bahwa melalui musik, generasi muda membantu pemerintah dalam menyampaikan pesan perdamaian dan pembangunan kepada masyarakat.

Menurut Alfath, mengenai target pasar, bisa masyarakat di mana saja yang membutuhkan hiburan melalui musik, musisi, dan platform e-commerce digital yang membutuhkan musik.

"Cara untuk menjangkau klien dan audiens adalah dengan memasarkan layanan kami melalui platform digital dan merilis lagu di semua platform streaming utama", ujar Alfath.

Alfath juga memaparkan visi jangka panjang Flemmo Music.

"Visi Flemmo Enterprise Music adalah menghubungkan pelanggan dengan pekerja lepas musik, menemani musisi dengan label rekaman, mendistribusikan lagu ke platform streaming, dan membuat musik sebagai pratinjau produk bisnis di media sosial dan e-commerce masa depan. Platform ini menjanjikan keuntungan besar, berkelanjutan, dan selalu beradaptasi dengan dinamika permintaan pasar dan perkembangan global", papar Alfath Flemmo, komposer dan produser musik digital generasi Z.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa Kompetisi Ide Bisnis Pertamuda oleh PT Pertamina (Persero) ini diselenggarakan selama empat hari, pada 3-6 November 2022 secara daring.

"Visi Flemmo Enterprise Music adalah menghubungkan pelanggan dengan pekerja lepas musik, menemani musisi dengan label rekaman, mendistribusikan lagu ke platform streaming, dan membuat musik sebagai pratinjau produk bisnis di media sosial dan e-commerce masa depan. Platform ini menjanjikan keuntungan besar, berkelanjutan, dan selalu beradaptasi dengan dinamika permintaan pasar dan perkembangan global", papar Alfath Flemmo, komposer dan produser musik digital generasi Z.

Pertamuda atau Pertamina Muda Seed & Scale adalah sebuah program dari Pertamina yang merupakan kompetisi ide bisnis untuk mahasiswa di Indonesia, dengan ide bisnis yang berhubungan dengan energi dan nilai komersial yang berkelanjutan. Pada tahun 2022 ini tema Pertamuda adalah 'Empowering Better Future”.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa Kompetisi Ide Bisnis Pertamuda oleh PT Pertamina (Persero) ini diselenggarakan selama empat hari, pada 3-6 November 2022 secara daring.

Komposer Alfath Flemmo, Mahasiswa BINUS University, Top 30 Wirausaha PERTAMUDA Seed & Scale 2022. (tangkapan layar).

Pengumuman 30 peserta yang lolos final Pertamuda 2022 berasal dari 19 kampus dari seluruh Indonesia, telah disampaikan melalui akun Instagram @pertamuda pada 31 Oktober 2022.

Berikut ini daftar 19 kampus yang lolos Pertamuda 2022, yakni Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Airlangga, Universitas Bina Nusantara, Universitas Brawijaya, Universitas Ciputra Surabaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Padjajaran, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sumatera Utara, Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi, dan Universitas Telkom.

Peserta yang lolos kurasi Pertamuda terbanyak berasal dari Jawa Timur, selain dari Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara.

"Jika tahun lalu berasal dari 23 kampus dan 17 provinsi dengan jumlah peserta yang mengikuti Demoday 50 peserta. Tahun ini memang screening lebih ketat dengan harapan secara kualitas akan jauh lebih baik dibandingkan tahun lalu," ujar Heppy Wulansari, Pjs Vice President Corporate Communication PT Pertamina.

Setelah tahap Demoday, peserta akan diseleksi lagi menjadi 10 finalis yang akan mengikuti kegiatan Final Pitch secara luring atau offline di Bali.

Flemmo Enterprise Music, jasa musik digital teknologi artificial intelligence, masuk Top 30 Wirausaha Finalis Demoday PERTAMUDA Seed and Scale 2022. (dok. pribadi).

Nantinya, para finalis pada saat tahap final pitch akan melakukan presentasi di hadapan dewan juri, jajaran pejabat Pertamina dan sejumlah investor yang diundang menghadiri kegiatan tersebut.

Kemudian, finalis yang lolos akan mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp100 juta untuk setiap peserta, sedangkan kampus asal mahasiswa mendapatkan dana pendampingan sebesar Rp25 juta.

Heppy mengatakan, bahwa untuk membangun Indonesia menjadi lebih maju, dibutuhkan banyak wirausahawan muda, yang akan menjadi tulang punggung perekonomian negara.

Terkait Pertamuda 2022, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengimbau adanya kolaborasi antara perguruan tinggi dan industri untuk mendorong percepatan pertumbuhan kewirausahaan nasional.

"Menyambut imbauan tersebut, PT Pertamina (Persero) selama dua tahun ini menggelar ajang kompetisi ide bisnis untuk mahasiswa perguruan tinggi se-Indonesia melalui kegiatan Pertamuda atau Pertamina Muda Seed and Scale 2022," tutur Heppy.

Flemmo Enterprise Music, jasa pembuatan lagu dan aransemen musik digital, masuk Top 30 Wirausaha Finalis Demoday PERTAMUDA Seed and Scale 2022. (dok. pribadi).

Sebagaimana diketahui, bahwa proses saat ini telah melalui sejumlah tahapan, yakni dimulai dari pendaftaran Pertamuda Seed and Scale 2022 yang telah dibuka sejak 15 Agustus lalu oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dan ditutup tanggal 18 Oktober 2022 sehingga mencapai 2.445 pendaftar.

"Alhamdulillah, saya sedang mengikuti kegiatan selama empat hari Demoday Pertamuda Seed and Scale, pada 3-6 Nopember 2022. Semoga Flemmo Enterprise Music masuk ke babak grand final, tahap Final Pitch di Bali", pungkas Alfath Flemmo.

Maharsyalfath Maulasufa, mahasiswa mahasiswa Ilmu Komunikasi, BINUS University, penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) 2022. (dok. pribadi).

Penulis: Maharsyalfath Izlubaid Qutub Maulasufa (Alfath Flemmo) adalah seorang komposer dan produser musik digital Indonesia; Pendiri dan CEO Flemmo Enterprise Music; Penerima Sony Music Group Global Scholars Program 2022 yang disponsori oleh Sony Music Group (SMG) dan dikelola oleh Institute of International Education (IIE); Jurnalisme Warga (Citizen Journalism); Delegasi IYS 2021 Turki; Delegasi UNESCO IMUN dan AWMUN Camp; Penerima Beasiswa YYGS Yale University 2021, Penerima Widia Scholarship 2022; Penerima Beasiswa Prestasi BPI/BIM Kemendikbud Ristek 2022, YouTuber Flemmo; Co-Founder Socio-Edupreneur Sepia.ID; Founder & Programmer di AlfathDev & FiGO Tech, Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi BINUS University Binusian 2026, Mahasiswa S1 Information System for Business and Management - Faculty of Computer Science President University 2022/2023.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image