Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Arrumy Marwa

Desa Cibiru Wetan Adakan Bersih Sampah Tanggung Jawab Bersama

Info Terkini | Wednesday, 26 Oct 2022, 11:16 WIB

Bandung – alam rangkan kegiatan berseh sampah di daerahCibiru Wetan, Rabu 12 Oktober 2022, Sebagian masyarakatcibiru wetan khususnya desa cikoneng ikut serta dalamkegiatan CIBERSTAMA ini.

Produksi sampah masyarakat kian hari kian bertambah, menyebabkan pegunungan di tempat pembuangan akhir. Rumah sampah ini sebenarnya ide dari Kepala Desa CibiruWetan yang ingin mengadakan rumah pilah sampah, Adapun program ini Bernama CIBERSTAMA (Cibiru Wetan BersihSampah Tanggung Jawab Bersama).

“Rumah pilah sampah ini dikhususkan untuk masyarakat DesaCibiru Wetan dan rumah pilah ini sudah berlangsung hingga 2 tahun dan sampai sekarang ini, kemudian ada beberapaRT/RW yang membuang sampah ke tempat rumah pilahsampah itu yaitu: RW 12, RW 09, RW 10 dan individu ataukurang lebih 200 pelanggan yang membuang sampah ketempat rumah pilah itu, pengambilan sampah itu dilaksanakan4 (empat) kali dalam satu minggu ke kampung-kampung” Ujar ketua karang taruna cikoneng, Rini Abdi Maharani.

Pemilihan sampah adalah kegiatan mengelompokkan dan memisahkan sampah sesuai dengan jenis, jumlah atau sifatsampah. Tahap pemilihan sampah yang lebih maju dilakukandengan memilah sampah berdasarkan sampah organik dan anorganik dan sampah spesifik lainnya yaitu sampah B3 (Bahan Beracun Berbahaya).

“Adapun tujuan dari pemilihan sampah ini yaitu untukmempermudah pengolahan sampah selanjutnya. Selainmemudahkan pengolahan sampah selanjutnya pemilahansampah organik dan anorganik dapat mengurangi pencemaranudara yang diakibatkan oleh penumpukan sampah yang masihtercampur antara sampah organik dan anorganik. Pencemaranudara dapat juga menimbulkan masalah Kesehatan, terutamayang berhubungan dengan paru-paru dan pernafasan”. Kata Rini

Rini juga menyebutkan "Pemilahan ini berarti upaya untukmemisahkan sekumpulan dari sesuatu yang sifatnyaheterogeny menurut jenis atau kelompoknya sehingga menjadibeberapa golongan yang sifatnya homogen. Manajemenpemilahan sampah juga dapat diartikan sebagai suatu proses kegiatan penanganan sampah sejak dari sumbernya denganmemanfaatkan penggunaan sumber daya secara efektif yang diawali dari pewadahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan, hingga pembuangan. Kemudian pengolahan ataupemilahan sampah.

Reporter : Arrumy Marwa.P

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image