Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yanti Wulandari

PENERAPAN PENGENALAN HURUF RAMAH OTAK PADA KELAS BAWAH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA

Pendidikan dan Literasi | Sunday, 09 Oct 2022, 00:35 WIB

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Bidang pendidikan merupakan salah satu sasaran program KKN STIT Rakeyan Santang Karawang. Kami kelompok 13 yang beranggota tiga orang (Euis, Yanti dan Selvy) melaksanakan KKN di RW 03 RT 05, 06 dan 07 Desa Muyajaya Kec. Telukjambe Barat. Setelah melakukan identifiksi di wilayah tersebut dari hanya terdapat satu lembaga pendidikan yaitu SDN Mulyajaya 1.

Identifikasi masalah sekolah SDN Mulyajaya 1

Setelah kami melakukan aksi nyata terjun kelapangan mengisi Kegiatan Belajar Mengajar di kelas bawah di SDN Mulyajaya I, banyak yang menjadi catatan bagi kami diantaranya ditemukan di kelas bawah terutama di kelas 1 masih banyak yang belum mengenal huruf, belum bisa menggabungkan huruf apalagi membaca. Perkiraan kami hanya sekitar 30% dari siswa kelas 1 yang sudah mulai mengenal dan bisa menggabungkan huruf.

Kelompok KKN kami juga akan menambahkan pembelajaran dengan Metode Big Book.Metode Big Book yaitu buku yang berisi kalimat-kalimat sederhana dan gambar yang mengilustrasikan isi kalimat .Maka dari itu kami sebagai Mahasiswa KKN memilih Metode Big Book karena untuk menarik perhatian siswa sehingga mampu meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa serta memudahkan dalam pembelajaran membaca dan memahami teks bacaan dengan dukungan gambar.

Metode Big Book

Hal ini, selain daya tangkap mereka yang berbeda, ternyata sekitar 80% dari mereka tidak mengkuti Pendidikan Anak Usia Dini terlebih dahulu. Namun Tidak bisa kita pungkiri juga, pandemi yang terlalu lama menjadi salah satu faktor rendahnya belajar bagi mereka para anak-anak. Dari permasalahan tersebut kami bersama DPL melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa anak Sekolah Dasar (SD) wajib sekolah TK/ PAUD .Maka dari itu akan membantu anak belajar mengenal huruf sebelum masuk ke Sekolah Dasar.

Sosialisasi Masuk SEkolah Dasar (SD) Wajib PAUD/TK

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kami kelompok 13 melakukan sebuah program tentang Penguatan Kemampuan Membaca, Menulis dan Berhitung dengan memberikan pembelajaran tambahan membaca, menulis dan berhitung untuk menguatkan kemampuan literasi dan numerasi bagi siswa-siswa yang ketingga

Membaca Menulis Menghitung (Calistung)

Kenyataan masih terdapatnya siswa kelas bawah di SDN Mulyajaya 1 yang belum bisa membaca bahkan belum mengenal huruf adalah sebuah potret pendidikan dan salah satu gambaran yang tidak menutup kemungkinan di wilayah lainpun masih banyak yang demikian. Kekhawatiran dari permasalahan ini kalau terlalu lama dibiarkan mereka bisa mengalami ketertinggalan belajar (learning loss).

Sehingga dengan demikian membaca merupakan hal yang sangat penting sebagai modal awal bagi mereka siswa-siswi agar tidak ketinggalan dalam mengikuti pelajaran, juga membaca adalah sebagai jalan untuk bisa memperoleh pengetahuan mendapatkan banyak informasi yang kita butuhkan dan yang tidak kita butuhkan. Dengan demikian, membaca merupakan keterampilan yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak dalam rangka mengembangkan intelektualitas, kepribadian dan keterampilan.

Selain program Penguatan Kemampuan Membaca, Menulis dan Berhitung, dengan melihat di dalam satu wilayah ke-RW-an yang terdiri tiga RT tidak terdapat satupun lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Baik formal seperti TK maupun non formal seperti Kelompok Bermain atau Satuan Paud Sejenis. Hal ini mendorong kami kelompok 13 membuat salah satu program KKN untuk membantu mendirikan sebuah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di sekitar wilayah RT 05 – 07 tersebut.

Semoga Program KKN ini bisa bermafaat bagi anak anak di Sekolah Dasar (SD) Mulyajaya 01 .Tidak lupa kami ucapkan terimakaih kepada Kepala Sekolah SDN Mulyajaya Ibu Dede Winingsih sudah mengizinkan kami melaksanakan program KKN bidang Pendidikan di SDN Mulyajaya 01.

Guru dan Murid SDN Mulyajaya 01 serta mahasiswa KKN

Penulis: Euis Mulyani, Yanti Wulandari, Selvy Asyrika

DPL: Ali Suhali.S.pd.,M.M

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image