Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image

FBI vs CIA

Pendidikan dan Literasi | Saturday, 20 Jan 2024, 18:41 WIB

*IDENTITAS KARYA*

Judul ulasan:dua geng cewek yang saling membenci

Judul buku:FBI vs CIA

Penulis:Shandy tan

penerbit:PT Gramedia Pustaka Utama anggota IKAPI

tahun terbit:2014

jumlah halaman:240

ISBN:978-602-03-0440-3

*ORIENTASI*: Shandy tan adalah penulis yang mengawali keterlibatannya dalam dunia menulis fiksi pada tahun 1994.Buku ini merupakan awal muka kisah persahabatan dan perselisihan antara kelompok FBI (Feni, Bertha, Isabel) dengan CIA (Carol, Ivana, Angel). Mereka adalah dua geng SMA yang secara fisik penampilannya amat berbeda. FBI terdiri dari 3 orang siswi yang bertubuh lumayan subur dan identik dengan makanan, sedangkan CIA terdiri dari 3 orang siswi yang tergolong kurus dan amat memerhatikan makanan.

*SINOPSIS*:FBI dan CIA adalah dua geng cewek SMA yang berbeda secara fisik. FBI (Feni, Bertha, Isabel) bertubuh subur makmur sebulat sumur, sedangkan CIA (Carol, Ivana, Angel) bertubuh kurus kering setipis piring. Mereka saling cuek, sampai suatu saat guru fisika memberikan tugas kelompok.

Isabel terpaksa satu kelompok dengan CIA. Carol, yang tahu Isabel berotak encer, membujuk Isabel untuk menjadi anggota CIA. Syaratnya, Isabel harus kurus. Maka Carol mengiming-imingi Isabel pola diet jitu supaya Isabel bisa menurunkan berat badannya.

Isabel jelas menerimanya. Dalam waktu tak terlalu lama, berat badannya mulai berkurang. Demi menjadi langsing, cantik, dan populer, Isabel tak peduli lagi pada FBI. Sampai akhirnya Isabel tahu, CIA memanfaatkannya untuk mengatrol nilai-nilai mereka.

*ANALISIS*:Tema cerita pada novel ini bertema komedi. Alur nya maju karena memberikan kejutan yang tumbuh seiring perkembangan kisah. setiap tokoh memiliki peran masing-masing, seperti FBI (Feni, Bertha, Isabel) yang berperan sebagai protagonis, mereka tidak mudah terpancing hasutan,tidak mudah menghakimi orang yang bersalah, setiap kawan, loyal, dan pintar. tokoh yang paling menonjol dari geng ini adalah Isabel yang di gambarkan sebagai cewek bertekat kuat untuk kurus, jago dalam pelajaran eksakta, sedangkan CIA (Carol, Ivana, Angel)berperan sebagai antagonis, berisi orang orang yang terlalu berambisi pada penampilan dan suka merendahkan orang lain. Di dalam kelompok ini, tokoh Carol yang sangan dominan sebagai pemimpin geng, banyak akal, tetapi berpikiran sempit, matre, egois, sok cakep, sok pintar, centil, dan licik.

Latar tempat nya di SMA Bina Negeri,latar waktu sekitar tahun 2014.dengan sudut pandang orang ketiga, gaya bahasa yang digunakan, gaya bahasa anak muda jaman sekarang. Amanat yang di sampaikan dalam novel ini, mengingatkan untuk menghargai setiap hubungan, khususnya hubungan persahabatan. Jangan sampai merusaknya hanya karena keinginan pribadi. selain itu, teman yang baik adalah teman yang bisa mengatakan kita salah jika memang salah, dan saling peduli.

*EVALUASI*:Kelebihan novel ini adalah, bahasanya sangat ringan dan mudah dinikmati, tipikal novel remaja, ada informasi tambahan mengenai berat badan, cara menghitung kecukupan kalori untuk remaja, serta pengetahuan tentang aerobic dan yoga. Kekurangan novel ini adalah, ceritanya seperti dalam sinetron remaja.

*REKOMENDASI*:Target novel ini adalah, remaja yang memiliki hubungan persahabatan, novel ini sangat layak di beli karena, novel ini mengajarkan kita untuk saling menghargai antar sesama.

ulasan ini di buat oleh Ferisha Keizia Rhamdani kelas VIII-G SMPN 5 KARAWANG BARAT.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image