Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital

Image
Lubbi Muhammad Abdalla
Teknologi | Sunday, 05 Dec 2021, 08:57 WIB
sumber : pixabay

Hai teman-teman tahukah kalian bahwa dunia Pendidikan kita mengalami kemajuan pesat pasca pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi di bidang Pendidikan. Era globalisasi pendidikan saat ini lebih menekankan pada kreativitas dan hubungan-hubungan antara manusia yang bernilai ekonomi tinggi menjadi lebih menonjol daripada intelektualitas dalam bidang matematika dan sains.

Perlu teman-teman ketahui bahwa fakta ini juga menunjukkan bahwa pendidikan itu dinamis bukan statis, mengikuti perkembangan zaman, dan peranan pendidikan untuk memajukan bangsa Indonesia terbukti dalam pembangunan ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Oleh karena itu, maka di era kekinian ini para guru harus mengajar dengan memanfaatkan perangkat teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajarannya. Salah satu cara yang menarik perhatian siswa adalah dengan pemanfaatan media presentasi, di samping itu juga berlimpahnya sumber belajar seharusnya membuat tugas para guru semakin mudah dalam menyampaikan bahan ajarnya.

Jika kita mengutip dari hadits atau maqolah yang berbunyi “didiklah anakmu sesuai dengan zamannya”. Pernyataan ini mengandung makna dan mengisyaratkan bahwa kita hidup dalam ruang dan waktu yang senantiasa berubah dan akan selalu berubah menyesuaikan dengan tingkat pemikiran kita. Demikian juga halnya menjadi pendidik, dituntut untuk bisa menyesuaikan dengan perkembangan globalisasi yang terjadi dalam setiap aspek kehidupan berlangsung dengan cepat terutama dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Berikut ini adalah 3 situs yang cocok digunakan dalam pembelajaran Bahasa arab untuk anak-anak:

1. http://www.alef-ba-ta.com/

Program-program dalam web ini di rancang untuk anak-anak usia 4-7 tahun, tanpa kemampuan membaca ataupun menulis. Tahap awal program ini dirancang untuk mengajarkan alfabet dalam berbagai bentuk dan metode, sedangankan untuk tahap selanjutnya dirancang untuk mengajarkan dasar-dasar membaca dan menulis, dengan kemampuan membentuk kalimat-kalimat pendek.

2. http://www.madinaharabic.com/

Situs gratis pembelajaran Bahasa arab online ini mengguankan Bahasa pengantar dengan Bahasa inggris. Sehingga akan mudah untuk dipelajari oleh orang-orang non arab. Dalam situs ini juga terdapat pembelajaran maharah qiroah, muforad aplikatif, latihan-latihan, diskusi dan data-data yang bis akita download.

3. https://arabiyatuna.com/

Pemilik web ini menamai dengan Belajar Bahasa Arab Online ini. Web ini berisi data-data yang dikupulkan dari situs-situs lain, khususnya youtube. Ada banyak video yang telah dikumpulkan yang bis akita manfaatkan dalam pembelajaran Bahasa arab. Dalam web blog ini juga sudah diklasifikasikan kategori-kategori videonya sehingga mempermudah dalam pencarian. Jadi dengan melihat isi blog ini kita semacam melihat khulashoh youtube yang memuat khusus video untuk pembelajaran bahasa arab. Bahasa pengantarnya bahasa Indonesia, jadi lebih mudah

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Viral Video Kuburan Upin Ipin, Ini Klarifikasi Tim Produksi

Image

Pada Suatu Paragraf

Image

Sebagian Manusia adalah Cobaan Bagi Lainnya

Image

Prediksi Lineup Bhayangkara FC vs Persebaya Liga 1 18 Januari 2021

Image

Viral Video Gus Arya Tantang Allah di Mana? Netizen Geram

Image

Profil Haruna Soemitro : Anggota Exco PSSI yang Kontroversial

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image