Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image irman muhammad ridwan

Pahala Besar Dibalik Adzan Yang dikumandangkan Muadzin

Agama | Saturday, 17 Sep 2022, 08:30 WIB
Pahala Besar Dibalik Adzan Yang Dikumandangkan Muadzin

Pahala Besar Dibalik Adzan Yang dikumandangkan Muadzin

Muadzin adalah orang yang mengumandangkan adzan untuk menyeru orang melaksanakan shalat berjama'ah di masjid, namun orang-orang belum tahu ada amalan yang bisa menghapus segala dosa ketika sedang berkumandang adzan, amalan apa ketika saat berkumandang adzan akan dihapus dosa? Syaikh Ali Aljaber akan menjawab dengan penjelasan dibawah ini.

Adzan merupakan seruan untuk memanggil kaum muslimin untuk melaksanakan shalat berjama'ah di masjid.

Ada orang yang tersentuh hatinya sehingga melanjutkan perjalanan ke masjid untuk melaksanakan shalat berjama'ah namun ada juga orang yang tidak tersentuh hatinya untuk pergi ke masjid bahkan ada sebahagian yang tidak mau melaksanakan shalat.

Ternyata selain mengajak untuk melaksnakan shalat dibalik adzan juga ada pahala yang tersimpan dan terkandung didalamnya sehingga bisa diampuni segala dosa-dosa yang dilakukan.

Syaikh Ali Aljaber menjawab dalam tausyiahnya mengenai pahala yang besar terkandung dalam adzan. Beliau juga menyampaikan ketika muadzin sedang adzan diharapkan kita menjawab seruan adzan tersebur.

Pertama Ketika muadzin berkumandang " Allahu Akbar Allahu Akbar" maka jawab oleh kita " Allahu Akbar ".

Kedua, ketika muadzin berkata " assahu anlaa ilaha illallah maka jawab " assahu anlaa illaha illallah"

Ketiga " assahu anna muhammadar rasulullah" maka jawablah " asshadu anna muhammadar rasulullah"

Keempat syaikh ali aljaber menambahkan sesuai dengan tuntunan hadis Rasulullah SAW hadisnya shahih, ketika muadzin berkumandan "Hayya 'alas shaalaaah" Maka kita dianjurkan sebelum menjawab "laa haulaa walaa quawwata ila billahil 'aliyil 'adziim" beliau menganjurkan menjawab terlebih dahulu "assahadu anlaa ilaha illallah wa assahu anna muhammadar rasullah robiitubillahi rabaa wa bimuhammadarrasulaa wabil islamii diinaa" maka kata beliau Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa kita.

Demikian pemaparan mengenai pahala dibalik adzan yang dikumandangkan oleh muadzin, Syaikh Ali Jaber menjawabnya dengan hadits shahih akan diampuni segala dosa-dosa kita.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image