Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image PKRS RSKO Jakarta

Beberapa Contoh Zat Adiktif dan Dampak Buruknya

Edukasi | Thursday, 08 Sep 2022, 10:28 WIB
Contoh Napza / Narkoba yang patut diketahui I Sumber Foto : PKRS RSKO

Ada yang tau NAPZA itu apa ? berdasarkan Buku 50 tahun RSKO (Rumah Sakit Ketergantungan Obat) Berkarya pengertian Napza (Narkoba) merupakan singkatan dari Narkotika, Psikotropika, Zat Adiktif lain.

Adapun yang termasuk napza misalnya heroin, kokain, meth/shabu, mdma/ekstasi, alkohol, golongan benzodiazepin, rokok dan lainnya.

Yuks kenalan dengan beberapa contoh NAPZA :

Dampak buruk Ganja I Sumber Foto : PKRS RSKO

KANABIS lebih dikenal dengan sebutan Ganja atau Marijuana, Hashish

Efek segera/jangka pendek: hilangnya inhibisi, peningkatan persepsi sensorik dan euforia diikuti dengan kantuk/relaksasi, reaksi melambat, mata merah, masalah dengan keseimbangan dan koordinasi, paranoia, psikosis, serangan panik.

Efek jangka panjang: masalah kesehatan mental, ketergantungan, masalah memori dan belajar, batuk kronis, infeksi pernafasan kronis, motivasi dan konsentrasi menurun, paranoia dan psikosis.

Apa itu Heroin I Sumber Foto : PKRS RSKO

OPIOID (Heroin, morfin, petidin, kodein, metadon)

Efek segera/jangka pendek: euforia “high”, mulut kering, mual, muntah, mengantuk, pernafasan dan denyut jantung lambat, overdosis, koma

Efek jangka panjang: adiksi/ketergantungan, pembuluh vena kolaps, risiko HIV dan Hepatitis C, infertilitas, masalah gigi, jantung, penyakit hati dan ginjal, pneumonia.

Methamphetamine I Sumber Foto : Canva Pro

METAMFETAMIN sebutan lain: shabu, meth, glass

Efek segera/jangka pendek: meningkatkan kewaspadaan dan aktivitas fisik, menurunkan nafsu makan, pernafsan meningkat, denyut jantung, tekanan darah, suhu, denyut jantung irregular.

Efek jangka panjang: ansietas, kebingungan, insomnia, masalah mood, perilaku kekerasan, paranoia, halusinasi, delusi, berat badan menurun.

Apa itu Kokain ? I Sumber Foto PKRS RSKO

KOKAIN Sebutan lain: coke, snow, blow, dust

Efek segera/jangka pendek: pembuluh darah menyempit, pupil membesar: suhu tubuh, denyut jantung, dan tekanan darah meningkat; sakit kepala, sakit perut, mual, euforia; ansietas dan serangan panik; perilaku agresif, tremor, insomnia.

Efek jangka panjang: ketergantungan; kehilangan indra penciuman, mimisan, kerusakan hidung dan kesulitan menelan; gangguan mental (depresi, ansietas); kerusakan jantung, masalah paru, ginjal, usus; risiko stroke dan kejang.

Apa itu MDMA ? I Sumber Foto : PKRS RSKO

MDMA/ECSTASY Sebutan lain: XTC, pills, molly, love drug

Efek segera/jangka pendek: peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, euforia “high”, ansietas dan serangan panik, energi meningkat, mual muntah, overheating dan dehidrasi, distorsi visual, paranoia dan psikosis, stroke.

Efek jangka panjang: ketergantungan, masalah kesehatan mental (depresi, ansietas), gangguan memori dan atensi, gangguan hati.

Dampak Buruk Benzo diazepine I Sumber Foto : PKRS RSKO

BENZODIAZEPIN (Alprazolam, diazepam, klonazapam, nitazepam, dan lain-lain)

Efek segera/jangka pendek: mengantuk dan sedasi, penurunan denyut jantung, nafas dangkal, konfusi, hilangnya keseimbangan dan koordinasi, bicara cadel, penglihatan kabur, blackout, overdosis

Efek jangka panjang: ketergantungan, kejang

NEW PSYCHOACTIVE SUBSTANCES (NPS) I Sumber Foto : UNODC

NEW PSYCHOACTIVE SUBSTANCES (NPS) (Kanabinoid sintetik, Katinon sintetik, Kratom, Khat, dan lain-lain)

Efek segera/jangka pendek: denyut jantung dan suhu tubuh meningkat, dilatasi pupil, perilaku agresif, kecemasan, sakit kepala, mual muntah, halusinasi, konfusi, agitasi, paranoia dan psikosis, kejang, overdosis

Efek jangka panjang: ketergantungan, gangguan memori, paranoia, psikosis

Syndrome Putus Alkohol I Sumber Foto : RSKO Jakarta

ALKOHOL (Bir, wiski, vodka, tuak, ciu, arak, sake, soju, dan lainya.)

Efek segera/jangka pendek: hambatan berkurang, bicara cadel, gangguan motorik, kebingungan, masalah memori, masalah konsentrasi.

Efek jangka panjang: ketergantungan, masalah kesehatan mental (depresi, ansietas), meningkatkan risiko kanker, malnutrisi, masalah jantung dan hati, kerusakan otak, risiko diabetes.

Did You Know Rokok ? I Sumber Foto : PKRS RSKO

NIKOTIN (Rokok, E-Cigarrettes, water pipe tobacco, cerutu)

Efek segera/jangka pendek: denyut jantung dan tekanan darah meningkat, gigi dan jari bernoda, nafas pendek, pembuluh darah menyempit, mual, pusing, oksigen ke otak dan paru berkurang.

Efek jangka panjang: ketergantungan, masalah gigi, penuaan dini, mengurangi kesuburan, masalah pernafasan, risiko penyakit jantung meningkat, penyakit paru, diabetes, kanker.

Sumber : Buku 50 tahun RSKO Berkarya

_

Salam sehat

Instalasi PKRS dan Pemasaran RSKO Jakarta

Instagram @pkrs_rsko I email ; [email protected]

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image