Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Zaini Pahmi

Mengenal Apa itu Investasi Bodong

Eduaksi | Wednesday, 07 Sep 2022, 15:26 WIB

Investasi ialah suatu aktivitas penanaman modal, yang biasanya dilakukan dalam lingkup waktu yang cukup panjang untuk melakukan pembelian saham bahkan surat-menyurat berharga yang tujuan utama nya memperoleh keuntungan. Sedangkan investasi bodong ialah suatu Tindakan investasi yang tidak mempunyai dasar dan tidak sesuai dengan peraturan yang ada atau di sebut illegal karena tidak terdaftar resmi dalam OJK.

Sejatinya investasi itu dilakukan dengan cara membeli properti, membeli emas, dan membeli saham. Kegiatan investasi menjadi popular akhir-akhir ini hingga memunculkan tindakan-tindakan yang melanggar aturan oleh oknum investasi bodong terutama yang sedang marak di Tanah air.

Mengapa investasi bodong (illegal) masih sering terjadi hingga sekarang terutama di Indonesia. Hal ini di pengaruhi oleh beberapa hal yang di jelaskan sebagai berikut.

Kurangnya edukasi terhadap tindakan investasi merupakan salah satu Langkah yang salah dalam mengelola suatu penanaman modal. Perlunya riset terhadap suatu regulasi dalam melakukan perencanaan pengelolaan investasi. Karena investasi bisa menjadi boomerang bagi seorang investor yang salah Langkah atau menanamkan modal nya kepada investasi bodong. Investasi bodong menawarkan keuntungan yang tidak wajar. Hal itulah yang mengharuskan kita memahami terlebih dahulu pentingnya riset terhadap penanaman modal dengan informasi dan pengaturan yang akurat serta sudah terdaftar resmi OJK.

Persoalan lainya yang menjadi pengaruh maraknya investasi bodong ialah kurangnya literasi pada masyarakat dan mudahnya di kelabui oleh iklan-iklan investasi bodong yang menawarkan keuntungan yang sangat tinggi, akan tetapi tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu kita di perlukan menyaring informasi yang beredar dan melakukan analisis lebih lanjut terhadap Tindakan investasi.

Pentingnya pengetahuan serta edukasi mengenai penanaman modal atau dunia investasi memerlukan adanya arahan dan Tindakan agar masyarakat mengerti dampak positive dan negative dari rencana pengelolaan dana dalam ranah investasi, yang bertujuan meminimalisir serta menghindari kesalahan-kesalahan yang berdampak pada kerugian investor.

Cara kita agar tidak terjebak investasi bodong ialah; melakukan cek perizinan atas platform investasi tersebut, menganalisa dan waspada terhadap keuntungan yang tidak masuk akal, melakukan riset dan bertanya mengenai perusahaan investasi yang bersangkutan, dan memahami secara mendalam tentang penanaman modal/investasi sebelum mengambil resiko Tindakan investasi.

Oleh : Muhammad Zaini Pahmi (Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Palangkaraya)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image