Ilmu Forensik dan Daftar Sekolah Tinggi Luar Negeri Terbaik di Bidang Tersebut

Image
Khairil Fajrin
Sekolah | Friday, 19 Aug 2022, 14:12 WIB
Sumber: Pexels

Beberapa pekan belakangan ini kita dihadapkan dengan sebuah kasus antar polisi yang banyak beredar di media cetak maupun online. Melalui pemberitaan tersebut juga sebuah ilmu terapan dalam dunia kepolisian menjadi viral dan banyak yang mulai tertarik dengan ilmu tersebut. Yup, ilmu yang dimaksud adalah Ilmu Forensik.

Ilmu Forensik adalah penerapan prinsip dan teknik ilmiah untuk masalah peradilan pidana yang biasanya melibatkan pengumpulan, pemeriksaan, dan analisis bukti fisik di TKP. Dengan kata lain, itu adalah penerapan metode alam dan ilmu fisika untuk masalah hukum pidana dan perdata. Dalam sistem hukum, banyak ilmu dapat berkontribusi untuk menjelaskan apa yang terjadi pada orang yang meninggal dalam keadaan mencurigakan dan/atau akibat kekerasan. Dari berbagai ilmu yang berkontribusi tersebutlah maka selanjutnya Ilmu Forensik dapat diterapkan.

Beberapa jenis ilmu yang dapat menunjang Ilmu Forensik tersebut adalah: ilmu kedokteran, kimia, farmasi, fisika, biologi, dan psikologi. Sedangkan untuk cabang ilmu forensik disebut dengan Kriminalistik. Selain kriminalistik, Ilmu Forensik memiliki beberapa cabang ilmu yang lain, yaitu: Psikiatri Forensik, Entomologi Forensik, Antrofologi Forensik, Balistik Forensik, Fotografi Forensik, Kedokteran Forensik, Toksikologi Forensik, Odontologi Forensik, dan Serologi atau Biologi Molekuler Forensik.

Pada umumnya, yang tertarik dengan Ilmu Forensik datang dari kalangan aparatur kepolisian. Misalnya seseorang tersebut berasal dari orang tua yang seorang polisi ataupun kedokteran. Tapi dengan viralnya bidang ilmu ini, sudah banyak orang yang merasakan bahwa Ilmu Forensik sangat diperlukan dan tentunya menjanjikan sebuah karir yang tidak sembarangan.

Tidak hanya di Indonesia, di negara-negara lain Ilmu Forensik juga sangat dibutuhkan. Mengingat kejahatan masih menjadi kebiasaan buruk manusia yang tidak akan pernah habis hingga akhir hayat umat manusia itu sendiri.

Nah bagi kamu yang mungkin saat ini tertarik dengan Ilmu Forensik, terlebih lagi jika kamu ingin berkuliah di luar negeri, pastikan persiapanmu sudah matang. Jika kamu masih memilih untuk mengasah kemampuan bahasa Inggrismu dengan kursus bahasa Inggris online, cobalah untuk berusaha lebih dari itu. Karena berikut ini ada beberapa daftar sekolah tinggi luar negeri di bidang Ilmu Forensik yang bisa kamu jadikan referensi sebagai tujuan dari mimpimu sebagai ahli forensik. Apa-apa saja sekolah tinggi luar negeri Ilmu Forensik tersebut, mari simak daftarnya di bawah ini!

Daftar Sekolah Tinggi Luar Negeri Ilmu Forensik Terbaik

1. Boston University

2. University of Pennsylvania

3. University of George Washington

4. Saint Louis University

5. Texas A & M University

6. Loyola Marymount University

7. Syracuse University

8. Virginia Commonwealth University

9. Drexel University

10. George Mason University

11. CUNY John Jay College of Criminal Justice

12. University of St. Mary

13. University of Texas

14. University of Ohio

15. Hofstra University

Oke itulah tadi informasi tentang daftar sekolah tinggi luar negeri Ilmu Forensik. Semoga bisa menjadi bahan referensi bagi kamu yang sudah tertarik untuk melanjutkan studi di bidang tersebut.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

kalau gak di sana, ya di sini

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Sidang P20 Wujudkan Langkah Konkret Atasi Krisis Pangan dengan Pembangunan Berkelanjutan

Image

Tragedi Kanjuruhan Nestapa Sepak Bola Indonesia

Image

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Warga Binaan Lapas Purwokerto Ikuti Rangkaian Kegiatan Berikut

Image

Peserta Enrekang Cross Country Diprediksi Capai 1000 Goweser

Image

Peluang Ekonomi Mikro Menggunakan Bahan Yang Tidak Terpakai

Image

MENCARI GORESAN INDAH DI ATAS KANVAS KEKALAHAN

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image