Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Affan Safani Adham

Peringati Satu Dasawarsa Keistimewaan DIY Gelar Festival Kethoprak Kabupaten Sleman

Info Terkini | Thursday, 11 Aug 2022, 14:51 WIB
Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, membuka Festival Kethoprak Kabupaten Sleman

SLEMAN – Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, membuka Festival Kethoprak Kabupaten Sleman, pada 10 Agustus 2022 di Gedung Kesenian Sleman didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat HY Aji Wulantara, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Edy Winarya dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sleman Arif Kurniawan.
Kegiatan tersebut menjadi bagian dari peringatan Satu Dasawarsa Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta "Kaistimewaan Suluhing Peradaban".
Bupati Sleman menjelaskan, kegiatan tersebut menjadi bagian dari peringatan Satu Dasawarsa Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta yang juga dilaksanakan kabupaten dan kota se-DIY.
"Hal ini dapat menjadi jalan untuk menemukan potensi seniman handal, khususnya di Kabupaten Sleman," kata Kustini.
Selain itu, dengan diadakannya Festival Kethoprak sekaligus menjadi upaya untuk memperkenalkan dan melestarikan kebudayaan. "Dukungan berbagai pihak sangat diharapkan untuk terus melestarikan kegiatan tersebut," kata Kustini.
Menurut Kustini, kegiatan positif ini harus terus didukung. "Melalui festival ini kita juga dapat menemukan banyak seniman berbakat yang bisa membanggakan Sleman," papar Kustini. "Sehingga bersama-sama kita dukung dan lestarikan agar kebudayaan ini tidak hilang begitu saja di masa depan."
Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Edy Winarya, menjelaskan, pelaksanaan Festival Kethoprak Kabupaten Sleman menjadi kesempatan untuk semakin memperkenalkan kebudayaan kethoprak kepada masyarakat.
Di samping itu, kegiatan ini juga memberikan ruang gerak seniman dalam berekspresi serta menemukan bibit unggul baru di dunia kesenian.
Festival Kethoprak Kabupaten Sleman ini diikuti oleh peserta yang berasal dari 17 kapanewon dengan usia maksimal 40 tahun. "Sehingga kami berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana pembelajaran, hiburan serta menjadi kesempatan untuk menemukan bibit unggul baru di bidang kethoprak," jelas Edy, Kamis (11/8/2022).
Pada pelaksanaan Festival Kebudayaan Kethoprak Kabupaten Sleman kali ini, sebagaimana dijelaskan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Edy Winarya, dilaksanakan selama 9 hari, mulai dari 10 Agustus 2022 hingga 19 Agustus 2022.
Sedangkan dari pihak juri, Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman melibatkan tokoh-tokoh dari unsur budayawan, seniman, serta praktisi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image