Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Avrilla tri ariesta

Mie Kocok Khas Bandung

Kuliner | Tuesday, 09 Aug 2022, 18:50 WIB

Siapa yang tidak mengenal mie kocok? Makanan luar biasa dari Bandung, Jawa Barat. Rasanya kurang afdol apabila Anda pergi ke kota Bandung, belum mencicipi makanan yang luar biasa ini. Mie kocok adalah hidangan mie dengan kaldu daging yang sangat khas di kota Bandung. Hidangan ini terdiri dari mie kuning yang disajikan dalam kaldu rebusan daging kental, kikil potong, tauge, bakso, jeruk nipis, taburan seledri potong, daun bawang, dan bawang goreng.

Istilah mie kocok dalam hidangan ini mengacu pada sistem memasak, tepatnya mengocok mie dalam wadah logam dengan bukaan dengan pegangan, sambil dicelupkan ke dalam air bersuhu tinggi. Jenis mie yang digunakan adalah mie kuning level yang memiliki permukaan lebih lembut.

Bagaimanapun, untuk mencicipi makanan ini, Anda tidak perlu pergi ke kota Bandung. Karena masing-masing daerah sudah memiliki sajian ini yang tak kalah nikmatnya. Salah satunya di Aceh. Meski makanan ini bukan makanan khas Aceh, banyak lidah orang Aceh yang menyukai masakan ini.

Foodies harus tahu bahwa untuk mencicipi rasa sebenarnya dari suatu makanan, Anda harus pergi ke sumbernya. Selanjutnya, hal ini juga berlaku untuk "MIE KOCOK H. DAUD". Meskipun ada beberapa mie kocok yang juga populer di berbagai daerah di Aceh, Anda pasti ingin menambahkan wisata kuliner yang satu ini ke daftar makanan nomor satu Anda.

Sesuai dengan namanya, mie kocok dasar ini digarap oleh M. Daud Yusuf atau biasa dipanggil Pak Daud. Mie kocok Pak Daud memiliki resep yang sedikit unik dari Mie kocok yang standar. Mie kocok Pak Daud terdiri dari mie kuning yang disajikan dalam kaldu kikil yang kental, tauge, telur, potongan ayam, sedikit kentang, daun bawang, air jeruk nipis, bawang goreng dan emping. Kaldu dagingnya memiliki permukaan yang tebal dan gurih, menjadi ciri khas yang membedakan Mie Kocok Pak Daud dari berbagai penjual.

Mie kocok H. Daud telah ditata sejak 16 Februari 2016. Telah ditata selama lebih dari setahun. Meski mie kocok ini masih baru, banyak warga sekitar yang tertarik dengan hidangan ini. Menemukan lokasi juga tidak terlalu merepotkan karena truk selalu berada di dekat jalan raya. Lokasinya berada di persimpangan 4 Kruenggeukuh Tambon Baroh. Mie kocok H. Daud buka dari hari Senin sampai Minggu dari jam 5 sore sampai jam 12 malam.

Rumah makan sederhana ini hanya memiliki beberapa kursi kayu yang dapat menampung hingga 15 orang. Meski tempatnya biasa, Pak Daud memiliki banyak klien dari berbagai daerah. Anda tidak perlu merogoh kocek yang besar, harga mie kocok ini tidak akan menguras kantong Anda. Biayaproduksi rumah makan ini sudah diatir dengan sangat baik. Hanya dengan Rp. 10.000, Anda sudah bisa merasakan nikmatnya mie kocok ini.

Jika Anda berada di Aceh Utara, Anda harus mencicipi hidangan yang satu ini. Tepat dipinggir parkway, persimpangan 4 kruenggeukuh Tambon Baroh, Kec. pertemuan. Jika Anda belum pernah mencicipi mie kocok Pak Daud ini, maka Anda adalah orang yang belum merasakan kenikmatan mie kocok yang sebenarnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image