Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas Kemenkumham Jateng

Wakili Menkumham, Kakanwil Kemenkumham Jateng Hadiri ASEAN Para Games 2022

Info Terkini | Monday, 01 Aug 2022, 16:21 WIB

SURAKARTA - Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara (ASEAN Para Games) ke-11 Tahun 2022 resmi dibuka pada hari ini, Sabtu (30/07).

Opening ceremony ajang olahraga yang diikuti oleh para atlet penyandang disabilitas dari 11 negara di Asia Tenggara ini dihelat di Stadion Manahan dimana Solo dipercaya menjadi tuan rumah ASEAN Para Games untuk kedua kalinya.

Perhelatan akbar ASEAN Para Games dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma'ruf Amin.

Hadir sebagai tamu kehormatan yakni Para Menteri Kabinet Indonesia Maju. Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah, A. Yuspahruddin, hadir memenuhi undangan seremoni pembukaan untuk mewakili Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly.

Tampak pula duduk bersama dengan Kakanwil, Inspektur Jendral Kemenkumham, Razilu. Sementara ditangkap lensa Humas Kanwil di tribun berbeda, Para Pimti Pratama antara lain, Kadiv Administrasi, Jusman, Kadiv Pemasyarakatan, Supriyanto, dan Kadiv Imigrasi, Wishnu Daru Fajar.

Mengusung tema kesetaraan yakni Striving for Equality, upacara pembukaan ini menampilkan sejumlah penampilan difabel.

Diantaranya penyanyi tunanetra, Arda. Bersama Endah Laras dan Dodit Mulyanto membawakan lagu Bengawan Solo. Lalu ada atraksi dari sejumlah disabilitas yang muncul menggunakan kursi roda.

Kemudian penonton dihibur dengan pertunjukan wayang kulit oleh Ki Purbo Asmoro. Hiburan wayang kulit ini digelar megah dengan perpaduan video dan atraksi pendukung.

Baru kemudian pertunjukan defile dari kontingen negara peserta ASEAN Para Games. Setiap defile berjalan dengan diiringi 2 tokoh pewayangan. Dikawal oleh tokoh wayang Bima dan Arjuna, defile terakhir dari Indonesia mendapatkan sambutan meriah penonton seisi stadion.

Selain hiburan, pembukaan juga dirangkai dengan penyalaan obor besar. Momen penyalaan obor berjalan khidmat dengan diawali tiga atlet para games membawa api sakral berlari mengelilingi panggung. Tiga atlet itu adalah Sri Sugiyanti yang merupakan atlet para cycling, Martin Losu (para cycling), dan Najiha Zahra (panjat tebing).

Acara juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo serta Wali Kota Solo yang juga Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (inaspoc), Gibran Rakabuming Raka.

Acara pembukaan ASEAN Para Games 2022 ditutup dengan perayaan pesta kembang api spektakuler. Selama hampir 5 menit kembang api menyala dengan meriah yang menuai decak kagum seluruh penonton di Stadion Manahan Solo.

Sebagai informasi, ASEAN Para Games ke-11 akan digelar hingga 6 Agustus mendatang dengan mempertandingkan 14 cabang olahraga yaitu para atletik, para renang, para badminton, para tenis meja, para chess, para powerlifting, boccia, blind judo, goalball, tenis kursi roda, para panahan, CP football, basket kursi roda, dan voli duduk.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image