Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Thresia Antiq

Anak Tangguh, Indonesia Lestari

Gaya Hidup | Saturday, 23 Jul 2022, 09:58 WIB

Tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional di Indonesia. Pemilihan tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional diselaraskan dengan pengesahan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak pada 23 Juli 1979. Hari Anak Nasional merupakan momentum penting untuk meningkatkan kepedulian dan partisipasi dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Dilansir dari laman resmi Kemenpppa RI, tema Hari Anak Nasional 2022 adalah "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" dengan beberapa subtema yaitu "Peduli Pasca Pandemi Covid-19", "Anak Tanggung Pasca Pandemi Covid-19" , dan "Anak Tangguh, Indonesia Lestari".

Anak yang tangguh adalah anak yang lebih mampu menghadapi berbagai masalah di kemudian hari secara sehat. Anak yang tangguh melihat kegagalan sebagai sebuah tantangan. Bantu anak agar ia menjadi individu yang optimis dan tak gampang menyerah. Dilansir dari purewow.com berikut adalah karaktetistik anak yang tangguh :

1. Mereka memiliki belas kasihan

Anak yang tangguh memahami bahwa hidup tidak sempurna dan mereka tidak akan menyalahkan diri sendiri karena hal itu. Orangtua perlu membantu anak mengidentifikasikan perasaan mereka

2. Mereka diberi kesempatan berjuang dan belajar tentang kekuatan.

Biarkan anak merasakan perasaan mereka secara alami. Orangtua perlu mengomunikasikan pada anak bahwa mereka akan mendampingi apapun langkah selanjutnya yang diambil oleh anak. Anak akan belajar tentang kekuatan yang mereka miliki ketika dibiarkan berjuang.

3. Mereka memiliki keterampilan memecahkan masalah.

Anak yang tangguh akan memahami ketika mengalami masalah, mereka tidak akan terjebak di dalamnya. Namun, memikirkan cara terbaik untuk memperbaiki hal tersebut. Ketika anak dibiarkan memecahkan masalah sendiri, orangtua juga membantu anak mengembangkan kreativitas mereka.

4. Mereka tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Anak yang tangguh memahami bahwa perbandingan sosial hanya mengarah pada perasaan superior dan merasa bukan siapa-siapa. Ketika mereka bertemu teman yang berhasil, mereka akan memberikan selamat dan menjadikannya sebagai tantangan bagi diri mereka sendiri.

5. Mereka memiliki kosa kata emosional yang berkembang dengan baik.

Anak yang tangguh adaptif dalam mengidentifikasikan perasaan mereka. Artikulasi perasaan dapat membantu anak dalam hubungan sosial dengan orang lain dan keterampilan pemecahan masalah yang sangat baik.

Menanamkan karakter tangguh pada anak sangat penting terutama untuk melewati masa-masa pasca pandemi. Dengan mengembangkan karakter tersebut sejak dini, anak akan mulai terbiasa untuk lebih cepat beradaptasi dalam menghadapi tantangan. Mereka juga bisa belajar memberikan rasa empatinya serta memiliki mental yang kuat untuk senantiasa bangkit dari situasi yang tidak menguntungkan. Karakter tangguh bisa meningkatkan kemampuan anak untuk lebih memahami orang lain, membuatnya tergerak untuk melakukan sesuatu hal positif yang mampu memberikan manfaat bagi orang lain. Anak-anak pun juga dapat menjadi agent of change dalam masyarakat.

Dalam Hari Anak Nasional 2022 Wakil Presiden RI berpesan agar anak Indonesia terus bersemangat dalam belajar untuk meraih cita-cita dan mengukir prestasi setinggi-tingginya, serta berkreasi seluas-luasnya. Karena, di tangan anak-anak lah, masa depan negara Indonesia ditentukan. Anak-anak Indonesia harus memanfaatkan jendela informasi yang kini terbuka lebar seiring perkembangan teknologi untuk menimba ilmu pengetahuan. Kepada para orang tua, Wapres mengingatkan bahwa anak adalah titipan Tuhan Yang Maha Esa sehingga harus dijaga dengan penuh tanggung jawab. Orangtua perlu membangun lingkungan yang aman, sehat dan kondusif bagi anak-anak untuk bertumbuh dalam kegembiraan sehingga menjadi pribadi yang cerdas, tangguh, toleran dan berakhlak mulia. Selain itu, Wapres juga berpesan kepada seluruh pihak terkait agar terus menjaga dan melindungi anak-anak Indonesia termasuk memenuhi hak-haknya. Dengan kata lain, Hari Anak Nasional 2022 dirayakan sebagai bentuk penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

Majulah anak-anak Indonesia !

Di tangan kalianlah masa depan bangsa ini...

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image