Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Thresia Antiq

Benarkah Candi Borobudur Tidak Masuk Dalam 7 Keajaiban Dunia

Wisata | Thursday, 21 Jul 2022, 12:11 WIB

7 Keajaiban Dunia atau 7 Wonders of the World adalah daftar tujuh tempat dari seluruh dunia yang ditetapkan sebagai Tujuh Keajaiban Dunia. Pada tahun 2000an, daftar 7 Keajaiban Dunia baru dibuat oleh suatu yayasan di Swiss New Open World Corporation (NOWC). Pemilihan daftar 7 Keajaiban Dunia itu ditetapkan melalui pemungutan suara yang terkumpul sebanyak 100 juta voters. Adapun hasil akhir daftar 7 Keajaiban Dunia baru diumumkan pada tahun 2007.

Menurut Encyclopedia Britannica terdapat 7 Keajaiban Dunia lama atau 7 Keajaiban Dunia kuno (The Seven Wonders of Ancient World) yang perlu diketahui. Berikut adalah daftar 7 Keajaiban Dunia kuno :

1). Piramida Agung Giza (Great Pyramid of Giza).

2). Taman Gantung Babilonia (Hanging Gardens of Babylon).

3). Patung Zeus di Olympia (Statue of Zeus at Olympia).

4). Mausoleum Mausolus (Mausoleum at Halicarnassus).

5). Kolosus di Rodos (Colossus of Rhodes).

6). Mercusuar Alexandria (Lighthouse of Alexandria).

7). Kuil Artemis di Ephesus (The Temple of Artemis in Ephesus).

Menurut hasil penilaian NOWC, terdapat perubahan dalam daftar 7 Keajaiban Dunia tersebut. Adapun daftar lengkap 7 Keajaiban Dunia yang baru yaitu

1). Tembok Besar China, di China.

2). Taj Mahal, di India.

3). Petra, di Yordania

4). Colosseum Roma, di Italia

5). Patung Kristus Sang Penebus, di Rio de Janeiro, Brasil

6). Chichen Itza, di Meksiko.

7). Machu Picchu, di Peru

Dari daftar 7 Keajaiban Dunia versi NOWC dapat dipahami bahwa ternyata selama ini Candi Borobudur tidak pernah masuk dalam daftar 7 Keajaiban Dunia, baik versi lama/kuno maupun versi baru. Meskipun Candi Borobudur tidak pernah masuk dalam daftar 7 Keajaiban Dunia, Candi Borobudur ternyata pernah masuk dalam 176 nominasi awal daftar 7 Keajaiban Dunia. Namun, Candi Borobudur gagal terpilih dalam peringkat 77 teratas untuk lanjut pada tahap berikutnya. Candi Borobudur sudah ditetapkan menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO sejak tahun 1991.

Tentang Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi dengan banyak stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang di atasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha.Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca Buddha tengah duduk bersila.

Keberadaan Borobudur dketahui sejak ditemukan 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles, yang saat itu menjabat sebagai Gubernur Jenderal Inggris atas Jawa. Sejak saat itu Borobudur telah mengalami pemugaran. Proyek pemugaran terbesar yaitu pada kurun waktu 1975 hingga 1982 atas upaya Pemerintah Republik Indonesia dan UNESCO. Pada 11 Februari 2022, pemerintah Indonesia meresmikan status Candi Borobudur kembali sebagai tempat peribadatan umat Buddhis di Indonesia dan dunia. Selain itu, Borobudur juga merupakan objek wisata di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image