Sulitnya Tokoh di Anime Attack on Titan Menyebut Nama Bertholdt

Image
Add aja
Edukasi | Saturday, 16 Jul 2022, 12:46 WIB
Sumber Gambar: CBR.com

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu serial Anime yang populer belakangan ini, Judulnya “Shingeki no Kyojin” atau dalam bahasa Inggris “Attack on Titan”? Anime yang karya Hajime Isayaman ini mendapat apresiasi yang luar biasa dari penggemar Anime di Seluruh dunia karena cerita menegangkan yang penuh akan plot twist. Kamu yang mengikuti serial Attack on Titan ini pasti tau jika hingga season 4 ini, semua karakter di Anime Attack on Titan ini terkesan lucu jika menyebut salah satu nama yaitu “Berthold”, Penyebutannya terdengar seperti “Bertoldtoh”. Ada apa dengan pronunciation mereka? Apa di jepang tidak ada tempat les Bahasa Inggris yang mengajarkan pronunciation atau aksen Amerika dan British. Tulisan ini akan membahas hal tersebut.

Sekilas Tentang Anime Attack on Titan

Attack on Titan adalah Anime karya Hajime Isayama yang pertama kali dibuat dalam bentuk komik pada 2009 dan telah tamat pada 2021, dan versi Anime pertama kali tayang pada 2013 dan sampai sekarang masih menunggu part berikutnya dari season ke 4. Anime ini menceritakan tentang kehidupan sekelompok manusia yang terpaksa tinggal di suatu ulau terpencil dan bertahan hidup di suatu wilayah yang dikelilingi tembok besar untuk melindungi mereka dari serangan raksasa yang memakan manusia.

Anime ini menceritakan kisah seorang remaja lak-laki yang bernama Eren yang ingin membalaskan dendam kematian ibunya yang dimakan raksasa, serta melindungi warga di pulau paradise (nama pulau tempat tinggal Eren). Setelah kematian ibunya yang dimakan raksasa, Eren bertekad kuat untuk bergabung dengan pasukan militer. Terdapat 3 pembagian divisi pasukan militer dalam serial Attack on Titan yaitu Police Military bertugas menjaga kemanan di wilayah pusat, Garrison bertugas menjaga tembok dari serangan raksasa, dan yang terakhir adalah Survey Corps, bertugas membasmi titan yang berkeliaran di luar tembok pelindung. Setelah lulus dari akademi militer, Eren dan teman-temannya bergabung ke Survey Corps karena didorong oleh keinginan kuat membasmi semua titan yang ada. Meskipun menjalani tugas yang berat dan mengancam nyawa, pasukan ini tidak pernah menyerah dalam menjalankan tugasnya. Cerita dalam anime ini akan dibalut dengan ketegangan, kesedihan, serta rasa penasaran karena selalu ada plot twist dalam setiap ceritanya. Kamu akan diajak untuk menerka-nerka karena Anime ini penuh akan misteri, dan bahkan sampai muncul reviewer-riviewer yang membahas teori-teori mengenai anime ini.

Tentang Penyebutan Nama Bertholdt

Kali ini kita kan membahas mengenai penyebutan nama “Bertholdt”. Nama ini merupakan nama salah satu tokoh yang ada di serial Anime Attack on Titan, Bertholdt adaah teman akademi sekaligus teman seperjuangan Eren di Anime Attack on Titan. Semua tokoh di Anime ini menyebut nama Bertholdt dengan Bertholdtoh. Terdengar lucu di telinga kita, ternyata hal ini dipengaruhi oleh aksen orang Jepang dalam berbicara bahasa Inggris.

Orang Jepang memiliki aksen tersendiri dalam bahasa Inggris yang masih dipengaruhi oleh aksen Jepang. Maka dari itu pronuciation yang mereka gunkan sangat berbeda, misalnya penyebutan kata “thank you” menjadi “shankyu”, atau “omelet rice” menjadi “omuraisu”. Hal ini lah yang menjadikan tokoh dalam karakter anime Attack on Titan menyebut nama “Berthold” menjadi “Bertholdtoh”. Hal ini menjadi suatu yan unik, jika sebuah anime yang menceritakan cakupan wilayah internasioanl dengan nama-nama yang khas dari berbagai negara disebutkan dalam bahasa Jepang lengkap dengan aksen bahasanya. Selain itu bahasa Jepang menyebutkan kata “l” menjadi “r” dengan tambahan huruf “u”. Misalnya kata “natal” menjadi “nataru”.

Selain itu pendidikan di negara Jepang tidak menempatkan bahasa Inggris menjadi mata pelajaran yang paling penting. Orang-orang menempatkan pelajaran bahasa Inggris sebagai pelajaran yang hanya perlu dikuasai untuk lulus dalam ujian. Hal ini terkesan sedikit ironis karena kita tahu pendidikan di Jepang memiliki sitem yang terbilang baik, bahkan lebih baik dari negara kita Indonesia. Pendidikan Jepang lebih menekan pada pendidikan karakter. Maka tidak heran jika anak-anak sekolah di Jepang memiliki kedisiplinan dan sopan santun yang tinggi. Mungkin jika orang Jepang ingin kuliah ke negara lain yang berbahasa Inggris, mereka harus berjuang keras belajar bahasa Inggris, telebih membiasakan lidah mereka dalam menyebutkan aksean Amerika, terlebih Aksen British yang tidak terlalu membutuhkan pergerakan lidah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

kalau nggak gini ya gitu

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Dewi Tembi : Serunya Liburan Di Desa Wisata Terbaik Se-Asia

Image

Yanti Afriwan Lestarikan Musik Melayu Lewat Rilis Lagu Tidakkah Kau Rindu Padaku

Image

PPSDM Migas Kuatkan Pengetahuan tentang Assessment Quantity Accounting SKK Migas Perwakilan KalSel

Image

PPSDM Migas Latih Petugas HSE Seismik Menjadi Tenaga Kerja Berkompeten

Image

Kebijakan Keimigrasian Terbaru Bantu Industri Pariwisata dan Film Internasional

Image

Sosialisasi Peran Perangkat Daerah dalam Melakukan Pengawasan Orang Asing

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image