Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ali Rochmad

Taman Nasional Karimunjawa Digunakan Untuk Melindungi Apa? Berikut Ulasannya!

Wisata | Tuesday, 12 Jul 2022, 15:29 WIB
sumber: thekarimun

Berkunjung ke Taman Nasional Karimunjawa bisa jadi pilihan tepat apabila ingin berlibur bersama dengan keluarga. Akan ada banyak nuansa alami, hijau, dan asri dengan beberapa gugusan pulau. Lantas, Taman Nasional Karimunjawa digunakan untuk melindungi apa?

Mengenal Taman Nasional Karimunjawa

Perlu Anda ketahui, taman ini sudah menjadi taman nasional di Indonesia sejak tahun 1999. Termasuk juga sebagai destinasi wisata favorit bagi para turis domestik ataupun mancanegara. Keberadaannya pun sudah sangat populer di Kota Jepara.

Tempatnya sendiri terdiri dari kawasan dengan bentuk kepulauan di Laut Jawa. Taman nasional tersebut terbagi menjadi tiga kawasan. Pertama adalah wilayah hutan hujan tropis dataran rendah, wilayah perairan Kawasan Pelestarian Alam (KPA), selain itu ada pula wilayah ekosistem hutan mangrove.

Tentu saja ada banyak pesona wisata alam yang satu ini. Keindahan utamanya sendiri terletak di pemandangan alam di sekitarnya. Lokasi tersebut bahkan sudah menjadi rumah bagi satwa liar. Selain itu, terdapat pula beberapa jenis tanaman khas di dalamnya.

Taman Nasional Karimunjawa Digunakan untuk Melindungi Apa?

Setelah mengenal seluk beluk dari taman nasional satu ini, Anda mungkin masih belum memahami betul lokasi tersebut untuk melindungi apa saja. Oleh sebab itu, sebelum berkunjung ke sana usahakan mendapat informasi lengkapnya terlebih dahulu. Di bawah ini selengkapnya:

1. Taman Nasional Karimunjawa Digunakan Untuk Melindungi Apa?

Lokasi ini sebenarnya tidak hanya bermanfaat sebagai lokasi wisata saja. Pasalnya, ada banyak flora dan fauna yang dilindungi. Tidak heran jika taman tersebut menjadi rumah dari berbagai satwa liar. Termasuk juga terumbu karang, hutan pantai, hingga hutan bakau.

Tentu sudah tidak perlu meragukan lagi keindahannya. Terlebih, Karimunjawa juga sangat identik dengan tumbuhan dewandaru yang tumbuh di iklim hutan hujan pada dataran rendah. Terdapat pula spesies tanaman hutan, flora hutan hujan tropis, jamur, hingga lumut.

2. Apa Saja Flora dan Fauna yang Dilindungi?

Sebenarnya Taman Nasional Karimunjawa digunakan untuk melindungi apa? Tidak lain adalah flora dan fauna. Untuk satwa liar yang ada sendiri mulai dari wedi-wedi, elang laut dada putih, penyu hijau, penyu sisik, burung bangau abu-abu, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk tanaman khasnya juga cukup banyak. Contohnya seperti pohon kalimasada, dewandaru, stigi. Selain itu, terdapat pula beberapa jenis lainnya. Seperti rumput, lumut, semak, paku-pakuan, tumbuhan berkayu, hingga mangrove.

Nikmati Berbagai Spot Wisata di Karimunjawa

Saat ingin berkunjung ke lokasi satu ini, maka jangan lewatkan untuk mengambil paket wisata Karimunjawa. Dengan begitu, kegiatan berlibur akan lebih menyenangkan. Di bawah ini beberapa spot wisatanya yang dapat Anda nikmati:

1. Menikmati Pesona Bawah Laut

Siapa yang tidak ingin menikmati keindahan panorama bawah laut? Oleh sebab itu, saat berkunjung ke Karimunjawa usahakan tidak melewatkannya. Terdapat KPA atau Kawasan Pelestarian Alam Perairan dengan pemandangan sangat indah.

Anda dapat menikmati pesona pemandangan di bawah laut dengan cara yang berbeda. Setiap pengunjung nantinya dapat melakukan aktivitas snorkeling ataupun menaiki glass bottom boat. Tunggu apa lagi, segera jadwalkan liburan ke lokasi ini.

2. Kunjungi Pulau-pulau Eksotis

Tanaman Nasional Karimunjawa sebenarnya adalah kepulauan yang terdiri dari beberapa gugusan pulau. Jangan sampai kelewatan dalam mengunjungi berbagai pulau eksotis tersebut. Contohnya saja Menjangan Besar, Menjangan Kecil, hingga Cemara Kejil.

Pasalnya, akan ada banyak pandai indah dan memukau sehingga sayang untuk Anda lewatkan. Terdapat pula pulau dengan pantai halus berwarna putih. Di samping itu, terdapat pula pemandangan senja yang menakjubkan di sore harinya.

Itu tadi penjelasan mengenai lokasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan tersebut. Kini sudah memahami lebih lanjut tentang Taman Nasional Karimunjawa digunakan untuk melindungi apa. Oleh sebab itu, pastikan menjadikannya tujuan berlibur bersama keluarga dengan thekarimun.com.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image