Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Roseina Indah Alwiyani

CEPHALOPODA : SI SQUIDWARD YANG PENUH MANFAAT DI DUNIA NYATA

Edukasi | Thursday, 07 Jul 2022, 13:57 WIB

Squidward Quincy Tentacles atau yang biasa dikenal Squidward merupakan salah satu karakter yang popular dalam animasi “Spongebob Squarepants”. Karakternya yang bertolak belakang dengan Spongebob yang selalu ceria dan mudah tersenyum. Squidward bisa dibilang sebagai tokoh yang dikenal kurang bersemangat, acuh, dan menyebalkan. Karena sifatnya yang demikian, tokoh Squidward kurang disukai.

(Sumber : Kincir.com)

Namun, siapa sangka tokoh Squidward yang menyebalkan tersebut memiliki sejuta manfaat di kehidupan nyata. Si Squidward di dunia nyata ini, dikenal sebagai Gurita yang termasuk dalam kelas Cephalopoda. Gurita memiliki 8 lengan (bukan tentakel) dengan alat pengisap berupa bulatan-bulatan cekung pada lengan yang digunakan untuk bergerak di dasar laut dan menangkap mangsa. Lengan gurita merupakan struktur hidrostat musculer yang hampir seluruhnya terdiri dari lapisan otot tanpa tulang atau tulang rangka luar.

(Sumber : Liputan6.com)

Gurita biasanya memiliki tiga mekanisme pertahanan diri yaitu berupa kantong tinta, kamuflase, dan memutuskan lengan.Gurita memiliki indra perasa yang luar biasa tajam. Alat isap pada lengan gurita dilengkap dengan kemoreseptor sehingga gurita bisa merasakan benda yang disentuh. Lengan-lengan gurita memiliki sensor tekanan untuk mendeteksi lengan mana saja yang sedang dijulurkan, tetapi memiliki kemampuan propioseptif (perasaan posisi dan pergerakan badan) yang sangat rendah. Sensor tekanan tidak cukup memberi informasi ke otak perihal posisi badan dan lengan gurita. Sebagai akibatnya, gurita tidak memiliki kemampuan mengenal benda secara tiga dimensi (stereognosis) dari benda yang disentuhnya. Gurita bisa merasakan variasi tekstur pada benda yang disentuh tetapi tidak bisa memadukan informasi untuk menerka bentuk benda yang sedang disentuh. Squidward atau gurita ini memiliki banyak sekali manfaat di dunia nyata khususnya pada kesehatan, diantaranya yaitu :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Gurita merupakan sumber asam lemak omega-3, sama dengan sumber boga bahari lainnya. Asam lemak omega-3 adalah asam lemak tak jenuh jamak (polyunsaturated) yang memiliki sejumlah manfaat dan sayangnya tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Salah satu manfaat asam lemak omega-3 adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Nutrisi ini dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah plak pada pembuluh darah. Omega-3 juga memiliki agen antiperadangan dan bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) untuk mencegah sejumlah gangguan jantung. Selain itu, kandungan asam amino dan taurin pada daging gurita juga memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah dan mengatur kadar kolesterol.

2. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan taurin pada gurita telah diteliti memiliki sifat antikanker. Taurin juga bekerja sebagai antioksidan dalam melawan peradangan dalam tubuh dan melindungi sel dari berbagai kerusakan yang terkait dengan kanker.

3. Mengurangi risiko penyakit Alzheimer

Manfaat kandungan mineral penting pada gurita, seperti magnesium dan fosfor sangat penting untuk sel-sel otak. Kedua mineral ini dapat membantu meningkatkan fungsi otak, kemampuan memori, perkembangan kognitif, dan proses belajar. Apabila memperoleh cukup asupan mineral penting salah satunya melalui daging gurita, hal ini bisa mengurangi risiko penyakit kognitif degeneratif, seperti demensia dan penyakit Alzheimer pada orang dewasa dan lansia. Sementara itu, menjaga kesehatan sel-sel otak dan fungsinya pada anak-anak juga bisa membantu proses pembelajaran mereka. Salah satunya anak-anak bisa dengan lebih mudah menyerap informasi yang mereka dapatkan.

4. Meredakan Stres dan Depresi

Asam lemak omega-3 pada gurita juga bisa membantu mencegah dan meredakan gejala stres, depresi, serta gangguan kecemasan lainnya. Jenis omega-3 yang memiliki peranan ini adalah eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Selain itu, kandungan vitamin B5 atau asam pantotenat juga dapat mencegah dan membantu mengatasi stres. Hal ini dikarenakan manfaat vitamin B5 dalam gurita bisa mengatur hormon penyebab stres, sekaligus merangsang kebugaran pikiran.

5. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi pada 100 gram daging gurita cukup tinggi, yakni sekitar 5,3 miligram. Manfaat zat besi pada gurita sangat penting untuk pembentukan hemoglobin, yakni protein dalam sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh manusia. Kekurangan hemoglobin dalam darah bisa menimbulkan gangguan yang disebut anemia. Wanita haid yang kehilangan banyak darah tentu memiliki peluang tinggi menderita anemia, sehingga membutuhkan makanan yang kaya akan kandungan zat besi.

Meskipun banyak manfaat dari Si Squidward ini, perlu diingat juga bahwa mengkonsumsi gurita atau apapun yang terlalu berlebihan juga tidak baik. Maka dari itu, mengkonsumsi apapun harus sewajarnya saja ya agar dapat memperoleh manfaatnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image