Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Pewarta Berita Indonesia

6 Tips Sukses Menang Lomba Apapun, Terbukti!

Lomba | Monday, 04 Jul 2022, 09:22 WIB
Ilustrasi menang lomba

Mengikuti sebuah perlombaan pastinya selalu disertai perasaan penuh harap. Terkadang rasa penasaran muncul berikut dengan pertanyaan 'kira-kira saya menang nggak ya?' di benak masing-masing peserta.

Wajar saja, tidak ada motivasi lain yang menjadi alasan seseorang mengikuti perlombaan kalau bukan untuk tujuan juara.

Meski kalimat bijak 'kegagalan adalah awal dari keberhasilan' atau 'kekalahan adalah kemenangan yang tertunda' sudah ditanamkan ke mindset sejak usia dini, namun nyatanya masih banyak orang yang merasa demotivasi setelah diketahui gagal memenangi perlombaan.

Sedikit berlebihan memang, dan tidak semua selalu berakhir dengan perasaan demikian. Namun bisa jadi tak sedikit yang mengalami situasi seperti itu.

Oleh karenanya, alangkah lebih lengkap jika mindset yang juga harus dimiliki setiap peserta lomba yakni memahami makna 'pengalaman adalah guru yang berharga'. Karena berbekal pengalaman itulah seseorang dapat menjadi lebih baik saat mengikuti perlombaan di kemudian hari pada waktu yang berbeda.

Tidak ada salahnya mengetahui cara menang dalam lomba berdasarkan pengalaman orang lain juga. Artinya, tidak harus mengacu pada pengalaman pribadi saja.

Bisa jadi dengan mengkombinasikan pengalaman pribadi dengan pengalaman sukses orang lain itulah yang akhirnya membawa Anda ke jalur juara.

Dikutip dari Sayembara.net, berikut tips menang lomba yang sudah terbukti berhasil. Berikut ini penjelasannya:

1. Yakin dan Optimis Menang

Memiliki sikap yakin dan optimis adalah modal utama saat mengikuti lomba. Namun ingat, jangan sampai rasa percaya diri yang berlebih malah membunuh kesempatan memenangi lomba. Peserta harus bisa menyeimbangkan kemampuan dengan realita bahwa siapa calon lawan yang dihadapinya.

Selagi mengasah kemampuan diri sendiri, pelajari juga titik lemah kompetitor untuk dimaksimalkan pada diri Anda.

2. Tekun Berlatih

Seperti dijelaskan pada poin 1 bahwa percaya diri adalah modal berharga. Namun bukan berarti tanpa diiringi usaha mengembangkan kemampuan.

Karena bisa jadi saat Anda lengah, lawan justru sedang mempersiapkan strategi yang sama untuk mencari titik lemah Anda.

Karenanya, berlatih secara tekun juga harus dilakukan agar siap dengan segala kemungkinan. Itu juga yang akan menjadikan Anda pantas menyandang predikat sebagai juara.

3. Belajar dari Pengalaman Sebelumnya

Jika yang sudah terbiasa mengikuti lomba dan belum juga juara, itulah poin yang harusnya bisa Anda jadikan pelajaran berharga.

Jika pernah mendengar istilah 'kerbau tidak akan pernah terjerembab ke kubangan yang sama' maka harusnya demikian pula dengan Anda.

Perlombaan yang lalu harus bisa dipetik sebagai pembelajaran. Cari tahu kenapa Anda belum juga jadi pemenang saat mengikuti perlombaan. Kemudian eksplorasi kemampuan diri agar lebih maksimal pada perlombaan selanjutnya.

4. Tidak Mudah Menyerah

Seorang yang berjiwa pemenang tidak mudah menyerah hanya karena mengalami satu atau dua kali kegagalan. Predikat juara hanya pantas disematkan kepada mereka yang mau terus berjuang dan mencoba terus dengan usaha.

Sekali saja berpikiran pesimis, maka habislah Anda!

5. Tenang dan Fokus

Mengikuti perlombaan, apapun itu jenisnya, harus disertai persiapan yang matang. Tampil bagus selama mengikuti lomba juga menjadi kunci sukses.

Pada saat mengikuti lomba, libatkan dua perasaan terbaik dari sikap tenang dan fokus menjalani persaingan secara sehat dengan sesama peserta. Dan lagi-lagi, yakinlah Anda akan menang setelah menyalurkan segenap kemampuan terbaik.

6. Berdoa

Terakhir, namun paling utama adalah, BERDOA!

Tidak seorang pun yang berhasil tanpa doa. Ingat, usaha saja tidak cukup jika tanpa berdoa. Jadi, selalu berdoa di setiap suasana ya. Karena dengan berdoa jugalah Anda bisa tampil tenang, fokus, sekaligus memiliki kepercayaan diri.

Itulah tips sukses menang lombayang bisa dicoba. Semoga pada kesempatan mendatang kesuksesan senantiasa menyertai Anda saat mengikuti lomba.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image