Mengenal Penyakit Skabies Pada Marmut

Image
Syafira Annisa
Edukasi | Sunday, 26 Jun 2022, 19:48 WIB

Marmut (Cavia porcellus) merupakan salah satu hewan yang mudah terserang penyakit skabies atau penyakit kulit yang biasa kita kenal sebagai kudis atau gudikan. Skabies merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya infeksi tungau Sarcoptes scabiei. Tungau ini membuat marmut yang diserang merasa sangat gatal sehingga marmut akan menggaruk bagian yang gatal dengan intens yang dapat menyebabkan timbulnya luka pada bagian kulit tersebut. Supriyanto dan Luviana menjelaskan bahwa daerah yang paling sering terinfeksi oleh skabies adalah bagian kepala dan kaki.

Pada umumnya, marmut terserang penyakit skabies karena tertular dari hewan lain yang telah terinfeksi, biasanya kelinci yang tinggal satu kandang dengannya. Selain itu, faktor lain yang dapat menyebabkan marmut terserang penyakit yaitu kurangnya kebersihan kandang atau lingkungan sekitar marmut, situasi yang membuat marmut stres sehingga kekebalan tubuh marmut menurun, kesehatan marmut yang sedang tidak baik, serta usia marmut. Gejala-gejala yang timbul apabila marmut terinfeksi skabies yaitu bagian kulit yang terinfeksi akan menebal dan terkadang berwarna kekuningan dan menjadi lebih keras, marmut sering menggaruk bagian tubuh yang terinfeksi secara intens, banyak rambut yang rontok pada daerah yang terinfeksi, serta penurunan nafsu makan marmut.

Apabila marmut yang dipelihara menunjukkan gejala-gejala terinfeksi skabies, hal yang dapat dilakukan pemilik marmut yaitu segera membawa marmut ke dokter hewan. Nantinya dokter hewan akan mendiagnosis apakah marmut benar terinfeksi skabies atau terserang penyakit lain. Setelah keluar hasil diagnosis bahwa marmut benar terinfeksi skabies, dokter hewan akan menginjeksi marmut dengan obat skabies. Selain itu, dokter hewan akan menyarankan untuk membeli obat yang dapat disemprotkan di bagian yang terinfeksi. Jika memelihara marmut lebih dari satu dan setelah dibawa ke dokter hewan diketahui bahwa yang terinfeksi hanya salah satu atau ada yang tidak terinfeksi, maka segera pisahkan kandang marmut yang terinfeksi dan yang tidak terinfeksi karena penyakit skabies sangatlah mudah menular.

Untuk membunuh seluruh tungau yang ada, perawatan yang dapat dilakukan kepada marmut setelah dibawa ke dokter hewan yaitu mengganti kandang, tempat makan, dan mainan yang sebelumnya digunakan oleh marmut. Apabila tidak ingin mengganti, dapat melakukan sterilisasi kandang dengan membersihkan kandang sebanyak dua kali selama satu minggu dan menyemprotkan disinfektan setelah kandang dibersihkan, serta sterilisasi tempat makan dan mainan marmut dengan mencucinya menggunakan air panas.

Jika rumah pemilik marmut jauh dari dokter hewan, yang dapat dilakukan yaitu memberikan obat oral dan obat semprot. Obat oral untuk skabies yang dapat dibeli (direkomendasikan oleh dokter hewan dekat rumah saya) yaitu Kepromec Oral. Untukobat semprot yang dapat dibeli (juga direkomendasikan oleh dokter hewan dekat rumah saya) yaitu Biodin Natural Antiseptic Spray. Jangan lupa untuk membaca aturan pakai. Apabila setelah pemberian obat oral dan semprot marmut masih memiliki gejala terinfeksi skabies, alternatif yang dapat dilakukan yaitu dengan mengoleskan campuran minyak dan sedikit garam ke bagian yang terinfeksi (kulit yang menebal dan bagian yang rambutnya mengalami kerontokan). Akan tetapi, pemberian campuran minyak dan sedikit garam disarankan agar tidak dioleskan ke bagian yang kulit yang terluka. Setelah pengolesan campuran diharapkan untuk meniup bagian yang dioles agar dapat mengurangi rasa perih yang dirasakan oleh marmut. Jika kondisi marmut semakin parah, segera bawa marmut ke dokter hewan atau dapat melakukan konsultasi online melalui aplikasi seperti halodoc.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Hakikat Kemerdekaan

Image

Meriahkan HDKD ke-77, Kepala Rutan Kelas IIB Majene Gelar Sepeda Santai Bersama Pegawai dan DWP

Image

Abonie Digital Music, Distributor Musik Terkemuka Asal Riau

Image

Kompak! Pegawai Rutan Kudus Ikuti Virtual Run 7,7 KM

Image

Mp3 Juice: Free Download Musik Tanpa Batas 2022 Cepat Sekaligus Mudah

Image

Savefrom Net : Cara Mudah Anti Ribet Download Mp4 Dan Mp3 Youtube Tanpa Aplikasi Plus Gratis Disini

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image