Fungsi dan Manfaat Layanan VPN untuk Akses Internet

Image
Yuliawanti Dewi
Teknologi | Thursday, 23 Jun 2022, 20:28 WIB

Aplikasi dan layanan VPN belakangan banyak dicari. Bukan tanpa alasan, VPN membuat akses internet jauh lebih mudah. Ada banyak manfaat layanan VPN yang bisa Anda dapatkan.

Bagi yang masih awam, VPN merupakan virtual private network, yang merupakan teknologi jaringan komputer pada internet. Ketika menggunakan VPN, peningkatan keamanan jauh lebih terjaga untuk berselancar di internet.

Dengan menggunakan VPN, Anda juga bisa menyembunyikan alamat IP yang dimiliki. Anda pun bisa berselancar dengan lebih mudah tanpa khawatir pelacakan koneksi dapat dilakukan. Saat ini sudah banyak layanan VPN, baik berbayar atau gratis yang bisa Anda gunakan.

Metode Keamanan pada VPN

Sebelum membahas mengenai manfaat layanan VPN, Anda harus tahu bagaimana VPN bekerja. Ada beberapa sistem keamanan yang digunakan oleh VPN sekaligus, diantaranya adalah:

Sistem Firewall

Sistem ini akan menjadi penghalang jaringan internet lokal dengan internet. Dengan memanfaatkan firewall, penentuan port untuk akses internet bisa dilakukan lebih bebas. VPN akan mengatur paket apa saja yang bisa lewat firewall dan protokol apa yang digunakan.

Memanfaatkan Sistem Enkripsi

Selanjutnya adalah pemanfaatan sistem enkripsi untuk VPN. Metode ini akan mengamankan data yang digunakan oleh pengguna, sehingga pelacakan akan sulit untuk diakukan. Ada dua metode enkripsi yang biasa digunakan, yakni model public dan model symmetric.

Adanya Sistem Integritas Data

Agar manfaat layanan VPN bisa dirasakan oleh pengguna, harus ada integritas data yang digunakan. Setiap data yang lewat dalam jaringan public harus dijamin integritas datanya. Dengan begitu pengguna tahu apakah ada perubahan atau tidak pada data tersebut.

Fungsi dan Manfaat Layanan VPN

Penggunaan VPN sudah cukup massif belakangan, karena itulah fungsi dan manfaatnya pasti sudah pernah Anda rasakan. Secara umum, berikut adalah manfaat yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan VPN, diantaranya:

Kecepatan Akses Internet

Layanan VPN bisa mempercepat koneksi dari internet yang Anda gunakan. Biasanya proses unduh menggunakan VPN akan jadi lebih cepat dibandingkan cara manual biasa. Kadang ada file dengan ukuran yang besar, jika kesulitan mengunduhnya Anda bisa manfaatkan VPN.

Manfaat layanan VPN untuk meningkatkan akses internet pengguna bisa terjadi karena layanan ini akan memberikan akses jaringan pribadi. Dengan sedikit pengguna, tentunya jaringan internet dan proses unduh bisa dilakukan lebih mudah.

Menutupi Aktivitas Browsing

Jika Anda membutuhkan privasi ketika berselancar di internet, Anda bisa manfaatkan VPN. Dengan sistem kerjanya, Anda bisa mengakses konten tertentu secara tertutup, sehingga tak bisa ditemukan atau didapatkan dengan mudah oleh orang lain.

Ini tentu akan memudahkan pengguna yang cukup sensitive dengan aktifitasnya di internet. Beberapa VPN bahkan bisa menyembunyikan aktifitas browsing dengan baik, khususnya di bagian history browser.

Mengakses Situs yang Tak Bisa Dibuka

Ada banyak situs yang tak bisa dibuka menggunakan jaringan internet lokal. Situs tersebut bisa saja memang tak terdaftar, mengalami sensor atau menggunakan alamat IP dari luar negeri. Manfaat layanan VPN bisa Anda rasakan dengan kemudahan akses website tersebut.

Pengguna yang ingin mengakses situs yang diblokir hanya perlu memanfaatkan VPN untuk masuk ke dalam website tersebut. Namun pastikan situs yang Anda akses bukanlah situs yang berbahaya, baik untuk device atau untuk diri sendiri.

Transaksi Online yang Lebih Aman

Setiap proses transaksi secara daring tentu memiliki kerawanan untuk dibobol. Guna mengatasinya, Anda bisa manfaatkan VPN untuk mendapatkan transaksi online yang lebih aman. Fitur dan layanan pada VPN akan membuat informasi pribadi Anda bisa tertutup dengan baik.

Pencurian data menggunakan transaksi daring sedang marak belakangan. Untuk itu, Anda bisa manfaat layanan VPN agar transaksi online yang dilakukan lebih aman. Apalagi jika Anda menggunakan layanan internet yang bersifat public.

Cara Memilih VPN yang Baik

Layanan dan fitur VPN yang banyak tentu akan membuat siapa pun tertarik mencobanya. Namun Anda harus memastikan bahwa VPN yang Anda gunakan memang memberikan layanan yang baik dan tak menggunakan data pribadi pengguna.

Anda bisa memanfaatkan cara – cara memilih VPN berikut ini untuk mendapatkan layanan terbaik, diantaranya adalah:

Periksa Perangkat yang Bisa Digunakan

Tiap VPN biasanya memiliki versinya sendiri – sendiri, beberapa layanan hanya bisa digunakan via mobile, yang lain bisa Anda gunakan untuk PC dan mobile sekaligus. Karena itu, sebelum menggunakan VPN, ada baiknya tahu perangkat apa yang bisa digunakan agar manfaat layanan VPN bisa maksimal.

Cari yang Ramah Pengguna

Tips selanjutnya adalah memilih VPN yang ramah dan bisa digunakan oleh pengguna dengan mudah. Pilih yang tak memerlukan banyak syarat untuk menggunakannya, sehingga bisa Anda gunakan tiap hari secara ringkas.

Anda juga bisa membaca artikel lainnya di : vpn.co.id

Lokasi yang Tersedia

Layanan VPN tentu menyediakan lokasi yang berbeda untuk memaksimalkan penggunaannya. Karena itulah, sebaiknya Anda memilih VPN yang menyediakan beragam lokasi untuk digunakan. Sehingga jaringan dan akses internetnya lebih variatif.

Pilih Berbayar atau Gratis

Sekarang sudah banyak manfaat layanan VPN yang bisa Anda gunakan secara gratis. Namun bukan berarti tak ada kelemahan menggunakan layanan VPN gratis. Jika ingin mendapatkan fitur dan manfaat yang maksimal, Anda disarankan menggunakan VPN berbayar.

Menyediakan Layanan yang Baik

Ketika menggunakan layanan VPN berbayar, Anda tentu akan mendapatkan kualitas pelayanan yang lebih baik. Sebagaimana layanan pada bidang jasa, Anda bisa bertanya kepada CS untuk mendapatkan kualitas layanan yang lebih maksimal.

Bahaya Menggunakan VPN

Jika digunakan sesuai dengan kebutuhan, tentu VPN tak akan berbahaya untuk pengguna. Namun pemakaian yang sembarangan akan memberikan dampak buruk, diantaranya adalah:

Serangan Iklan

Konsekuensi menggunakan manfaat layanan VPN gratis biasanya adalah serangan iklan dalam jumlah besar. Ini tentu akan menganggu pengguna yang ingin mendapatkan layanan ekslusif. Namun tak semua VPN menggunakan iklan, jadi Anda harus pertimbangkan dengan baik.

Keamanan Perangkat Terancam

Menggunakan VPN abal – abal tak hanya memberikan dampak buruk untuk pengguna, tapi juga untuk perangkat yang digunakan. Bisa saja perangkat lebih mudah terserang malware karena perangkat IP yang digunakan diretas.

Jaringan Internet Lebih Lambat

Masalah lain yang sering terjadi ketika menggunakan VPN adalah jaringan yang lebih lambat. Ini sering terjadi jika Anda menggunakan VPN gratis, umumnya layanan VPN berbayar sudah menyediakan akses internet yang jauh lebih cepat.

Aktivitas Pengguna yang Terpantau

Ketika menggunakan VPN, manfaat layanan VPN tentu akan Anda dapatkan dengan baik. Namun sebagai gantinya, aktiftas Anda ketika menggunakan layanan tersebut akan lebih mudah terpantau. Sebaiknya gunakan VPN berbayar untuk menghindari masalah ini.

Itulah penjelasan singkat mengenai manfaat layanan VPN berserta cara memilihnya. Menggunakan VPN merupakan kebijakan yang bisa ditentukan oleh pengguna, namun bukan berarti ia bisa dipilih sembarangan. \

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Penggunaan Spanduk

Image

Upayakan Kemaslahatan Umat, Illiza Sa'aduddin Djamal Justru Berujung Digugat

Image

Tingkatkan Kedisiplinan, WBP Lapas Tanjung Raja Kemenkumham Sumsel Aktif Ikuti Pembinaan Pramuka

Image

Kalapas Banyuasin Hadiri Tasyakuran HUT Bhayangkara ke - 76, Wujud Sinergi yang baik

Image

Kuy, Kenali Profil Risiko dalam Investasi dengan Benar

Image

Indikator Penghambat Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia Dalam Perspektif Pembangunan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image