7 Tips Mencari Kerja Agar Tidak Lama Menganggur

Image
gabut banget
Bisnis | Thursday, 21 Oct 2021, 20:16 WIB
sumber d

Gabutbanget.net-Udah bosan menganggur? atau kalian sedang menginginkan sesuatu namun tidak mempunyai cukup uang untuk membelinya? Jika iya, maka solusinya hanya satu, yaitu bekerja. Walau begitu, nyatanya mencari pekerjaan juga lebih sulit, sebab dari tahun ke tahun banyak pula persaingan terhadap calon pencari kerja. Entah itu fresh graduate atau orang yang baru lulus menjalani studi pendidikan dan orang-orang yang memang sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

Oleh karena itu, kiranya memang patut untuk membuat strategi matang-matang agar proses lamaran kerja diterima. Memang tak jarang pula dalam proses menacari pekerjaan hal ini menimbulkan rasa stress akibat pusing terhadap hasil yang tidak sesuai dengan keinginan. Apalagi persaingan melamar pekerjaan yang diidam-idamkan cukup banyak pesaingnya.

Tapi, untuk kalian tak usah risau akan hal itu, Gabutbanget.net akan memberikan tips bagi kalian semua agar bisa secepatnya mendapatkan pekerjaan. Setelah membaca ulasan artikel ini, kalian diharapkan agar mempraktikannya dan tidak kebanyakan mikir, karena bagaimanapun itu kesuksesan akan berpihak kepada orang yang berusaha.

Berikut ini adalah tips yang patut kalian praktikan agar cepat mendapatkan pekerjaan, silakan baca dan simak baik-baik.

1. Pilih kerja sesuai dengan keahlian kalian

Perlu diketahui bahwa mencari kerja sesuai dengan keahlian yang dimiliki menjadi faktor penting. Selain akan membuat kalian betah bekerja pada perusahaan nantinya kalau telah diterima lamarannya, perusahaan ternyata juga sangat membutuhkan orang-orang yang mengerti pada bidang yang akan mereka kerjakan.

Semisal kalian adalah seorang fresh graduate yang hanya memiliki pengetahuan atau ilmu saja dan tidak memiliki pengalaman di bidang yang di incar. Tentu saja itu tak menjadi persoalan. Meski begitu hal-hal tersebut masih bisa dilatih, hanya memperlukan pengembangannya saja sebab sudah memiliki ilmu dasarnya.

Namun akan menjadi persoalan, jika kalian melamar atau memiliki incaran pekerjaan yang tidak mempunyai hubungan pada bidang penguasaan keilmuan yang kalian kuasai. Contohnya saja, lulusan teknik yang melamar pekerjaan menjadi seorang acounting. Jelas saja dua bidang tersebut sangatlah bertolak belakang, tapi akan berbeda cerita kalau telah memiliki pengalaman di bidang tersebut. Meski tidak berasal dari bidang keilmuan yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar, masih terdapat kemungkinan HRD di suatu perusahaan tersebut mempertimbangkan kalian.

2. Perluas jaringan

Faktor kedua ini mampu untuk mendapatkan pekerjaan secara lebih cepat. Bukan menjadi rahasia lagi, kalau memiliki jaringan atau koneksi pertemanan akan memiliki banyak manfaat,salah satu halnya yakni pada bidang pekerjaan.

Mempunyai banyak haringan pertemanan sangat membantu dalam memperoleh informasi lowongan pekerjaan, bahkan tidak jarang jaringan pertemanan yag kalian miiki itu yang akan menawarkan pekerjaan saat mengetahui perusahaannya membutuhkan tenaga kerja tambahan. Selain mendapatkan informasi pekerjaan yang didapat dari jaringan pertemanan, kalian nantinya juga akan memperoleh informasi-informasi lain yang sangat penting lainnya. Seperti besar-kecilnya gaji maupun kelebihan dan kekurangan dari pekerjaan tersebut.

Job fair sendiri merupakan salah satu cara mencari pekerjaan yang masih diminati oleh banyak orang. Menghadiri job fair akan memberikan banya informasi terkait lowongan pekerjaan, umumnya di job fair kalian akan menjumpai puluhan bahkan hingga ratusan pekerjaan yang ditawarkan.

Ketika mengikuti job fair, hendaknya perhatikanlah sedetail mungkin dari pakaian saat kalian kesana hingga memperhatikan penulisan resume terkait biodata singkat kalian. Jangan lupa pula, saat berkunjung di job fair untuk makan terlebih dahulu karena bisa jadi suasana job fair sangat ramai dan berdesakan. Serta alangkah lebih baiknya, cari info terlebih dahulu tentang perusahaan incaran kalian dan bawalah beberapa rangkap CV/resume. Sehingga ketika ada perusahaan yang dirasa cocok, kalian tidak perlu lagi repot mencari tempat print untuk memprint CV/resume kalian.

4. Cari lowongan pekerjaan online

Kalau kalian kurang menyukai mencari pekerjaan di job fair, kalian bisa coba satu cara ini yakni mencari pekerjaan secara online. Selain memperoleh langsung informasi lowongan pekerjan secara online, sekarang ini juga banyak ditemukan berbagai perusahaan yang menerapkan apply CV yang dilakukan secara online.

CV/resume nantinya akan dikirimkan ke alamat email perusahaan yang nantinya akan langsung diseleksi oleh pihak HRD. Dengan adanya sistem rekrutmen online seperti ini, jelas saja akan membawa keuntungan tersendiri. Selain tidak perlu mengikuti job fair atau mungkin mengunjungi antara satu kantor ke kantor lainnya, kalian juga mampu mengirim CV/resume puluhan ke alamat email perusahaan yang mmebutuhkan tenaga kerja dalam kurun waktu yang singkat.

Selain empat cara diatas, kira-kira apa hanya sebatas itu tips ampuh untuk mencari pekerjaan? jawabnya, tidak. Seperti halnya yang telah banyak disinggung diatas, bahwa mencarai pekerjaan, kunci untuk mendapatkannya terletak pada CV/resume kalian, sebab itulah kalian harus memperhatikan hal-hal di bawah ini.

5. Pastikan data di CV sudah lengkap

Sering banyak ditemukan, para pelamar pekerjaan yang cenderung mengabaikan berbagai data yang tercantum di CV/resume tersebut. Banyak dari mereka hanya mencantumkan data umum saja, padahal semakin lengkap dan detail data yang dicantumkan, maka akan semakin terbuka lebar peluang untuk bisa bekerja dan di lirik HRD.

Berikut ini adalah data yang harus benar-benar diperhatikan dan pastikan tercantum di CV/resume, diantaranya;

-Data pribadi; nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat, nomor telephone, serta alamat email

-Pendidikan -Pengalaman kerja

-Keahlian

-Prestasi

-Organisasi yang pernah diikuti

6. Buat CV yang menarik

Hal yang paling mendasar lainnya ketika melamar kerja adalah CV/resume yang menarik. Bukan hanya isinya saja yang diperhatikan oleh suatu perusahaan, namun juga desain dari CV/resume itu sendiri. Hendaknya, kalian harus memperhatikan beberapa poin penting ini, diantaranya;

-Templates CV/resume yang rapi

-Penggunaan huruf

-Pastikan ukuran huruf cukup jelas untuk bisa dibaca

-Gunakan kombinasi warna yang enak dipandang

7. Buat surat lamaran kerja dengan benar

Selain CV/resume, surat lamaran kerja juga menjadi poin penting bagi pelamar kerja agar bisa diterima. Isi dari surat lamaran kerja sendiri terdiri dari pembuka, perkenalan, data diri secara singkat, maksud dan tujuan dibuatnya surat lamaran kerja tersebut, lampiran berkas-berkas pendukung, dan terakhir penutup.

Dalam membuatnya, pastikan jangan sampai terdapat huruf yang salah ketik atau typo. Semakin rapi, lengkap serta jelas surat lamaran kerja yangg kalian buat, maka peluang kalian juga akan sangat terbuka lebar untuk dipilih oleh perusahaan diantara banyaknya pesaing pelamar kerja.

Kalau kalian sudah mempraktikan berbagai tips diatas, sekarang hanya tinggal melakukan tips yang terkahir yakni berdo'a dan persiapkan mental. Berdo'a kepada tuhan untuk diberikan hasil yang terbaik dan siapkan mental untuk menerima pelbagai kemungkian yang akan kalian terima terkait lamaran pekerjaan kalian. Selamat mencoba.

Baca artikel lainnya di gabutbanget.net

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Klik link untuk cek buku-buku keren https://bit.ly/Gabutbanget

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Khikman Faqih, Imam Idaqu di Negeri Ginseng

Image

Model ASSURE dalam Mengembangkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Image

Keunggulan Fitur FF Mod Versi Terupdate

Image

Hukum Tidak Boleh Tebang Pilih

Image

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pemutar Lagu Spotifify Premium Mod

Image

Game Legendaris GTA SA Versi Lite yang Sangat Ringan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image