Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image web seo

Tips Merawat Rantai Motor Agar Tidak Bunyi

Eduaksi | Monday, 06 Jun 2022, 21:33 WIB

Merawat seluruh komponen pada motor merupakan suatu keharusan ya sob, terlebih rantai motor yang merupakan komponen penting penggerak kendaraan. Jika rantai motor bermasalah maka perjalanan dan performa motorpun akan terganggu pastinya. Nah, pernah menemukan kasus rantai motor bunyi krek-krek? Jika iya simak dibawah caranya agar hal tersebut tidak terjadi ya sob.

Rantai merupakan salah satu komponen terpenting dari sebuah sepeda motor. Karena keberadaannya yang signifikan, membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang baik dan hati-hati. Tentunya jika terjadi masalah pada rantai sepeda motor, maka fungsi mesin secara keseluruhan tidak dapat digunakan secara maksimal.

Nah, berikut GPSKU memberikan beberapa tips sederhana untuk menjaga rantai sepeda motor Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan mendengar bunyi "klik" saat digunakan di jalan raya.

5 Tips Agar Rantai Motor Tidak Menimbulkan Bunyi Bising

1. Periksa kondisi rantai dengan teliti

Memeriksa kondisi rantai sepeda motor mutlak diperlukan, terutama untuk sepeda motor yang sering digunakan. Jika dirasa kendor, segera kencangkan rantai sepeda motor agar sesuai dengan tekanan angin ban. Namun, berhati-hatilah agar rantai sepeda motor tidak terlalu kencang. Pengencangan yang berlebihan dapat mengganggu kecepatan mesin dan menyebabkan kecelakaan.

2. Periksa rantai secara fisik hingga detail terkecil.

Melihat lebih dekat mengungkapkan bahwa ada beberapa hal kecil dan halus yang dapat tersangkut di dalam rantai sepeda. Pastikan untuk melepas dan membersihkan rantai sepeda motor kecil yang mungkin tersumbat saat digunakan di jalan.

3. Jika rantai terlalu longgar, potong rantai hanya sekali.

Jika dirasa rantai sepeda motor terlalu kendor, potong rantai secukupnya untuk mengatur arah putaran roda gigi. Jika Anda tidak bisa melakukannya sendiri, lakukan pemotongan agar sepeda Anda tetap dalam kondisi prima di bengkel terpercaya.

Pergi ke bengkel adalah cara yang efektif untuk memperbaiki sepeda motor, terutama jika Anda memiliki pengetahuan yang terbatas tentang mobil.

4. Pembersihan perawatan dengan pelumas rantai khusus

Selain pembersihan langsung rantai sepeda motor, permukaan rantai sepeda motor juga harus dilumasi dengan pelumas rantai khusus. Untuk menjaga keawetan rantai, jangan lumasi permukaan rantai dengan oli bekas. Dengan melumasi rantai sepeda motor dengan pelumas khusus, Anda dapat menjaga kondisi mesin tetap nyaman.

5 Selalu gunakan rantai dan roda gigi pabrikan

asli. Jika sudah parah, segera ganti rantai dan gear motor agar tidak merusak sisa motor. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah menggunakan girboks dan rantai sepeda motor asli untuk memastikan kualitas mesin tetap terjaga. Keselamatan berkendara ditopang oleh kondisi komponen mesin yang anti pemalsuan.

Jadi, selalu dilakukan perawatan rutin perbulannya untuk menghindari kerusakan pada komponen motor sobat ya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image