Mencatat Tumbuh Kembang Anak Di Blog

Image
siti hairul Dayah
Gaya Hidup | Thursday, 02 Jun 2022, 21:05 WIB

Seorang kawan pernah mengeluh. Meskipun pandemi ini sudah berlalu dan anak-anak mulai bersekolah secara normal tetapi jejak-jejak digital saat anak-anak bersekolah online masih tersisa. Foto dan video yang dibuat selama hampir dua tahun ketika anak-anak bersekolah daring menumpuk di hape. Dibuang sayang kalau tetap disimpan membuat memori hape penuh. Saya kemudian mengusulkan kepada teman tersebut. Bagaimana jika foto-foto dan video-video tersebut disimpan di blog sebagai jurnal dan fortopolio anak-anak. Mereka pasti senang nanti ketika sudah dewasa menemukan catatan-catatan saat mereka bersekolah daring tersebut.

Blog saat ini memang menjadi alternatif yang murah untuk menyimpan jurnal dan catatan kegiatan keluarga. Kita bisa memilih yang gratis maupun berbayar. Selain itu sangat mudah digunakan bahkan oleh para ibu sekalipun.

Sebagai mom blogger selama lebih dari sepuluh tahun saya merasakan betul manfaat ngeblog dan menyimpan catatan-catatn tumbuh kembang anak di blog. Ada banyak manfaat dan kemudahan sih menyimpancerita tentang tumbuh kembang anak-anak baik berupa foto dan juga video di blog. Beberapa keuntungannya jika rajin memindahkan catatan tumbuh kembang anak ke blog antara lain:

· Jurnal tersebut tentu saja lebih rapi dan sistematis. Sistem pencariannya juga lebih mudah.

· Performanya juga lebih bagus. Ga gampang hilang atau terselip dibandingkan buku diary biasa atau menyimpannya di sosmed.

· Kapasitas penyimpanannya besar. Berbeda kalau menyimpannya di memory hape atau laptop. Daya simpannya terbatas.

· Anak-anak akan bisa membacanya di saat mereka sudah dewasa.

· Bisa memberi manfaat juga bagi orangtua lain. Terutama informasi penting yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak secara umur. Misalnya: saat saya menulis tentang kehamilan bayi sunsang, memasang IUD di Puskesmas, dll. Itu pembacanya selalu banyak dari waktu ke waktu

Masih banyak manfaat lainnya. Blog bisa juga sebagai wadah curhat meskipun tak harus kita publish dan dibuka untuk publik. Kita bisa menyimpannya saja sebagai draft. Nanti jika pikiran sudah kembali lega kita bisa membaca ulang tulisan di draft tersebut. Dan pasti kita merasa lebih lega dan terhibur. Dan saat ini blog bisa juga sebagai sumber penghasilan lo. Beberapa blogger perempuan yang saya kenal menjadikan blog-nya sebagai sumber penghasilan utama lo. Blog saya di catatansiemakdotcom sendiri sudah menerima tulisan berbayar sejak tahun 2013 lo. Dan sampai sekarang masih bekerjasama dengan banyak brand nasional. Dan bisa dibilang penghasilannya lumayan. Bahkan saya setiap tahun selalu rutin mengeluarkan zakat penghasilan dari blog tersebut.

Meskipun kita bebas menulis apa saja di blog tetap harus diperhatikan betul batasan-batasan penggunaan media blog sebagai salah satu media digital tanpa batas.

Meskipun ada banyak manfaat menulis catatan tumbuh kembang anak tetapi kita tetap harus mengerti batasan mana yang boleh ditulis dan mana yang sebaiknya cukup disimpan untuk pribadi saja. Karena kejahatan dunia maya kan selalu ada banyak jalan. Sikap berhati-hati harus dikedepankan setiap ibu. Nah berikut beberapa hal yang menjadi parameter batasan dalam menulis di blog adalah “ menulis segala sesuatu yang tidak bertentangan dengan kaidah agama dan norma masyarakat secara umum”.

Kalau catatannya berkaitan dengan anak perhatikan betul beberapa kaidah ini

1. Jaga betul hak anak

2. Jangan mengeksploitasi anak. Baik secara fisik maupun secara psikis hanya untuk menampilkannya di blog atau social media.

3. Pilih hanya foto-foto yang ‘aman’ saja untuk ditayangkan di blog kita. Ini sebenarnya juga berlaku di semua social media kita.

Nah untuk pilihan platform blog bisa memilih dari blogspot dari Google, bisa juga wordpress atau Tumbler. Tetapi saat ini saya hanya ngeblog dari platform blogspot. Karena alasan yang lebih simple aja sih dan biaya domain terjangkau tanpa perlu membeli hosting lagi. Buat teman-teman bias memulai dari platform blogspot yang lebih simple dan user friendly.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Mom blogger, praktisi homeschooling mandiri, pegiat parenting,

Mencatat Tumbuh Kembang Anak Di Blog

Muslim Life Fair 2022 Yogyakarta

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Etika Jurnalistik: Pelanggaran Privasi

Image

Plt Kalapas Purwokerto Hadiri Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Administrasi dan Fungsional

Image

Meningkatkan Kualitas Kinerja, Karutan Purworejo Menerima Pengarahan Kakanwil Kemenkumham Jateng

Image

Kanjuruhan 1 Oktober 2022 Tragedi Paling Kelam

Image

PK Bapas Berikan Edukasi Tentang Reintegrasi Sosial Terhadap Penjamin

Image

Tips Ampuh Basmi Kutu Kasur Spring Bed

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image