Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sutanto

Sutanto Penulis Terbaik Lomba Cerpen

Info Terkini | Thursday, 07 Oct 2021, 22:01 WIB

Cerita berjudul “Patriot Pramuka” mengantarkan Guru MTs Negeri 3 Bantul, Drs. Sutanto menjadi penulis terbaik dalam lomba Nulis Cerpen dengan tema Ada Cerita di Pramuka, yang diselenggarakan Omera Pustaka Agustus 2021 lalu.

Sebagai pembina pramuka Sutanto merasa tertantang mengikuti lomba tersebut. Karena banyak pengalaman yang telah dilakoni mulai menjadi anggota pasukan penggalang di SMPN Bambanglipuro, Dewan Ambalan Penenak di SPGN Bantul, Dewan Kerja Cabang (DKC), membina di beberapa Gugus Depan, dan menjadi Andalan di Kwarcab Bantul semuanya menjadi sumber cerita.

Namun dirinya lebih memilih mengambil cerita dengan seting perkemahan penggalang yang sangat banyak hal yang bisa digali untuk menambah agar cerita menarik. Agar cerita lebih hidup dengan membayangkan kisah yang pernah ada dan benar-benar terjadi.

“Untuk tokoh sengaja saya ambil dari pewayangan yaitu Bima dan Sena, agar pembaca memiliki apresiasi terhadap seni tradisi yang adiluhung peninggalan nenek moyang,” imbuh Sutanto.

Direktur Omera Pustaka Rahmi Wijayanti menjelaskan, lomba diikuti 32 peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan diawali dengan pendaftaran 6-20 Agustus 2021, pengumpulan karya 25 Agustus 2021. Sedangkan pengumuman 5 penulis terbaik. Kamis (30/9/2021).

Tentang penentuan penulis terbaik tim Omera membuat beebrapa kriteria yaitu : Teknik dan bahasa yang digunakan rapi, Alur cerita yang disuguhkan menarik, dan Menulis sesuai syarat dan ketentuan.

Setelah melewati seleksi cukup ketat tim menentukan 5 penulis terbaik: 1. Sutanto (Patriot Pramuka), 2. Anggun Setiyani (Sebuah Kenal), 3. Vita Mei (Girl Scout, Story of a Shoulder to Cry On), 4. Adam Burhan (Lima Petualang), 5. Dihyan An-nayyara (Untukmu Jiwa Praja Muda).

Penulis terbaik I akan mendapat piala, buku cetak, namanya tercantun di kover depan buku dan mendapat voucher penerbitan buku solo separo harga.

Alasan diadakannya penulisan cerpen bertema pramuka, menurut Rahmi karena pramuka merupakan salah satu kegiatan berkesan bagi semua orang. Jenis ekstrakurikuler ini memiliki beragam aktifitas seru seperti berkemah, api unggun, belajar baris berbaris, belajar berbagai sandi, dengan diselipi aneka permainan dan nyanyian-nyanyian seru. Hal tersebut yang menjadi alasan Omera Pustaka untuk mengajak masyarakat untuk menuliskan pengalamannya ketika mengikuti kegiatan pramuka.

“Buku antologi kisah pramuka ini diharapkan bisa menjadi bacaan menarik siswa sekolah tentang pramuka, juga memberikan motivasi untuk ikut kegiatan pramuka. Selain itu, buku ini juga menjadi kado dari kami Omera Pustaka dan para penulis kepada seluruh kader pramuka di seluruh indonesia bertepatan dengan hari pramuka,” terang Rahmi.

Rahmi mengaku sangat bersemangat meluncurkan proyek buku antologi kisah pramuka ini, yang dikemas dalam lomba cerpen. Selain menjadi ajang kompetisi sastra, proyek ini juga bertujuan untuk melahirkan buku yang berkisah tentang pramuka. sebuah buku bacaan yang menarik untuk kader pramuka di seluruh Indonesia.

Cover Buku Cerpen Pramuka yang segera terbit

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image