5 Referensi Website untuk Belajar Coding Secara Online

Image
Loker Pintar
Eduaksi | Friday, 27 May 2022, 19:42 WIB

Saat membangun sebuah website, tidak ada salahnya untuk belajar sedikit tentang coding. Meskipun Anda mungkin sudah menginstal WordPress dan tidak merasa terdesak untuk mempelajarinya, ada banyak manfaat yang dapat Anda peroleh dari mempelajarinya.

Selain memberi Anda lebih banyak kendali atas web, Anda tidak perlu menyewa jasa pengembang web untuk meningkatkan situs web. Jika membangun situs web Anda sendiri berdasarkan Web Builder tidak cukup memuaskan, kekuatan pengkodean dapat membantu Anda menggunakan beberapa fitur web dengan lebih bebas seperti yang Anda inginkan.

Jika Anda ingin menguasainya, berikut 5 website yang direkomendasikan untuk belajar pemrograman online.

1. Code Academy

Dengan pengguna yang mencapai lebih dari 24 juta orang, Code Academy layak disebut sebagai salah satu website yang paling banyak digunakan oleh mereka yang ingin belajar coding secara gratis.

Ada berbagai sumber pelatihan online yang dapat Anda optimalkan di atas dasar ini, mulai dari pemrograman untuk pemula hingga materi tentang bahasa pemrograman tingkat lanjut.

Di Code Academy, sistem penilaian dan pendekatan yang diterapkan bisa sangat interaktif. Dalam proses belajar, Anda tidak hanya menerima teori, tetapi dapat langsung mengimplementasikan apa yang telah Anda pelajari.

Konten bertema coding juga memiliki waktu paket hingga 300 juta jam, sehingga cocok untuk coder pemula atau berpengalaman. Bahasa pemrograman yang dapat diteliti dalam bentuk HTML, JavaScript, CSS, jQuery, PHP, Python dan Ruby.

2. BitDegree

Sebagai salah satu basis pembelajaran online berbasis blockchain, BitDegree menawarkan banyak kursus pelatihan gratis. Pelatihan online tidak hanya mencakup pemrograman untuk membuat website, tetapi juga pemrograman untuk pengembangan game. Pelatihan untuk pengembangan game disebut gamification.

Untuk memulai pelatihan di BitDegree, Anda dapat melakukan pra-registrasi dan memilih bahasa yang ingin Anda gunakan. Pilihan bahasa dibagi menjadi Inggris, Spanyol, Portugis, Rusia dan Indonesia. Kemudian Anda dapat memilih keterampilan atau kemampuan mana yang ingin Anda pelajari melalui basis tersebut.

Khusus untuk pemrograman, ada banyak jenis bahasa pemrograman populer yang bisa dieksplorasi melalui BitDegree, antara lain HTML, CSS, PHP, Javascript, SQL, dan JQuery. Dalam proses pembelajaran, BitDegree memberikan mekanisme reward dan achievement ketika pengguna telah berhasil menyelesaikan pelatihan yang telah mereka jalani.

Tidak hanya seberapa besar kesuksesan yang dibawa oleh pendidikan, tetapi akuisisi juga dapat digunakan oleh beberapa perekrut untuk menarik bakat baru yang layak bekerja di perusahaan mereka.

3. Free Code Camp

Berbeda dengan website belajar coding yang hanya menyediakan tutorial, Free Code Camp menawarkan komunikasi dunia nyata dan komunitas untuk belajar bahasa pemrograman secara langsung. Basis ini memungkinkan Anda untuk berpartisipasi aktif dalam berbagai tantangan.

Untuk mengatasi tantangan atau hambatan itu, pangkalan ini memberi Anda akses lanjutan ke panduan dan pelatihan pemrograman. Dengan cara ini Anda dapat dengan mudah menyelesaikannya. Semakin banyak tantangan yang Anda kuasai, semakin banyak pengetahuan tentang pemrograman yang akan Anda kuasai.

4. Codewars

Mirip dengan Free Code Camp, Anda dapat belajar coding atau bahasa pemrograman seperti Java, Javascript, C#, Ruby, Python dan SQL melalui berbagai rintangan atau tantangan. Rintangannya juga cukup unik karena terinspirasi dari pencak silat.

Setiap rintangan di dalamnya disebutkan dalam kata-kata yang berkaitan dengan olahraga judo di Jepang. Ini tentang mempertajam kekuatan dan keahlian beberapa pengguna melalui bahasa pemrograman tertentu.

Tidak berhenti di situ, pada intinya kata tersebut juga dapat digunakan untuk mempelajari kode baru dari awal. Jika Anda berhasil menyelesaikannya, kata berikutnya akan semakin sulit.

Berpindah dari satu kendala ke kendala lainnya, Anda dapat melihat perbandingan solusi yang sudah Anda miliki dan yang dijual oleh pengguna lain. Di sini Anda dapat menjelajahi beberapa teknik lain untuk menangani masalah terkait pembangunan.

5. Code School

Bagi sebagian pemula yang ingin belajar coding online, baik yang gratis maupun yang berbayar, Code School menjadi salah satu pijakannya. Website ini sudah memiliki lebih dari satu juta pengguna dari berbagai belahan dunia.

Selain diatur oleh sistem dan proses penilaian lainnya, pelatihan online Code School ditentukan oleh bahasa pemrograman yang dipilih dan keterampilan yang dikuasai.

Di Code School Anda dapat mempelajari berbagai bahasa pemrograman seperti HTML dan CSS, Javascript, Ruby, Elixir, PHP, Python, iOS dan Database. Dalam proses pembelajaran digunakan 4 jenis pendekatan. Beberapa fase tersebut antara lain:

Memilih trek pelatihan yang langsung disusun dan dibuat oleh beberapa ahli kemudian mendalami materi yang telah disiapkan

Anda dapat langsung menggunakan browser untuk pemrograman dan tidak perlu menunggu lama untuk input

Setiap kali Anda maju dari satu tingkat pelatihan ke tingkat lain, Anda mendapatkan poin untuk setiap materi yang dipelajari

Untuk menghitung keberhasilan pelatihan yang telah selesai, Anda dapat memantau langsung dengan laporan berupa kemajuan dan keuntungan yang Anda terima

Kesimpulan

Di era digital ini, Anda tidak perlu mengambil kursus ilmu komputer untuk belajar coding. Ada beberapa sumber belajar dalam bentuk panduan pemrograman yang cocok untuk beberapa pemula. Sangat bagus untuk bekerja sebagai programmer, membangun web untuk klien atau proyek individu, Anda dapat memanfaatkannya secara gratis. Selamat mengkode!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

7 Cara Menghadapi Interview Kerja

4 Cara Negosiasi Gaji Untuk Fresh Graduate

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Anak Didik Pemasyaratan LPKA Palembang Dilatih Komputer

Image

Pembinaan Latjapura Imigrasi Muara Enim oleh Kepala Divisi Keimigrasian

Image

Salad Sayur : Appetizer yang Kaya Nutrisi

Image

Bidang 3 Fakultas Teknik UMJ adakan penyusunan Program Kerja TA 2022/2023

Image

Idul Adha, Kita Ikut Siapa?

Image

Cara Membersihkan Kaca Helm yang Buram dengan Benar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image