Dampak Dari Adanya PT. Semen Gresik Kepada Masyarakat di Kabupaten Rembang

Image
Halimatus Sakdiyah
Info Terkini | Wednesday, 15 Sep 2021, 09:11 WIB
Cr. liputan6.com

Semen Gresik merupakan perusahaan yang memproduksi semen, berdiri pada 7 Agustus 1957 oleh Presiden Soekarno di Gresik. Di tahun 1991 perusahaan ini tercatat di Bursa Efek Jakarta dan Bursa EfekSurabaya serta menjadi perusahaan BUMN pertama yang go public.

Semen Gresik memiliki 4 pabrik dengan kapasitas terpasang 11 juta ton semen per tahun yang berlokasi di Tuban,Jawa Timur dan Di Rembang, Jawa Tengah. Hadirnya PT. Semen Gresik di Rembang, Jawa Tengah, memberikan banyak perubahan pada masyarakat sekitar perusahaan baik dalam bidang sosial maupun ekonomi. Namun di setiap kegiatan industrialisasi tentu saja akan mengakibatkan berbagai dampak, tidak hanya dampak positif tapi pasti juga terdapat dampak negatif yang dirasakan sebagian masyarakat sekitar, mari kita simak apa saja dampak yang terjadi pada masyarakat.

Hadirnya PT. Semen Gresik atau Semen Indonesia memberikan banyak dampak positif dalam bidang ekonomi yang dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar perusahaan, mereka mengakui bahwa munculnya PT. Semen Gresik di Rembang membantu angka kemiskinan masyarakat sekitar semakin menurun seiring dengan adanya program CSR PT. Semen Gresik yang membantu warga kurang mampu, selain ituPemerintah Kabupaten Rembang hingga desa dan masyarakat ikut merasakan berbagai dampak positif dari efek beroperasinya Semen Gresik, salah satunya bergeraknya sektor formal dan informal sehingga dapat membangkitkan perekonomian daerah.

Kepala Bidang Pendapatan Badan Pengelolaan, Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Rembang, Romli mengapresiasi kehadiran PT Semen Gresik. Sebab Rembang menerima pajak daerah yang cukup besar dari perusahaan ini. Pajak daerah tersebut dapat digunakan sebagai biaya berbagai pembangunan yang ada di Rembang.

Tidak hanya memberikan dampak positif dalam bidang ekonomi saja, dampak positif dalam bidang sosial juga dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar, terlebih pada masa pandemi seperti saat ini, banyak bantuan yang di berikan oleh PT. Semen Gresik (SG) kepada masyarakat seperti menyalurkan bantuan sebanyak 2.000 paket sembako. Dimana paket sembako tersebut berisi beras, telur, minyak goreng, mi instan dan lainnya dan sudah didistribusikan ke ribuan penerima manfaat di berbagai lokasi di Kabupaten Rembang dan Blora. (Rembang, 6 September 2021)

Kepala Unit Komunikasi dan CSR SG Dharma Sunyata mengungkapkan, bantuan pangan non-tunai merupakan tanggung jawab sosial perusahaan sekaligus bentuk kepedulian dalam upaya meringankan beban masyarakat yang mengalami dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Selain itu, menjadi bukti peran serta SG memberikan kontribusi positif menangani pandemi.

Hadirnya PT. Semen Gresik juga memberikan dampak negatif, terlebih pada bidang sosial karena setelah di dirikannya pabrik semen banyak warga yang tidak setuju dan menuai kontroversi yang membuat interaksi sesama warga menjadi berkurang, selain itu munculnya fenomena kecemburuan sosial antar warga yang bisa bekerja di pabrik semen dan tidak bekerjadi pabrik.

Dampak lingkungan juga terjadi di sekitar perusahaan seperti masyarakat merasakan adanya polusi udara dan kebisingan saat pabrik beroperasi akibat debu dari kendaraan operasional proyek dan suara yang ditimbulkan saat pengeboman batu gamping, selain itu debu yang dihasilkan dari pabrik juga dapat mengganggu kesehatan warga sekitar.

Dampaknya juga di rasakan dari segi ekonomi masyarakat. Banyak masyarakat yang mengalami kemajuan maupun kemunduran dalam segi perekonomiannya. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari pada awalnya sebelum di bangun PT. Semen Gresik di Rembang masyarakat bermata pencarian sebagai petani, namun semenjak kemunculan PT. Semen Gresik banyak masyarakat harus beradaptasi dan mengubah mata pencarian mereka terlebih kepada masyarakat yang tinggal sekitar perusahaan. Kemajuan ekonomi masyarakat hanya di alami oleh segelintir para elit dan masyarakat yang mudah beradaptasi kepada sektor industrialisasi, sedangkan masyarakat lain mengalami kemunduran karna banyak dari mereka yang susah beradaptasi dari iklim industrialisasi.

Kehadiran PT. Gresik memang sangat berpengaruh terhadap bidang sosial dan ekonomi masyarakat, dampak positif maupun negatif bagi masyarakat sekitar pun pasti akan selalu ada dalam setiap perusahaan yang didirikan, dan terlepas dari itu semua semoga dampak negatif dari perusahaan terhadap masyarakat sekitar dapat menjadi pembelajaran dan evaluasi ke arah yang lebih baik bagi PT. Semen Gresik untuk kedepannya.

Penulis : Halimatus Sakdiyah, Andini Rahmadina, Sintiya

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

LITERASI DIGITAL DAN PERAN GURU SAAT PANDEMI

Image

Pagebluk dan Wajah Murung Pendidikan Indonesia

Image

Jangan Kau Beri Tahu Kepada Mereka

Image

Andai pandemi pergi, MAHASISWA KESEHATAN MEMBUTUHKAN PRAKTIKUM DI LAPANGAN BUKAN SEKADAR TEORI

Image

Enam Tip Memilih Reksa Dana Terbaik untuk Pemula, Nomor 2 Sering Disepelekan

Image

PANDEMI CORONA MEREDA SEMUA KEMBALI CERIA

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image