Yuk, Lebih Sehat di Masa Pandemi!

Image
Nabila Salma
Gaya Hidup | Tuesday, 22 Jun 2021, 10:43 WIB
Ilustrasi gaya hidup sehat. Foto : pixabay

Pandemi di Indonesia masih belum usai. Hingga saat ini pandemi COVID-19 masih mengalami penambahan kasus. Oleh karena itu, masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak #dirumahsaja.

Pada masa pandemi seperti ini, gaya hidup sehat sangat diperlukan. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, imunitas dan kebugaran tubuh kita akan tetap terjaga. Apabila imunitas tubuh kita stabil, perlindungan tubuh kita akan menjadi lebih kuat terhadap berbagai macam penyakit seperti COVID-19. Menjalani gaya hidup sehat juga baik untuk kesehatan psikis dan jiwa kita. Tidak sulit untuk menerapkan gaya hidup sehat di masa pandemi ini.

Apa saja langkah dalam menerapkan hidup sehat di masa pandemi?

Pertama, selektif dalam memilih makanan merupakan salah satu faktor kesehatan tubuh. Makan makanan yang memiliki gizi seimbang seperti sayur dan buah, gandum utuh yang kaya akan serat, ikan, daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Hindarilah makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan sodium. Selanjutnya, rutin berolahraga akan membuat tubuh menjadi tetap sehat dan bugar. Tubuh yang sehat sangat diperlukan terutama di masa pandemi saat ini. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, kita bisa melakukan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, atau melakukan olahraga yang bersifat individual yang bisa dilakukan di rumah. Dengan minum banyak air putih dapat membuat tubuh menjadi lebih terhidrasi. Air putih juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan membantu meningkatkan metabolisme.

Ilustrasi asupan gula berlebih dapat menyebabkan diabetes. Foto : pixabay

Mengonsumsi gula yang berlebih dapat memicu penyakit diabetes. Jika sudah terkena diabetes maka kita akan lebih beresiko untuk terkena penyakit kronis di kemudian hari. Hindari makanan atau minuman yang mengandung banyak gula dan mulailah menerapkan 2 sendok gula setiap hari. Melakukan pola tidur yang baik sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Tidak hanya menguragi kantuk, ternyata tidur itu baik untuk kesehatan jasmani dan rohani. Kurang tidur dapat menyebabkan resiko penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, hingga diabetes. Sehingga kita harus tidur 7-8 jam untuk menjaga kesehatan. Terakhir, hindarilah stres dengan meluangkan waktu bersama keluarga, melakukan relaksasi, atau melakukan hal-hal yang kita sukai. Cara ini dapat mengurangi stres dan kecemasan di masa pandemi. Kesehatan tidak akan optimal jika kesehatan fisik dan mental tidak seimbang.

Ilustrasi dengan gaya hidup sehat kualitas hidup akan meningkat. Foto : milik sendiri

Dengan menjalankan gaya hidup sehat maka kualitas hidup kita akan meningkat. Marilah kita hidup sehat dengan meningkatkan nutrisi yang kita asup dan lebih produktif di masa pandemi.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Artikel Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pada Suatu Paragraf

Image

Sebagian Manusia adalah Cobaan Bagi Lainnya

Image

Prediksi Lineup Bhayangkara FC vs Persebaya Liga 1 18 Januari 2021

Image

Viral Video Gus Arya Tantang Allah di Mana? Netizen Geram

Image

Profil Haruna Soemitro : Anggota Exco PSSI yang Kontroversial

Image

Apa itu Swagbucks Apk? Situs Nonton Video Dibayar Uang

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image