Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nabila Salma

Yuk, Lebih Sehat di Masa Pandemi!

Gaya Hidup | Tuesday, 22 Jun 2021, 10:43 WIB
Ilustrasi gaya hidup sehat. Foto : pixabay

Pandemi di Indonesia masih belum usai. Hingga saat ini pandemi COVID-19 masih mengalami penambahan kasus. Oleh karena itu, masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak #dirumahsaja.

Pada masa pandemi seperti ini, gaya hidup sehat sangat diperlukan. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, imunitas dan kebugaran tubuh kita akan tetap terjaga. Apabila imunitas tubuh kita stabil, perlindungan tubuh kita akan menjadi lebih kuat terhadap berbagai macam penyakit seperti COVID-19. Menjalani gaya hidup sehat juga baik untuk kesehatan psikis dan jiwa kita. Tidak sulit untuk menerapkan gaya hidup sehat di masa pandemi ini.

Apa saja langkah dalam menerapkan hidup sehat di masa pandemi?

Pertama, selektif dalam memilih makanan merupakan salah satu faktor kesehatan tubuh. Makan makanan yang memiliki gizi seimbang seperti sayur dan buah, gandum utuh yang kaya akan serat, ikan, daging, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Hindarilah makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan sodium. Selanjutnya, rutin berolahraga akan membuat tubuh menjadi tetap sehat dan bugar. Tubuh yang sehat sangat diperlukan terutama di masa pandemi saat ini. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, kita bisa melakukan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki, atau melakukan olahraga yang bersifat individual yang bisa dilakukan di rumah. Dengan minum banyak air putih dapat membuat tubuh menjadi lebih terhidrasi. Air putih juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan membantu meningkatkan metabolisme.

Ilustrasi asupan gula berlebih dapat menyebabkan diabetes. Foto : pixabay

Mengonsumsi gula yang berlebih dapat memicu penyakit diabetes. Jika sudah terkena diabetes maka kita akan lebih beresiko untuk terkena penyakit kronis di kemudian hari. Hindari makanan atau minuman yang mengandung banyak gula dan mulailah menerapkan 2 sendok gula setiap hari. Melakukan pola tidur yang baik sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Tidak hanya menguragi kantuk, ternyata tidur itu baik untuk kesehatan jasmani dan rohani. Kurang tidur dapat menyebabkan resiko penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, hingga diabetes. Sehingga kita harus tidur 7-8 jam untuk menjaga kesehatan. Terakhir, hindarilah stres dengan meluangkan waktu bersama keluarga, melakukan relaksasi, atau melakukan hal-hal yang kita sukai. Cara ini dapat mengurangi stres dan kecemasan di masa pandemi. Kesehatan tidak akan optimal jika kesehatan fisik dan mental tidak seimbang.

Ilustrasi dengan gaya hidup sehat kualitas hidup akan meningkat. Foto : milik sendiri

Dengan menjalankan gaya hidup sehat maka kualitas hidup kita akan meningkat. Marilah kita hidup sehat dengan meningkatkan nutrisi yang kita asup dan lebih produktif di masa pandemi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image