Penjelasan Komponen Kompresor Angin Beserta Fungsinya

Image
adira fairuz
Eduaksi | Wednesday, 27 Apr 2022, 17:45 WIB
Source : Indiamart

Mesin kompresor angin memiliki komponen pelengkap didalamnya yang saling menunjang dalam proses kompresi udara. Sebelum kita memutuskan untuk membeli kompresor angin, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu bagian dari kompresor angin dan masing – masing fungsinya.

Berikut komponen dalam kompresor dan fungsinya kami jabarkan dibawah ini :

1. Drain Valve

Drain valve berperan untuk mengatur tekanan udara pada tabung penyimpanan udara. Biasanya terdapat hasil uap berupa air dalam tabung penyimpanan udara dan kotoran yang ikut masuk ke dalam tabung yang nantinya akan dibuang melalui perangkat ini.

2. Fluid Cooler

Fluid cooler berperan untuk mengatasi overheat pada mesin kompresor agar tidak terjadi ledakan yang dikarenakan suhu panas akibat proses kompresi pada mesin. Selain itu alat ini dapat mendinginkan dan mengontrol suhu tekanan udara pada mesin.

3. Hose

hose merupakan selang khusus yang digunakan untuk mengalirkan udara bertekanan, biasanya selang ini mampu menahan tekanan kuat yang dihasilkan tabung udara. Umumnya alat ini berbahan karet yang memiliki panjang berbeda-beda disesuai dengan kebutuhan dan memiliki bentuk spiral serta ada juga yang lurus.

4. Hose Fitting

Hose fitting adalah alat yang terpasang pada pangkal hose dengan menggunakan pressure tools, alat ini berfungsi menghubungkan hose dengan mesin kompresor. Selain itu hose fitting terhubung dengan ball valve.

hose fitting juga terdapat pada ujung dari hose yang berfungsi menghubungkan hose dengan perangkat lain seperti pada pistol angin maupun alat sejenisnya.

5. Ball Valve

Ball valve berfungsi untuk menghubungkan kompresor dengan hose maupun ball valve, selain itu juga berperan mengatur keluarnya tekanan udara yang dihasilkan tabung angin. Terdapat bola berlubang di tengah ball valve yang dapat berputar dengan menggunakan tuas yang biasanya terletak pada atas ball valve. Udara akan keluar melalui hose jika posisi lubang searah dengan ball valve.

6. Filter

Filter pada kompresor terbagi menjadi dua yaitu filter oli dan filter udara. Filter udara berfungsi menyaring udara yang masuk ke intake kompesor agar tidak tersumbat oleh tumpukan debu dan kotoran. Agar mesin bekerja secara optimal maka filter udara harus selalu di bersihkan secara rutin. Filter oli berfungsi untuk menyaring minyak pelumas yang melumasi bagian mesin agar optimal dalam melakukan kompresi udara.

7. Pressure Gauge

Pressure gauge merupakan alat bantu untuk mengetahui tekanan udara pada tabung penyimpanan udara. Dengan alat ini kita bisa dengan mudah mengetahui berapa tekanannya. Pada pressure gauge terdapat dua macam satuan yaitu psi dan bar serta terdapat angka-angka untuk menunjukan jumlah tekanan dalam tabung penyimpanan.

8. Pressure Switch

Pressure switch berfungsi menghubungkan kompresor dengan pressure gauge dan memutuskan tenaga apabila kapasitas tabung sudah mencapai batas agar tidak terjadi overload pada tabung penyimpanan. Terdapat pengatur tekanan dalam alat ini sehingga pengguna dapat mengatur angka maksimal dan minimal tekanan yang tersimpan dalam tabung. Selain itu alat ini memiliki sensor untuk menyalakan mesin jika tekanan udaranya sudah mencapai titik minimum yang di tentukan.

Sumber Artikel : https://www.teknikmart.com/blog/komponen-dalam-kompresor-angin-dan-fungsinya/

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Karyawan Wajib Menghindari Kesalahan Berikut ini dalam Bekerja

Image

Cara Membuat Mobil Tetap Prima Ketika Ditinggal Lama

Image

Bolehkan Muslimah Memakai Skincare?

Image

Tips Merawat Bodi Motor Biar Tetap Kinclong

Image

Mencerahkan! UMS Lakukan Sosialisasi Penguatan Ormawa di Boyolali

Image

Bawa Misi Majukan Desa dengan Teknologi, PTI UMS Berlayar ke Ujung Indonesia

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image