Kebahagiaan Manusia Menurut Al-Qur'an

Image
Khairunnisa Luthfina W
Agama | Monday, 14 Jun 2021, 22:04 WIB

Kebahagiaan merupakan tujuan hidup bagi seluruh umat manusia. Bahagia tidak bisa diukur dengan jumlah atau panca indera seseorang, melainkan orang tersebutlah yang bisa merasakan kebahagiaan yang ada. Misalnya, kita biasa makan di McD dengan harga yang relatif murah dan menjadi hal yang biasa. Tetapi jika orang lain yang belum pernah merasakan makan enak di tempat seperti itu akan merasa sangat bahagia di dalam hidupnya.

Allah SWT sebagai Tuhan seluruh umat pun sudah menjelaskan dalam Q.S. An-Nahl [16]: 97 yang artinya, "Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik daripada apa yang telah mereka kerjakan".

Ayat tersebut menerangkan "bagi laki-laki maupun perempuan" berarti tidak ada pengecualian bagi Allah untuk memberikan pahala sesuai apa yang mereka kerjakan. Hal ini juga berpengaruh dengan kegiatan yang dilakukan oleh manusia itu sendiri, apakah mereka sudah cukup bersyukur? Atau mereka sudah bisa merasa ikhlas dan tawakal atas apa yang mereka kerjakan? Jika dirasa itu sudah ada di dalam hati manusia tersebut, maka InsyaAllah akan bahagia lahir dan batin. Kemudian, yang utama dan pertama adalah keimanan kita kepada Allah SWT, jika kita meningkatkan keimanan kita maka kita akan merasa dekat dengan-Nya.

Namun, mengapa masih ada orang yang tidak bahagia? Apa masalahnya? Masalahnya ada pada diri masing-masing yang masih menganggap dirinya tidak bisa seperti orang lain, padahal diri kita yang mengetahui apa yang sebenarnya kita sanggupi. Selain itu, kurang mendekatkan diri kepada Allah melalui hal-hal baik seperti membaca Al-Qur'an menjadi salah satu faktor mengapa kita tidak bahagia.

Maka dari itu, berbahagialah karena Allah maka kamu akan mendapatkan keberkahan dari-Nya. Laksanakan kewajiban kita sebagai umat-Nya dan jauhi larangannya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Halo, aku mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta!

Kebahagiaan Manusia Menurut Al-Qur'an

PTN vs PTS? Mengapa?

Artikel Terkait

Artikel Lainnya

Image

160 Santri Rumah Tahfidz Apung Nikmati Lezatnya Daging Qurban di Tengah PPKM

Image

Relawan WIZ Terkesan Ketika Menyalurkan Daging Qurban Untuk Dhuafa Pangandaran

Image

Terima Daging Qurban, Warga Merasa Mendapatkan Rezki yang Tak Terduga

Image

Tips Membeli Hardisk, Perhatikan 5 Spesifikasi Teknis Berikut

Image

Katanya Katanya Katanya

Image

Wisata Kuliner sehat

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image