Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SUGENG

Waspadalah Lagi Musim Rayap! Begini Cara Mengatasinya,...

Eduaksi | Sunday, 13 Jun 2021, 23:25 WIB
Ilustrasi. (Foto: SG)

JAKARTA, RETIZEN - Cara mengatasi rayap dalam rumah menjadi sangat penting dibutuhkan ketika jenis serangga ini sangat menjengkelkan. Oleh karena itu, waspadalah apalagi saat musim rayap seperti saat ini. Apalagi keberadaan rayap tak hanya meresahkan penghuni rumah, tapi juga bisa merusak aset berharga seperti lemari, jedela, maupun kusen-kusen pintu yang terbuat dari kayu.

Nah bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak ulasan berikut ini.

SUHU RUANGAN

Cara membasmi rayap secara alami yang pertama adalah dengan menurunkan suhu ruangan. Rayap tak hanya benci cahaya dan suhu panas, mereka juga ternyata cenderung benci suhu dingin yang ekstrem.

BACA JUGA:Industri Properti Bakal Kembali Bangkit

Untuk mendapatkan manfaatnya hanya perlu meletakkan perabotan kayu yang mungkin dapat diserang rayap di ruangan ber-AC dan atur agar AC tersebut bersuhu rendah. Dengan begitu, rayap kayu atau rayap tembok pasti langsung hilang.

AIR SABUN

Cara membasmi rayap secara alami berikutnya adalah siram dengan air sabun. Obat pembasmi rayap berbahan kimia ini pasti sangat mudah didapatkan dan harganya cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan cairan kimia lainnya.

BACA JUGA: Apartemen di Depok Kurang Diminati Konsumen, Ini Penyebabnya!

Penggunaan cairan sabun berfungsi untuk menganggu aliran pernapasan rayap sehingga mereka pun akan lebih cepat mati. Cara penggunaannya pun cukup mudah karena hanya perlu menyemprotkan cairan sabun ke seluruh perabotan kayu yang diserang oleh rayap.

JEBAKAN KARDUS

Jika ingin mengalahkan musuh, maka ketahuilah informasi mengenai mereka termasuk juga keberadaan mereka. Cara termudah untuk mengetahui keberadaan seseorang adalah dengan cara membuat jebakan kardus. Prosesnya yaitu dengan membasahi kardus dan menyimpannya di tempat yang dicurigai sebagai sarang rayap.

BACA JUGA; Mengenal Surat Roya dan Fungsinya!

Jika memang ada rayap kayu atau rayap tanah, maka dalam waktu singkat rayap-rayap tersebut akan berpindah ke dalam kardus lembap tersebut. Selanjutnya, tinggal pilih cara basmi rayap yang tepat untuk memusnahkan mereka.

KAPUR BARUS

Cara membasmi rayap berikutnya adalah dengan menggunakan kapur barus. Zat kimia ini terbukti mampu dijadikan obat anti rayap yang ampuh dan juga efektif. Pasalnya kandungan naftalena di dalam kapur barus bersifat mematikan bagi serangga kecil seperti rayap. Tak hanya itu, membasmi rayap dengan kapur barus di rumah juga sekaligus dapat membasmi berbagai serangga lainnya seperti kecoak dan juga semut. Cukup letakkan segenggam kapur barus di dalam perabotan kayu di rumah, dijamin rayap pun enggan mendekatinya. Cara membasmi rayap dengan kapur baru ini menurut sebagian orang paling efektif dibanding cara lainnya.

GENANGAN AIR

Jika ingin membasmi rayap dengan efektif, jangan lupa juga untuk menghilangkan genangan air yang ada di halaman. Meskipun terdengar tak berkaitan, namun justru ini adalah cara membasmi rayap di tembok yang sangat ampuh. Pasalnya, genangan air merupakan salah satu tempat kesukaan rayap untuk berkembang biak. Maka dari itu harus memastikan area di sekeliling rumah tak terdapat genangan air baik di halaman ataupun di selokan. Apalagi ketika musim hujan tiba, harus lebih rajin dan teliti dalam membersihkan genangan air.

VENTILASI UDARA

Cara membasmi rayap selanjutnya adalah dengan melebarkan ventilasi. Cara ini juga bisa jadi bukti bahwa sebetulnya tak melulu harus menggunakan obat pembasmi rayap agar seluruh rayap musnah. Sebab jika kondisi ruangan lembap maka akan sangat mudah bagi rayap untuk berkembang biak dan menetap. Maka dari itu ventilasi udara yang cukup dapat membuat cahaya dan udara masuk ke dalam ruangan secara menyeluruh dan membuat kondisi ruangan jadi lebih bersih dan anti lembap.

ASAM BORAT

Selain melebarkan ventilasi, kamu juga bisa menggunakan asam borat sebagai cara membasmi rayap berikutnya. Asam borat sendiri merupakan bahan kimia untuk pembasmi rayap. Cara menggunakannya sangat mudah hanya perlu semprotkan atau lapisi berbagai perabotan di rumah dengan cairan tersebut. Agar hasilnya lebih maksimal, obat kimia anti rayap ini bisa gunakan berulang kali hingga rayap pun enggan untuk memakan perabotan tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image