Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image IPM Jawa Barat

Membumikan Spirit Dakwah Digital PW IPM Jawa Barat selenggarakan Pelatihan DaI Pelajar Muhammadiyah

Eduaksi | Monday, 25 Apr 2022, 12:53 WIB

Dalam kehidupan, telah mengalami banyak sekali perubahan bahkan dunia sekarang terbagi menjadi dua, yakni dunia nyata dan dunia maya. Di dunia nyata dimana kita harus menyadari tugas utama ialah untuk beribadah kepada Allah Swt., menegakkan kebenaran dan memerangi keburukan.

Tidaklah berbeda, dunia maya pun harus dijadikan tempat yang mampu memberikan manfaat bukan malah menjerumuskan dalam keburukan.

Hal tersebut menjadi fokus Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) Jawa Barat dalam kegiatan Pelatihan Da’i Pelajar Muhammadiyah (PDPM) diselenggarakan pada Sabtu (23/04/22) hingga Senin (24/04/22). Dilaksanakan di Dua tempat, pertama kajian intensif bersama Ayahanda Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat di Gedung Dakwah Muhammadiyah, kedua berlangsung di Studio tvMu Bandung di Jalan Banteng Dalam No. 6 Kecamatan Lengkong Kota Bandung. Kegiatan resmi PDPM PW IPM Jawa Barat dibuka pada Ahad (24/04/22) di Studio tvMu Bandung secara hybrid dan diliput langsung oleh tvMu Bandung.

Acara tersebut Dihadiri oleh Ayahanda Sekretaris Umum PWM Jabar, Drs. H. Jamjam. Pelatihan ini bertujuan agar peserta dapat menimba Ilmu sehingga memperdalam pengetahuan, mengetahui cara terbaik dalam berdakwah dan bekal bagi kader penerus agar tidak menjadi Generasi yang lemah terutama secara Ilmu Agama. Dalam sambutan, M. Rofid Izzuddin, Ketua Umum PW IPM Jawa Barat berkata, “Pelatihan ini adalah bekal bagi kader, pengingat para Pimpinan akan ontologi berdirinya IPM, maka dari itu seluruh anggota IPM disamping mahir beretorika, mampu menstabilkan organisasi, namun tidak melupakan tugas utamanya yakni mampu berdakwah amar ma’ruf nahi munkar di kalangan Pelajar.”

Pelatihan ini adalah wujud aksi dalam kesepekatan yang dibuat dalam Konferensi Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Jawa Barat di Garut pada Maret lalu, dengan tema “Membumikan Spirit Dakwah Digital, Wujudkan Pelajar Digdaya”, selain Pelajar memiliki Ilmu Pengetahuan Agama yang dalam namun juga bisa berdakwah melalui plaform digital serta dapat menekan informasi yang tidak baik dilaju lalu lintas informasi di dunia maya.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Ayahanda PWM Jawa Barat. Sekretaris Umum PWM Jawa Barat Drs. H. Jamjam Erawan sangat berterimakasih atas diselenggarakannya kegiatan PDPM tersebut.

"Kegiatan ini menggambarkan Karakter Muhammadiyah sebagai organisasi gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar dan gerakan tajdid, “Saya senang Ananda sekalian menyelenggarakan PDPM, pelatihan seperti ini adalah kegiatan yang mampu memberikan perubahan yang besar di sepuluh tahun kedepan, dimana saya bisa menjadi seperti ini salah satunya dengan berproses dan mengikuti kegiatan PDPM saat saya masih di pesantren dulu” ujar Sekretaris Umum PWM Jawa Barat. Selanjutnya beliau berharap kaum muda dapat berkolaborasi dalam berdakwah dengan teknologi, selain itu juga berpesan agar menjadi sukses dalam berdakwah, Pelajar harus banyak membaca terutama membaca Al-Qur’an serta menulis karena dakwah tidak hanya melalui lisan, tapi juga tulisan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image