Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kemis Pahing

Hadits Tentang Amalan Pahala Di Bulan Ramadhan Berlipat Ganda

Agama | Tuesday, 12 Apr 2022, 01:07 WIB

Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa bagi setiap orang percaya. Karena di dalamnya penuh dengan keutamaan, Allah SWT menjanjikan kepada siapa saja yang mengharap keutamaan di bulan yang mulia ini.

Rasulullah SAW dalam sebuah hadits menjelaskan bahwa di bulan puasa Ramadhan, setiap kebaikan seorang mukmin akan dilipatgandakan 10 hingga 700 kali lipat dibandingkan bulan-bulan biasa selain Ramadhan, sebagaimana dijelaskan dalam hadits di bawah ini:

Baca Selengkapnya...

عن أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ ، الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعمِائَة ضِعْفٍ ، قَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ : إِلَّا الصَّوْمَ ، فَإِنَّهُ لِي ، وَأَنَا أَجْزِي بِهِ ، يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي . ( رواه مسلم)

Dari Abi Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW bersabda: 'Setiap perbuatan anak Adam akan dilipatgandakan, satu kebaikan dikalikan 10 hingga 700 kali. Allah 'Azza wa Jalla berfirman: 'Kecuali puasa karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang membalasnya. Dia meninggalkan kesenangannya dan makan karena Aku” (HR Muslim).

Tidak hanya itu, di bulan ini terdapat malam dimana jika seseorang menjalani malam dengan berbagai kebaikan, maka pahala kebaikannya lebih baik dari ibadah seribu bulan (kurang lebih 83 tahun), yaitu malam lailatul qadar (QS Al -Qadr [97]:1- 5).

Dengan keutamaan yang sangat agung ini, lalu amalan apa yang bisa kita lakukan selama Bulan Puasa Ramadhan agar bisa mencapai keutamaan tersebut.

Berikut amalan-amalan sehari-hari yang bisa kita lakukan untuk mencapai keutamaan di bulan puasa Ramadhan, dengan cara ini juga bisa dijadikan sebagai proses pembiasaan pada bulan-bulan selain Ramadhan.

1. DOA adalah amalan yang sangat istimewa dan utama dalam mencapai keutamaan di bulan puasa Ramadhan yang dimulai ini. Sholat di awal waktu, serta memperbanyak sholat sunat lainnya adalah amalan sehari-hari yang sangat penting yang bisa kita lakukan di bulan ini, terutama sholat sunat tarawih.

Rasulullah (saw) menjelaskan pentingnya shalat tarawih sunat dalam sebuah hadits:

امَ انَ انًا احتسابًا لهُ ا (رواه الألباني، النسائي)

Barangsiapa menegakkan shalat (shalat tarawih) atas dasar iman dan harapan kepada Allah SWT. maka dosa masa lalunya akan diampuni (HR. Imam al Albani dalam Shohih Nasa'i)

2. Amalan lain yang bisa dilakukan untuk mencapai keutamaan bulan Ramadhan ini adalah membaca dan mempelajari Al Qur'an.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari, dijelaskan bahwa Malaikat Jibril bertemu dengan Rasulullah (SAW) setiap malam di bulan Ramadhan dan mengajarinya membaca Al-Qur'an.

ان ل ليه السلام لقاه ل ليلة ان ارسه القرآن (رواه البخاري)

Jibril alaihissalam datang kepadanya setiap malam dari bulan Ramadhan, dia membacakan Al-Qur'an untuknya Shallallaahu 'alaihi wasallam. (HR.Bukhori).

Baca juga: Meditasi Pagi: Jangan 'Tertipu' dengan Rerumputan Hijau Tetangga

Bulan Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Al-Qur'an, sehingga dapat dijadikan momentum bagi kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Al-Qur'an, diantaranya dengan memperbanyak bacaan dan mempelajari isinya, sehingga Al-Qur'an dapat mewarnai hati kita, akhirnya mampu membentuk pola pikir dan pola perilaku yang sesuai dengan tuntunan. Allah SWT dan Rasul-Nya. Semoga bermanfaat.***

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image