Ini Sanksi Jika Tidak Bayar Pajak

Image
Redaksi Online
Bisnis | Sunday, 27 Mar 2022, 17:35 WIB

Membayar pajak merupakan salah satu hal yang sangat penting di lakukan oleh kalangan masyarakat. Bahkan, untuk hal satu ini tidak bisa dianggap remeh begitu saja. Pada saat tidak membayar pajak anda akan diberikan sanksi. Maka dari, itu usahakan sebagai masyarakat yang baik tertib dalam membayar pajak.

Sanksi Tidak Membayar Pajak

Ketika membicarakan mengenai sanksi tentunya sudah tidak tabu lagi. Bahkan banyak tindakan yang membutuhkan sanksi ketika tidak dilakukan sesuai dengan aturan.

Sama hal nya ketika anda sudah menjadi salah satu orang wajib pajak. Maka, mau tidak mau anda harus menyisihkan pendapatan anda untuk membayar pajak.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara jelas mengenai apa saja sanksi ketika tidak melakukan pembayaran pajak:

1. Sanksi Tidak Membayar Pajak Secara Administrasi

Menurut undang-undang yang ada di Indonesia ketika ada masyarakat tidak membayar pajak maka akan di kenakan sanksi administrasi dan pidana. Untuk sanksi administrasi berbentuk seperti denda, bunga dan bahkan bisa menaikkan jumlah nominal pajak.

Sedangkan, untuk sanksi denda biasanya dilakukan ketika ada masyarakat yang melakukan pelanggaran pada saat telat membayar. Tentunya setiap nominal denda yang diberikan berbeda-beda dan tergantung dari lama keterlambatan.

Untuk sanksi bunga akan dikenakan kepada masyarakat yang telah terlambat membayar dengan jumlah kurang lebih 2%. Selain itu, sanksi menaikkan pajak ketika tidak membayar bisa mencapai 50% dari jumlah awal.

2. Sanksi Tidak Membayar Pajak Secara Pidana

Sanksi pidana ini tidak bisa dikenakan kepada sembarangan orang. Hanya orang-orang yang mempunyai kasus pidana berat saja yang mendapatkan sanksi tersebut.

Ketika ada seseorang yang banyak mengakibatkan kerugian negara maka akan mendapatkan sanksi berupa pidana. Untuk sanksi pidana yang didapatkan kurang lebih enam tahun dengan maksimal tidak membayar pajak sebanyak empat kali berturut-turut.

Maka dari itu, untuk menghindari agar tidak terkena sanksi ada satu cara yaitu dengan membayar pajak. Pada saat anda membayarkan secara tertib tidak akan menyusahkan di kemudian hari.

Sekian, penjelasan mengenai sanksi tidak membayar pajak. Semoga dapat berguna.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Karyawan Wajib Menghindari Kesalahan Berikut ini dalam Bekerja

Image

Cara Membuat Mobil Tetap Prima Ketika Ditinggal Lama

Image

Bolehkan Muslimah Memakai Skincare?

Image

Tips Merawat Bodi Motor Biar Tetap Kinclong

Image

Mencerahkan! UMS Lakukan Sosialisasi Penguatan Ormawa di Boyolali

Image

Bawa Misi Majukan Desa dengan Teknologi, PTI UMS Berlayar ke Ujung Indonesia

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image