Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SONY

Mengenal Waste Water Treatment

Gaya Hidup | Tuesday, 22 Mar 2022, 11:40 WIB

Wastewater treatment plant adalah proses mengubah air limbah menjadi air yang dapat dibuang kembali ke lingkungan. Menurut EPA A.S., salah satu bentuk pengendalian polusi yang paling umum di A.S. adalah pengolahan air limbah. Tujuan dari pengolahan air limbah adalah untuk mempercepat proses alami dimana air dimurnikan.

Apa tujuan dari Waste Water Treatment

Jika air limbah tidak diolah dengan benar, maka lingkungan dan kesehatan manusia dapat terkena dampak negatif, lapor Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). Di antara dampaknya adalah membahayakan populasi ikan dan satwa liar, penipisan oksigen, penutupan pantai, dan pembatasan lain pada penggunaan air rekreasi.

Tujuan dari pengolahan air limbah adalah untuk menghilangkan padatan tersuspensi sebanyak mungkin sebelum limbah dibuang kembali ke lingkungan, menurut USGS.

Bagaimana air limbah terbentuk?

Air limbah terbentuk dari beberapa kegiatan seperti mandi, mencuci, menggunakan jamban, dan limpasan air hujan. Air limbah pada dasarnya adalah air bekas pakai yang telah dipengaruhi oleh penggunaan domestik, industri dan komersial.

Beberapa air limbah lebih sulit untuk diolah daripada yang lain, menurut Yayasan Air Minum Aman. Misalnya, air limbah industri bisa sulit untuk diolah karena sifatnya yang berkekuatan tinggi. Air limbah domestik, di sisi lain, relatif mudah diolah.

Ada beberapa cara di mana air limbah dapat menyebabkan masalah pencemaran, mengingat tidak semua limbah masuk ke instalasi pengolahan air limbah.

Banyak kota, terutama yang lebih tua, telah menggabungkan sistem saluran pembuangan (CSS), yang mengumpulkan limbah domestik di pipa yang sama dengan limpasan air hujan. Setelah hujan deras, selokan jalanan mengumpulkan lebih banyak air daripada yang dapat ditampung oleh sistem dan kombinasi air limbah mentah dan air hujan dilepaskan langsung ke lingkungan, atau dikenal sebagai limpahan saluran pembuangan gabungan (CSO).

Bagaimana proses Waste Water Treatment?

Pada tahap primer, padatan dibiarkan mengendap dan dikeluarkan dari air limbah. Tahap sekunder menggunakan proses biologis untuk lebih memurnikan air limbah. Kadang-kadang tahapan ini digabungkan, dan dalam beberapa kasus pengobatan tambahan seperti pengolahan tersier dan pengolahan air limbah lanjutan digunakan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image