Mengenal Waste Water Treatment

Image
SONY
Gaya Hidup | Tuesday, 22 Mar 2022, 11:40 WIB

Wastewater treatment plant adalah proses mengubah air limbah menjadi air yang dapat dibuang kembali ke lingkungan. Menurut EPA A.S., salah satu bentuk pengendalian polusi yang paling umum di A.S. adalah pengolahan air limbah. Tujuan dari pengolahan air limbah adalah untuk mempercepat proses alami dimana air dimurnikan.

Apa tujuan dari Waste Water Treatment

Jika air limbah tidak diolah dengan benar, maka lingkungan dan kesehatan manusia dapat terkena dampak negatif, lapor Survei Geologi Amerika Serikat (USGS). Di antara dampaknya adalah membahayakan populasi ikan dan satwa liar, penipisan oksigen, penutupan pantai, dan pembatasan lain pada penggunaan air rekreasi.

Tujuan dari pengolahan air limbah adalah untuk menghilangkan padatan tersuspensi sebanyak mungkin sebelum limbah dibuang kembali ke lingkungan, menurut USGS.

Bagaimana air limbah terbentuk?

Air limbah terbentuk dari beberapa kegiatan seperti mandi, mencuci, menggunakan jamban, dan limpasan air hujan. Air limbah pada dasarnya adalah air bekas pakai yang telah dipengaruhi oleh penggunaan domestik, industri dan komersial.

Beberapa air limbah lebih sulit untuk diolah daripada yang lain, menurut Yayasan Air Minum Aman. Misalnya, air limbah industri bisa sulit untuk diolah karena sifatnya yang berkekuatan tinggi. Air limbah domestik, di sisi lain, relatif mudah diolah.

Ada beberapa cara di mana air limbah dapat menyebabkan masalah pencemaran, mengingat tidak semua limbah masuk ke instalasi pengolahan air limbah.

Banyak kota, terutama yang lebih tua, telah menggabungkan sistem saluran pembuangan (CSS), yang mengumpulkan limbah domestik di pipa yang sama dengan limpasan air hujan. Setelah hujan deras, selokan jalanan mengumpulkan lebih banyak air daripada yang dapat ditampung oleh sistem dan kombinasi air limbah mentah dan air hujan dilepaskan langsung ke lingkungan, atau dikenal sebagai limpahan saluran pembuangan gabungan (CSO).

Bagaimana proses Waste Water Treatment?

Pada tahap primer, padatan dibiarkan mengendap dan dikeluarkan dari air limbah. Tahap sekunder menggunakan proses biologis untuk lebih memurnikan air limbah. Kadang-kadang tahapan ini digabungkan, dan dalam beberapa kasus pengobatan tambahan seperti pengolahan tersier dan pengolahan air limbah lanjutan digunakan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Menulis untuk menyalurkan ide yang ada di kepala, semoga bermanfaat untuk semua.

Manfaat pengolahan air limbah

Pentingnya Produk Promosi dan Hadiah

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Sidang P20 Wujudkan Langkah Konkret Atasi Krisis Pangan dengan Pembangunan Berkelanjutan

Image

Tragedi Kanjuruhan Nestapa Sepak Bola Indonesia

Image

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Warga Binaan Lapas Purwokerto Ikuti Rangkaian Kegiatan Berikut

Image

Peserta Enrekang Cross Country Diprediksi Capai 1000 Goweser

Image

Peluang Ekonomi Mikro Menggunakan Bahan Yang Tidak Terpakai

Image

MENCARI GORESAN INDAH DI ATAS KANVAS KEKALAHAN

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image