Keseriusan Kemhan dan TNI Kelola Keuangan Negara Patut Dicontoh, Buktinya Raih WTP

Image
AL Debaran
Info Terkini | Friday, 01 Jul 2022, 06:11 WIB

Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) laporan keuangan 2021 diberikan bagi lembaga dan pemerintah yang sukses mengelola keuangan.

Artinya keseriusan dan kerja sama di lembaga seperti Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan TNI benar-benar mengelola keuangan.

Wajar BPK RI memberikan predikat WTP kepada kedua lembaga negara ini. Keuangan dari negara dikelola dengan baik.

Hasil raihan itu kata Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto, predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pada tahun 2021 yang diraih oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan hasil kerja keras bersama.

“Ini merupakan hasil kerja keras kita bersama,” kata Prabowo saat menerima hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kemhan dan TNI Tahun 2021 dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI, di Kantor Kemhan RI Jakarta, Selasa, sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis.

Laporan hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kemhan Tahun 2021 pada Unit Organisasi (UO) Kemhan, UO Mabes TNI, UO TNI AL, UO TNI AD, dan UO TNI AU dari BPK RI itu, disampaikan secara langsung oleh Anggota I BPK RI Nyoman Adhi Suryadnyana kepada Prabowo.

Kemudian, Prabowo mengucapkan terima kasih atas bimbingan dari tim BPK RI kepada Kemhan dan TNI selama ini sehingga mereka mampu meraih predikat opini WTP untuk keempat kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2018.

Lebih lanjut, dia menyampaikan capaian tersebut akan berdampak pada peningkatan pelaksanaan tugas Kemhan dan TNI ke depannya, bahkan menjadi landasan bagi dua instansi tersebut dalam meningkatkan kepercayaan publik terhadap pengelolaan keuangan di lingkungan mereka.

“Hasil dari capaian ini tentu akan sangat berdampak pada peningkatan pelaksanaan tugas ke depan. Hal tersebut juga dapat dikatakan sebagai sesuatu yang merupakan minimum requirement (persyaratan minimum), yang merupakan landasan dalam meningkatkan kepercayaan publik terhadap pengelolaan keuangan di lingkungan Kemhan dan TNI,” ucap dia.

Prabowo juga mengapresiasi kepala satuan kerja (kasatker) dan kepala subsatuan kerja (kasubsatker), baik di lingkungan Kemhan maupun TNI, yang telah bekerja keras menyajikan laporan keuangan yang berkualitas serta sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Kemudian, dia mengimbau mereka agar menindaklanjuti rekomendasi dalam setiap laporan hasil pemeriksaan dari BPK RI.

Di samping itu, Prabowo juga mengimbau seluruh jajaran Kemhan dan TNI agar senantiasa memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada dan senantiasa berupaya untuk meningkatkan kinerja serta kepatuhan terhadap ketentuan yang telah ditetapkan dalam melaksanakan setiap kegiatan.

Dalam kesempatan tersebut, turut pula hadir Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dan Wakil Kepala Staf Anglatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI Agustinus Gustaf Brugman.

Sumber: Antaranews.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Konten Writer

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Sidang P20 Wujudkan Langkah Konkret Atasi Krisis Pangan dengan Pembangunan Berkelanjutan

Image

Tragedi Kanjuruhan Nestapa Sepak Bola Indonesia

Image

Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Warga Binaan Lapas Purwokerto Ikuti Rangkaian Kegiatan Berikut

Image

Peserta Enrekang Cross Country Diprediksi Capai 1000 Goweser

Image

Peluang Ekonomi Mikro Menggunakan Bahan Yang Tidak Terpakai

Image

MENCARI GORESAN INDAH DI ATAS KANVAS KEKALAHAN

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image