Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Santuso

Keseruan Tadzkirah Isra' Mi'raj 1443H di STP Khoiru Ummah Jember

Eduaksi | Monday, 21 Mar 2022, 05:32 WIB
Ustadz Santuso tengah memberikan pengarahan terkait lomba jelajah medan kepada para santriwan

PKBM STP Khoiru Ummah Jember setingkat SMP mengadakan acara Tadzkirah Isra’ Mi’raj 1443 H. Acara ini dilaksanakan pada Selasa (1/3/2022) di masing-masing asrama, baik asrama santriwan maupun santriwati. Acara ini mengusung tema Sholat, Ibadah Istimewaku.

Ketua panitia acara, Nurul Mauludiyah menuturkan, ada dua tujuan dari acara ini. “Pertama, untuk memperingati isra' mi'raj yakni perjalanan Nabi Muhammad dari masjidil haram ke masjidil aqsha dan naiknya Beliau ke sidratul muntaha. Kedua, untuk mengingat kembali esensi dari perjalanan tersebut yakni disyariatkannya shalat,” katanya.

Acara ini tidak hanya diisi dengan tausyiah seputar isra’ mi’raj, tapi juga diisi dengan berbagai perlombaan sehingga semakin meriah. Lomba yang pertama ialah lomba adzan bagi santri laki-laki dan lomba shalat bagi santri perempuan. Lomba yang kedua ialah lomba jelajah medan dan yang ketiga adalah lomba kaligrafi.

Special performance dari para santriwan live on Zoom Meeting

Serangkaian lomba tersebut dilaksanakan secara individual. Khusus untuk lomba jelajah medan dilaksanakan secara berkelompok. Pada saat lomba jelajah medan, para santri dibagi menjadi beberapa tim yang masing-masing terdiri atas 3 santri. Setiap tim mendapat teka-teki yang berbeda. Mereka harus bisa menemukan tiga pos yang sesuai dengan petunjuk dalam teki-teki tersebut. Jika berhasil menemukan pos pertama, mereka akan mendapati satu lembar kertas berisi kuis seputar isra’ mi’raj dan satu lembar kertas lagi berisi teka-teki untuk menuju ke pos berikutnya. Tim yang berhasil menemukan ketiga pos tersebut paling cepat dan bisa menjawab semua kuis dengan benar, maka merekalah pemenangnya.

Setiap lomba punya tujuan masing-masing. Nurul, guru aqidah di STP Khoiru Ummah Jember itu mengatakan, lomba adzan bertujuan untuk melatih anak-anak agar bisa adzan dengan irama sehingga para santri bisa semakin bersemangat dalam melakukan panggilan shalat. Untuk lomba jelajah medan, tujuannya adalah melatih kemampuan siswa dalam menjawab teka-teki dan kuis seputar isra’ mi’raj. Untuk lomba kaligrafi adalah untuk melatih kreatifitas siswa dalam menulis kaligrafi bertema isra' mi'raj.

Setelah lomba berakhir, acara selanjutnya ialah special performance dari para santri. Acara special performance ini juga disiarkan secara daring via Zoom Meeting sehingga orang tua santri juga bisa menyaksikannya. Dalam acara ini, ada santri yang bertugas menjadi pembawa acara, pembaca tilawah Al-Qur’an, story telling, dan nasyid. Pada akhir acara, ada sesi pengumuman pemenang lomba dan pemberian hadiah.

“Semoga dari tadzkirah isra’ mi’raj ini, para santri bisa semakin bersemangat dalam melaksanakan syari'at shalat,” tutur Nurul. [akbar/sts]

***

Muhammad Choirul Akbar

Santriwan Kelas 7

Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Jember

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image