Keseruan Tadzkirah Isra' Mi'raj 1443H di STP Khoiru Ummah Jember

Image
Santuso
Eduaksi | Monday, 21 Mar 2022, 05:32 WIB
Ustadz Santuso tengah memberikan pengarahan terkait lomba jelajah medan kepada para santriwan

PKBM STP Khoiru Ummah Jember setingkat SMP mengadakan acara Tadzkirah Isra’ Mi’raj 1443 H. Acara ini dilaksanakan pada Selasa (1/3/2022) di masing-masing asrama, baik asrama santriwan maupun santriwati. Acara ini mengusung tema Sholat, Ibadah Istimewaku.

Ketua panitia acara, Nurul Mauludiyah menuturkan, ada dua tujuan dari acara ini. “Pertama, untuk memperingati isra' mi'raj yakni perjalanan Nabi Muhammad dari masjidil haram ke masjidil aqsha dan naiknya Beliau ke sidratul muntaha. Kedua, untuk mengingat kembali esensi dari perjalanan tersebut yakni disyariatkannya shalat,” katanya.

Acara ini tidak hanya diisi dengan tausyiah seputar isra’ mi’raj, tapi juga diisi dengan berbagai perlombaan sehingga semakin meriah. Lomba yang pertama ialah lomba adzan bagi santri laki-laki dan lomba shalat bagi santri perempuan. Lomba yang kedua ialah lomba jelajah medan dan yang ketiga adalah lomba kaligrafi.

Special performance dari para santriwan live on Zoom Meeting

Serangkaian lomba tersebut dilaksanakan secara individual. Khusus untuk lomba jelajah medan dilaksanakan secara berkelompok. Pada saat lomba jelajah medan, para santri dibagi menjadi beberapa tim yang masing-masing terdiri atas 3 santri. Setiap tim mendapat teka-teki yang berbeda. Mereka harus bisa menemukan tiga pos yang sesuai dengan petunjuk dalam teki-teki tersebut. Jika berhasil menemukan pos pertama, mereka akan mendapati satu lembar kertas berisi kuis seputar isra’ mi’raj dan satu lembar kertas lagi berisi teka-teki untuk menuju ke pos berikutnya. Tim yang berhasil menemukan ketiga pos tersebut paling cepat dan bisa menjawab semua kuis dengan benar, maka merekalah pemenangnya.

Setiap lomba punya tujuan masing-masing. Nurul, guru aqidah di STP Khoiru Ummah Jember itu mengatakan, lomba adzan bertujuan untuk melatih anak-anak agar bisa adzan dengan irama sehingga para santri bisa semakin bersemangat dalam melakukan panggilan shalat. Untuk lomba jelajah medan, tujuannya adalah melatih kemampuan siswa dalam menjawab teka-teki dan kuis seputar isra’ mi’raj. Untuk lomba kaligrafi adalah untuk melatih kreatifitas siswa dalam menulis kaligrafi bertema isra' mi'raj.

Setelah lomba berakhir, acara selanjutnya ialah special performance dari para santri. Acara special performance ini juga disiarkan secara daring via Zoom Meeting sehingga orang tua santri juga bisa menyaksikannya. Dalam acara ini, ada santri yang bertugas menjadi pembawa acara, pembaca tilawah Al-Qur’an, story telling, dan nasyid. Pada akhir acara, ada sesi pengumuman pemenang lomba dan pemberian hadiah.

“Semoga dari tadzkirah isra’ mi’raj ini, para santri bisa semakin bersemangat dalam melaksanakan syari'at shalat,” tutur Nurul. [akbar/sts]

***

Muhammad Choirul Akbar

Santriwan Kelas 7

Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Jember

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

teacher, reporter, blogger - mistertuso.my.id

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Cara Menghubungi Customer Service Sicepat

Image

Unik! HUT RI, Ada Lomba Makan Krupuk Berkecap di Rutan Banjarnegara

Image

Upaya Meningkatkan Produktivitas pada Anak di Desa Cihanjuang dengan Melakukan Sosialisasi Pentingn

Image

BKSDA Aceh Selamatkan Harimau Sumatera yang Terkena Jerat di Gayo Lues

Image

Mp3 Juice: Website Converter Mp4 To Mp3 Cuma Dengan 6 Langkah Saja

Image

Download Musik Keinginanmu Di Mp3 Juice 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image