Soft Skill For Our Teenager

Image
Rizka Agustin, S. Pd
Eduaksi | Sunday, 20 Mar 2022, 22:59 WIB

Bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian. Kalimat pamukas yang diberikan oleh pendahulu kita. Kalimat yang sarat makna dan menjadi penawar ketika keluh kesah hampir keluar dibibir. Wajar kok, keluh kesah terucap begitu saja ketika berada dalam masalah dan disituasi sulit. Justrus menjadi pertanyaan, apakah dengan mengeluh ada jalan keluar? Justru itu, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan sebelum mengeluh, apalagi mengeluhnya ke manusia lain. Hehehehe. Eits beda cerita kalau kita mengeluh dan mengadu kepada Allah sang maha pencipta. Pastinya semua masalah akan ada jalan keluarnya sesuai petunjuk dari -Nya.

Back to our topic!!

Nah pada masa remaja, kerap sekali muncul beragam masalah kehidupan yang sedikit demi sedikit sudah mulai dirasakan. Kalau kata orang sih proses dewasa ya melewati beberapa masalah dengan menyelesaikan permasalahan yang sedang dirasakan (problem solving)

Problem solving apa sih?

Problem solving adalah kemampuan untuk menyelesaikan segala masalah dan mengambil keputusan yang sulit. Problem solving sendiri merupakan salah satu soft skill yang harus dimiliki oleh setiap orang karena sangat berguna. Kemampuan problem solving sendiri sangat erat kaitannya dengan kemampuan lain yang melibatkan kemampuan menganalisa, mengeluarkan ide, mendengar, pengambilan keputusan, komunikasi, hingga kerja sama tim. Ketika kita memiliki beberapa kemampuan seperti yang telah disebutkan di atas, maka untuk menemukan solusi dari masalah yang sedang dihadapi akan lebih mudah, jadi wajar kategori dewasanya seseorang ditentukan oleh kemampuannya mengelola emosi dan mampu menyelesaikan problema yang sedang dirasakan.

Nah untuk para remaja dalam mengasah skill problem solving kita perlu mengubah pola pikir yang dulunya sangat menghindar menyelesaikan masalah, menjadi pribadi yang mampu mengatasi masalah dan berani mengahadapi masalah. Selanjutnya lakukan identifikasi masalah atau mencari akar permasalahan yang sedang dihadapi misal sedang bermasalah dengan teman di sekolah, setelah di identifikasi dan dicari tahu akar munculnya masalah karena kesalapahaman. Jadi setelah identifikasi permasalahan maka akan sangat mudah untuk menyelesaikannya. Lalu ada hal yang paling penting juga agar problem solving berjalan lancar adalah mengasah kemampuan berkomunikasi, dengan komunikasi seseorang akan dengan mudah menemukan solusi dan menyelesaikan kesalapahaman.

Adapun hikmah dari sebuah permasalahan yang sedang dirasakan adalah membentuk karakter yang tangguh, berani, tegas serta akan terasa lebih mudah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Guru Bimbingan konseling

Soft Skill For Our Teenager

Teh Telang Menjaga Stamina Berpuasa

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

WBP Dukung LPP Palembang Dalam Desk Evaluasi Pembangunan ZI Menuju WBK

Image

Manantang Adrenalin, Karo BMN Beserta Jajaran Trabas Hutan Menuju Pantai Bantar Panjang

Image

Kecengengan, Kerapuhan dan Ketololan Hidup

Image

Komitmen Kemudahan Pelayanan, Imigrasi Semarang Tanda Tangani Nota Kesepahaman MPP Kota Semarang

Image

Kemenkumham Jateng Sosialisasikan RKUHP melalui Siaran Televisi

Image

Kuliah Tamu Pendidikan Fisika Unismuh Bahas Pentingnya Keterampilan Abad 21

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image