Manfaat dan Fakta Menarik Kayu Ulin, Apa Saja? Berikut Penjelasannya

Image
Hana Anandirra
Info Terkini | Thursday, 17 Mar 2022, 16:21 WIB

Kayu ulin yang berasal dari daerah Kalimantan, memiliki banyak khasiat bagi kehidupan, baik dari segi kesehatan maupun buat hiasan rumah. Nyaris segala bagian dari tumbuhan ini, mulai kayu, daun, sampai bijinya, dapat Kamu pakai.

Fakta Menarik Tentang Kayu Ulin

Apa sesungguhnya kayu ulin itu? Kemudian, semacam apa wujudnya? Nah, daripada penasaran, ikuti sebagian kenyataan yang butuh Kamu tahu dari kayu khas Indonesia ini.

1. Bisa berkembang besar serta tinggi

Tumbuhan yang menemukan julukan kayu besi ini dapat berkembang dengan sangat besar serta besar, loh. Tingginya bisa mencapai 50 m dengan lingkar kayu ataupun diameter sampai 1, 2 m. Besar sekali, bukan?

2. Tahan terhadap pergantian temperatur serta kelembaban

Kayu dari tumbuhan besi memiliki ketahanan yang baik terhadap pergantian temperatur serta kelembaban. Tidak heran jika diucap selaku “kayu besi”.

Tidak hanya itu, kayu ulin pula tidak gampang lapuk serta anti-rayap sehingga sangat sesuai bila dijadikan selaku bahan furniture.

3. Mempunyai tekstur yang keras serta kasar

Tidak hanya tahan pada pergantian temperatur, sang kayu besi ini pula teruji sangat kuat, loh. Tekstur kayu yang agresif serta sangat keras, menjadikan kayu ini selaku bahan pondasi rumah.

Buat memotong kayu ini, Kamu butuh memakai gergaji serta memakannya. Inilah yang suka membuat untuk para pekerja bangunan lumayan susah memakai kayu ulin. Tidak hanya itu, memotong kayu ulin pula memakan waktu yang sangat lama.

4. Aroma kayu sangat khas

Tiap tipe kayu umumnya mempunyai aromanya sendiri yang sangat khas. Begitu pula dengan kayu ulin ini, yang aromanya dapat memberikan ketenangan.

Aroma kayu ulin ini jadi nilai tambah dikala digunakan selaku bahan bangunan serta furniture. Terlebih, Kamu dapat bawa atmosfer alam ke rumah dengan mencium wanginya.

Khasiat Kayu Ulin

Tidak hanya memiliki batang yang kuat serta aroma yang wangi, sang kayu besi ini pula mempunyai segudang khasiat, loh. Apa

1. Selaku bahan bangunan serta furniture

Mau memakai perabot berbahan kayu di rumah? Kayu ulin bisa jadi opsi yang pas.

Semacam yang sudah dipaparkan tadinya, kayu ulin mempunyai ketahanan yang besar terhadap pergantian temperatur serta tekstur yang sangat kokoh. Terlebih, kayu ini pula tidak gampang lapuk serta anti rayap. Jadi, Kamu dapat memakainya dalam waktu lama.

Tidak heran apabila kayu ulin kerap jadi opsi buat bahan pondasi rumah serta perabot, semacam sofa, meja, lemari, sampai arca pajangan.

2. Bisa jadi bahan kerajinan

Kayu ulin pula bisa jadi kerajinan tangan yang mempesona, semacam gelang, kalung, hiasan bilik, pajangan, serta ukiran kayu.

Tekstur serta goresan pada kayu ini pula dinilai lebih eksotis sehingga hendak jadi pernak-pernik yang sangat menawan. Tidak hanya itu, aroma pada kayu ulin jadi nilai tambah buat hasil kerajinan tangan.

3. Baik buat kesehatan

Tidak cuma kayunya yang berguna, namun daun, biji, serta buah ulin pula sangat bermanfaat untuk kesehatan badan. Kamu bisa menghaluskan bijinya buat jadi obat bengkak ataupun selaku semir rambut gelap.

Sebaliknya daunnya, mempunyai isi banyak zat fitokimia serta berperan selaku nutrien, yang kerap terdapat di sayur-mayur serta buah.

Kamu pula dapat menggunakan buah ulin buat menghindari tumbuhnya uban, ketombe, sampai rambut rontok. Triknya, dengan mengeringkan serta dicampur dengan minyak kelapa.

Ekstrak kayunya pula nyatanya bisa menghindari munculnya sakit gigi, loh.

4. Mempertahankan ekologi alam

Nyatanya, tumbuhan ulin jadi tempat kesukaan untuk orang utan, loh. Orang utan hendak bersarang di situ serta memakan daun muda dari tumbuhan ulin.

Tidak hanya itu, tumbuhan ini pula bisa melindungi kesuburan tanah, dan menahan air supaya tidak terjalin erosi maupun longsor di wilayah tersebut.

Selain bisa dijadikan sebagai bahan rumah kayu, ternyata kayu ulin juga memiliki fakta dan manfaat yang beragam, itulah pembahasan kali ini mengenai kayu ulin semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini keluarga, teman dan orang terdekat kamu.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Terbuka Nusakambangan Fasilitasi Petugas PK Bapas Nusakambangan Lakukan Litmas

Image

Laporan Observasi dan Wawancara Kewirausahaan Mahasiswi KPI 3 STIBA Ar Raayah

Image

Hilangkan Trauma, Bagpsikologi Biro SDM Polda Kalteng Dampingi Anak Korban Pembunuhan

Image

Apel Kendaraan Dinas Upaya Tertib Administrasi BMN

Image

Lapas Karanganyar Fasilitasi Penandatanganan Pengajuan Grasi bagi 2 Warga Binaan Terorisme

Image

Wajah di Dalam Cermin

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image