Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Andi Pras

Negara Bebas Pajak Untuk Crypto

Bisnis | Saturday, 12 Mar 2022, 06:43 WIB

Gerak mata uang kripto memang tengah menjadi sorotan. Meski masih memantik pro dan kontra, namun tak sedikit perusahaan-perusahaan global mulai menjejalkan mata uang kripto menjadi salah satu portfolionya.

Kebijakan pajak atas keuntungan dari mata uang kripto seperti bitcoin tidak selalu sama di berbagai negara dan berbeda juga dengan forex. Beberapa negara justru mengambil pendekatan liberal, yaitu tidak mengenakan pajak atas keuntungan dari bitcoin.

Setidaknya terdapat sembilan negara yang memilih untuk tak mengenakan pajak penghasilan atas kepemilikan atau keuntungan yang didapat dari mata uang kripto seperti bitcoin dengan alasannya masing-masing.

1. Amerika Serikat

Mengutip dari laman bitcoin.com, volume perdagangan Bitcoin di Amerika Serikat sangat tinggi dan negara ini dinilai selalu paling terdepan dalam hal uang digital.

2. Jepang

Survei Statistik yang dilakukan ke 1.000 responden di Jepang mencatat kepemilikan cryptocurrency ada sekitar 4 persen.

3. Denmark

Meski belum mengakui mata uang resmi, transaksi menggunakan Bitcoin bisa digunakan di Denmark. Negara ini disebut sebagai rumah cryptocurrency bagi 1,37 persen penggunanya.

4. Korea Selatan

Di Korea Selatan, persentase pengguna bitcoin sekitar 3,79 persen dan layanan tersebut dinilai aman. Bahkan, siapapun dapat dengan mudah membeli bitcoin lewat gerai 7-Eleven.

5. Finlandia

Finlandia membebaskan pajak untuk pembelian bitcoin. Data Triple A mencatat, persentase kepemilikan kripto Finlandia 1,88 persen dan sudah difasilitasi mesin ATM untuk transaksinya.

6. Nigeria

Mengutip dari bitcoin.com, pertumbuhan pengguna uang kripto di Nigeria sangat tinggi dan meningkat di kalangan anak muda sebesar 211 persen.

7. Cina

Bitcoin di Cina sudah dilegalkan dan bisa digunakan untuk transaksi resmi. Bitcoin ini memiliki identitas sebagai properti virtual yang sedang dikembangkan dari sisi teknologi serta riset.

8. Ukraina

Situs bitcoin.com menyebut di kuartal I, Ukraina mengalami peningkatan pertumbuhan pengguna Bitcoin sebesar 86,68 persen.

9. Rusia

Negara yang melegalkan Bitcoin selanjutnya Rusia, melalui Lembaga Pajak Federal. Di negara ini Bitcoin bisa digunakan untuk transaksi dengan persentase kepemilikan uang kripto 11,91 persen.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image