Teknik dan Taktik Pembelajaran Dalam Proses Pendidikan
Info Terkini | 2025-12-14 11:54:02Ditulis oleh : Aldi Firmansyah, Dziya Saffana, Siti Nurhatati
Tangerang Selatan - Mengajar di zaman sekarang tidak hanya sekadar memindahkan informasi dari papan tulis ke dalam buku catatan siswa. Pendidikan di Indonesia saat ini menggunakan kurikulum merdeka, yang Dimana pada kurikulum merdeka menerapkan pendekatan deep learning (pembelajaran mendalam). Deep learning menekankan pembelajaran berpusat pada siswa, guru disini berperan dalam mengarahkan siswa agar bisa ikut andil dalam proses pembelajaran dikelas. Oleh karena itu, guru harus mampu menerapkan Teknik dan taktik dalam pembelajaran agar proses belajar mengajar di kelas bisa berjalan sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Di sinilah guru perlu lebih dari sekadar metode, diperlukan juga imajinasi, kemampuan beradaptasi, dan cara mengajar yang bisa menyesuaikan kondisi nyata di kelas. Dua aspek yang biasa dijadikan "senjata utama" oleh pengajar adalah Teknik dan taktik. Teknik mendukung pengajar dalam menerapkan metode dengan baik, sedangkan taktik merupakan tindakan cepat dan langsung ketika keadaan di kelas beralih. Keduanya saling mendukung dan membuat pengalaman belajar menjadi lebih menarik, lebih seru, serta lebih sesuai dengan kebutuhan para siswa.
Pengertian Teknik Dan Teknik Pembelajaran
Teknik pembelajaran adalah cara khusus yang digunakan guru untuk mengoperasikan suatu metode. Satu metode bisa diterapkan dengan berbagai teknik, tergantung bagaimana karakter kelasnya.
Kalau teknik itu “caranya”, maka Taktik pembelajaran adalah gaya pribadi guru ketika menerapkan teknik tersebut. Taktik sangat dipengaruhi oleh kepekaan guru dalam membaca suasana kelas.
Contoh Teknik Pembelajaran
Pada metode ceramah, guru bisa memakai teknik visual seperti slide, gambar, atau peta konsep untuk menjaga perhatian siswa. Pada kelas kecil, ceramah bisa dibuat lebih interaktif melalui tanya jawab langsung. Dalam metode diskusi, guru dapat menggunakan teknik kelompok kecil supaya setiap siswa merasa punya ruang untuk bicara. Menurut para ahli (Gerlach & Ely dalam Hamzah B. Uno, 2009), teknik merupakan alat untuk mengarahkan aktivitas belajar agar tujuan pembelajaran tercapai. Artinya, teknik membantu guru memilih cara paling tepat agar materi tidak hanya disampaikan, tetapi juga dipahami.
Contoh Taktik Pembelajaran
Ketika siswa mulai terlihat ngantuk, guru menyelipkan cerita singkat yang relevan. Saat diskusi terasa jalan di tempat, guru mengubah pertanyaan menjadi lebih sederhana atau lebih menantang. Ketika siswa mulai terlihat bosan dan jenuh dalam pembelajaran, guru dapat memberikan ice breaking sebagai peregangan agar siswa Kembali bersemangat untuk belajar. Dalam olahraga, taktik disebut sebagai siasat untuk mencapai hasil terbaik dalam situasi yang berubah-ubah (Lhaksana, 2011). Dalam pembelajaran pun sama taktik adalah kemampuan guru beradaptasi cepat, mengambil keputusan spontan, dan menjaga kelas tetap kondusif. Taktik bersifat fleksibel dan unik. Dua guru bisa pakai metode dan teknik yang sama, tapi suasana kelasnya berbeda karena taktik yang mereka gunakan tidak pernah benar-benar sama.
Analisis Masalah Teknik Dan Taktik Pembelajaran
Menurut kami metode yang paling efisien adalah yang mampu menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Metode pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa, seperti diskusi dan kerja kelompok, lebih efektif karena siswa tidak hanya menerima informasi, tetapi juga terlibat langsung dalam proses belajar. Keberhasilan metode tersebut didukung oleh penggunaan teknik yang sesuai, misalnya tanya jawab dan pemberian tugas.
Selain itu, taktik pembelajaran mencerminkan cara guru menyampaikan materi. Taktik yang menarik, komunikatif, dan bervariasi dapat meningkatkan minat belajar siswa. Oleh karena itu, pembelajaran akan menjadi lebih efisien apabila guru mampu memadukan metode, teknik, dan taktik secara tepat dan kreatif.
Refrensi
Halik, A. (2013). Teknik Pembelajaran dan Implementasinya.
Hamzah B. Uno. (2009). Model Pembelajaran.
Kurniawan, et al. (2025). Pendekatan Taktik dalam Permainan.
Lhaksana, A. (2011). Dasar-dasar Taktik dalam Olahraga.
Sudrajat, A. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran.
Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1).
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.
