Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Robin sah

Ini Madrid bung, Bukan...!!

Olahraga | Thursday, 10 Mar 2022, 07:04 WIB

Harapan madridista (julukan fans Real Madrid) agar tim kesayangannya melenggang ke babak perempat final tetiba terasa buyar, berkat gol yang dicetak K. Mbappe pada menit ke 39.

Musuh yang dilawan PSG bung. Bukan sembarang lawan. Klub bertabur bintang. Tak usah disebut satu per satu. Yang merasa gibol, mestilah tahu. Aoalagi yang berasa dari Argentina itu.

Namun, Madrid tetap lah Madrid; raja liga Champions. Pemilik tropi terbanyak sepanjang pagelaran kompetisi di benua biru ini.

Soal mental tak ada yang meragukan. Pun demikian pengalaman. Mereka sangat kenyang akan hal itu.

Maka, ketika mereka kudu mwnghadapi kondisi terdesak, seperti dini hari (waktu Indonesia), mereka tak mudah kalut. Tak putus asa. Padahal, beban yang dihadapi berlipat-lipat. Bermain di kandang sendiri. Kudu mwngejar ketertinggalkan pada pertemuan pertama. Eh,malah lebih dahulu kebobolan.

Tapi, kembali. Ini Real Madrid bung. Bukan sembarang tim sepak bula.

Maka lihatlah apa yang terjadi dalam kurun waktu 20 menit di babak kedua. Yaitu; antara menit ke 60-80, Real Madrid mampu membalikkan keadaan.

Dimulai gol pada menit 61 oleh Banzema, berlanjut ke menit 76 dan 78 oleh striker gaek asal Prancis itu.

Akhirnya; Real Madrid pun keluar sebagai pemenang.

Modal Menang

Selain kualitas pemain yang memang nomor wahid. Ditambah lagi semangat juang mereka yang tiada habis. Dua hal lain yang nampaknya tak bisa dinafikan dari keberhasilan Mardid ini dalam memenangi duel.

Apa itu?

Seperti yang telah terurai di atas; pengalaman dan mental juara.

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Bagitu kata pepatah. Tapi kalau tidak ditopang oleh mental juara, maka akan mudah kalah. Tak siap menghadapi tekanan. Apalagi dalam kondisi genting dan terdesak.

Padahal, justru di saat situasi seperti inilah, mental baja sangat dibutuhkan, supaya siap tempur sampai 'tetes darah penghabisan.' Atau bahasa agamanya; takdir ditetapkan.

Bagi para pejuang, dalam segala dimensi, kita bisa mengambil hikmah dari mana saja, sebagai bekal hidup untuk lebih sukses. Termasuk dari kisah superior Madrid kali ini.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image