Pengaruh Positif Digitalisasi Ekonomi di Sektor Perbankan
Teknologi | 2025-08-18 23:19:55
Oleh Faiz Arvin Sakti
Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan di berbagai sektor, termasuk sektor perbankan. Digital perbankan atau digital banking merupakan inovasi layanan keuangan yang memanfaatkan teknologi digital untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi, mengakses informasi, dan mengelola keuangan tanpa batasan ruang dan waktu. Transformasi ini tidak hanya mengubah cara bank berinteraksi dengan nasabah, tetapi juga menghadirkan efisiensi operasional, keamanan transaksi yang lebih baik, serta peluang pengembangan produk dan layanan yang lebih variatif.
Digitalisasi telah membawa perubahan besar dalam peningkatan layanan perbankan syariah. Teknologi seperti mobile-banking, internet banking, dan aplikasi digital memungkinkan nasabah untuk mengakses layanan keuangan kapan saja dan dimana saja (Husain et al., 2024). Contohnya, Bank Syariah Indonesia (BSI) berhasil meningkatkan efisiensi operasional dan memperluas jangkauan layanannya melalui platform digital. Manfaat utama yang ditemukan antara lain:
A. Efisiensi Operasional : Proses transaksi seperti transfer antarbank, pembayaran tagihan, dan pembelian produk keuangan kini dapat dilakukan dalam hitungan detik, mengurangi biaya operasional dan waktu layanan (Citra et al., 2024)
B. Inklusi Keuangan : Penetrasi layanan digital memungkinkan Masyarakat di daerah terpencil yang sebelumnya sulit dijangkau untuk mengakses layanan keuangan berbasis syariah. Hal ini mendukung agenda nasional dalam meningkatkan inklusi keuangan (Anggraini et al., 2024).
C. Pengalaman Nasabah yang Lebih Baik : Teknologi big data dan analitik memungkinkan bank untuk menawarkan produk yang lebih personal dan relevan dengan kebutuhan nasabah, seperti pembiayaan berbasis akad tertentu atau program Tabungan digital (Sri Anugrah, n.d.).
Adapun data analisis dikutip dari jurnal Muchamad Nurdin Ali et al., dengan judul Tantangan dan Peluang Perbankan Digital: Studi Kasus Inovasi Keuangan dan Transformasi Perbankan, tertulis beberapa keunggulan dan peluang terkait digitalisasi perbankan ;
Keunggulan
A. Layanan perbankan tidak perlu datang ke Kantor Cabang atau tatap muka dengan petugas bank. Proses administrasi layanan perbankan sepenuhnya dapat dilakukan melalui daring tanpa perlu mengunjungi kantor bank.
B. Tidak perlu mengeluarkan biaya Salinan dokumen fisik untuk administrasi. Semua penangananya secara online, sehingga tak ada biaya operasional bank pada umumnya.
C. Otorisasi transaksi perbankan digital menerapkan prinsip self-service sehingga dapat dilakukan secara daring tanpa melalui teller atau customer service yang biasanya ditemui di kantor cabang bank.
Peluang
A. Perkembangan teknologi yang selalu berkembang. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Indonesia tahun 2022 mencapai 5,85% meningkat dibandingkan dengan 2021 sebesar 5,76% pada skala 0−10.
B. Masyarakat beralih ke virtual. Bila dibandingkan dengan survei periode sebelumnya, tingkat penetrasi internet Indonesia pada tahun 2024 mengalami peningkatan sebesar 1,17% dibandingkan pada 2021-2022 yang sebesar 77,02%.
C. Masyarakat lebih tertarik Metode transaksi cashless. Berdasarkan studi Consumer Payment Attitudes sejak 2018 yang dirilis Visa, mayoritas masyarakat Indonesia terlihat semakin siap untuk menghadapi masa depan tanpa tunai. Hal ini terlihat 8 dari 10 (82%) responden menyatakan bahwa mereka telah mencoba bepergian tanpa tunai. Penelitian tersebut menunjukkan jumlah konsumen yang sadar digital semakin bertumbuh di Asia Tenggara dan mengindikasikan masyarakat Indonesia semakin menyadari manfaat pembayaran non-tunai dan tertarik dengan masa depan tanpa tunai.
Sumber :
Wahyuni, D, A., Awaliyah, P., Aryani, R., Sani, C. (2025). Peran Digitalisasi Dalam Meningkatkan Peran Perbankan di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital. 12 (1), 1653-1656.
Alwi, N, M., Bahari, F., Turot, M., Nainggolan, A., Semmawi, R. (2024). Tantangan dan Peluang Perbankan Digital: Studi Kasus Inovasi Keuangan dan Transformasi Perbankan. Jurnal Cahaya Mandalika.
Megawati, P, A, I., Kertiriasih, R, N, N. (2024). Dampak Layanan Perbankan Digital Terhadap Kinerja Perbankan di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis. 13 (3).
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.
